Logo Balanga

Warpopski, Warung Nasi Rempah Eksperimental Sang Ilustrator

 Warpopski, Warung Nasi Rempah Eksperimental Sang Ilustrator

Menjadi ilustrator atau tukang nasi rempah? Kenapa harus memilih salah satu dan tidak bisa keduanya? Itulah yang dilakukan Popop, sang pemilik kedai Warpopski.

Pria yang dikenal sebagai @_thepopops di Instagram ini memang berprofesi sebagai seorang ilustrator, namun kecintaannya terhadap memasak tetap melekat padanya hingga sekarang.

“Saya dari kecil terbiasa bantu Ibu masak,” ungkap Popop. Ia melanjutkan bahwa sang Ibu memiliki bisnis katering, sehingga sejak kecil dapur dan memasak adalah dua hal familiar bagi dirinya.

Popop, sang pemilik, sedang memasak nasi rempah. (Belanga.id/Anisa)

Lalu kenapa nasi rempah? “Gue suka masak yang simpel tapi tetap enak, seperti Masakan Cina, yang hanya perlu sekali masak terus bisa langsung dihidangkan,” ujar Popop.

Walaupun ada 3 chef di Warpopski–dirinya dan dua tambahan chef baru di tahun 2019–, Popop mengaku bahwa kegemarannya ini membuatnya akan tetap memasak dan menghidangkan nasi rempahnya sendiri kepada pengunjung.

Itulah yang menjadi alasan utama pemilihan nasi rempah yang dirasa mudah dan cepat dihidangkan. Bumbu rempah ini memang dipilih karena ketertarikannya pada masakan Cina.

Popop bilang bahwa bumbu rempah yang digunakannya sekarang terinspirasi dari ‘5 Star Spices’ atau dikenal juga dengan bumbu Ngohiong. Bumbu ini banyak digunakan sebagai bumbu marinasi daging, yaitu kayu manis, adas, cengkeh, biji pala, dan bunga lawang.

Popop mencoba menyomblangkan 5 bumbu rempah marinasi tersebut bukan dengan daging melainkan nasi.

Hasilnya? Ada rasa hangat ketika ditelan dan sedikit pedas dalam kunyahan serta wangi yang harum rempah ketika menikmati sepiring nasi rempah buatan Popop.

Kalau mau coba nasi rempah, Popop sangat menyarankan untuk mencoba level sedang atau pedas. Menurutnya, rempah yang digunakan untuk memasak ini akan lebih harmonis dengan perpaduan sambal bawang ebi yang juga diraciknya sendiri.

“Lama lama nanti kayaknya gue akan pasang tagline, kalau nggak suka pedes jangan ke warung gue,” tambah Popop sambil tertawa.  

Di Warpopski ini ada beragam pilihan lauk nasi rempah, seperti lidah sapi, cumi, ayam, jambal, dan teri basah.

Belanga saat itu memilih nasi rempah cumi karena katanya sih, yang paling best seller adalah nasi rempah lidah sapi dan cumi.

Pilihan lauk yang dipilih pun memang diakui Popop berdasarkan seleranya semata, karena dialah yang langsung memasak di dapur, maka ia harus bisa makan apapun yang dimasaknya sendiri.

Ada juga pilihan lain seperti nasi gila, nasi telur Pontianak, mie kuah jin, mie goreng panji, serta Indomie telur. Ada lagi satu pilihan menu “gila” yang ditawarkan Popop, yaitu nasi rempah alpukat (tidak ada dalam menu, hanya by request).

Pilihan menu di Warpopski. (Belanga.id/Anisa)

Kenapa alpukat? Popop menjawab, “Karena saya suka alpukat, sudah dari kecil itu buah kesukaan saya, suka aja sama rasanya.”

Popop juga mengaku bahwa dirinya adalah tukang masak spesialis alpukat, dan kebetulan menu itu dibuat sebagai pilihan bagi teman-teman yang vegetarian tapi ingin makan nasi rempah.

Alpukat juga tentunya dihidangkan di sini dalam bentuk minuman seperti alpukat kerok milo, alpukat dengan es krim, dan beragam minuman segar lainnya.

Warpopski

Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6A RT 13/RW 5, Jakarta Selatan 12820

Senin-Sabtu, 15.00-22.00 WIB

Minggu libur

Editor: Ellen Kusuma

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *