in

Yuk, Kulineran Sate Klathak Khas Yogyakarta!

Pernah mendengar Sate Klathak ??yup, nama makanan ini sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner. Sate Klathak terbuat dari daging kambing yang ditusuk dengan menggunakan jeruji besi, dan di bakar seperti biasa seperti sate pada umumnya.

Hal yang membedakan sate ini dengan sate kambing lainnya yaitu bumbu sate yang digunakan. Sate klathak hanya menggunakan bumbu garam yang ditaburkan saat pembakaran daging. Selain itu, sate klathak tidak menggunakan bumbu kecap. Bumbu kecap pada saat penyajian diganti dengan kuah gulai. Nama klathak berasal dari kemlotak, yaitu suara tak tak tak, yang keluar pada saat daging dibakar.

Sate klatak menjadi salah satu menu favorit ketika berkunjung ke Yogyakarta. Sate klathak yang khas banyak ditemui di daerah Jejeran Wonokromo. Hampir setiap warung sate kambing tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin merasakan kenikmatan menikmati hidangan sate klathak.

Tidak hanya itu, sepanjang jalan Imogiri Timur dari Terminal Giwangan sampai selatan daerah Jejeran Wonokromo terdapat belasan warung sate kambing yang tidak pernah sepi dari pengunjung baik hari biasa maupun saat liburan. Jangan kaget, ketika liburan akan didapati warung sate kambing yang penuh dengan pembeli yang rela mengantri sate klathak sampai berjam-jam.

Sate klathak memiliki daya tarik yang khas bagi pecinta kuliner. Banyak warung sate klathak yang sudah menjadi langganan kalangan artis di daerah ini. Apabila pengunjung ingin merasakan suasana yang khas saat menikmati sate klathak di malam hari, pengunjung bisa mendapatinya di tengah Pasar Jejeran Wonokromo.

Warung sate di Pasar ini tidak kalah ramai dengan warung sate lainnya, meskipun warung ini hanya buka pada malam hari saja. Bahkan, warung sate di tengah pasar ini menjadi salah satu spot lokasi syuting Ada Apa dengan Cinta 2 yang diperankan oleh Dian Sastro. Anda belum pernah mencicipi kuliner juara dari kampung saya ? Datang dan nikmati sensasi kelezatan sate klathak, pasti Anda akan ketagihan . . Selamat mencoba yaa..(Cita Eri Ayuningtyas )

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Expert

Written by Redaksi Belanga

Media kuliner berbasis komunitas, merawat ragam rasa kuliner Indonesia. #BedaRasaSatuIndonesia.

Nasi Becek, Makanan Legenda Penggoyang Lidah Sepanjang Masa

Pemenang Lomba Tulis Kuliner Juara Kampung Halaman