in

Urban Salad Circus Jadi Alternatif Menu Sehat Bagi Jakartans

Berbagai menu dominan sayur dan buah yang bikin sehat!

Hidup di kota dengan kesibukan bekerja dan aktivitas seabrek kadang membuat manusianya terlalu sibuk untuk mengonsumsi makanan sehat. Bagus bila sempat memasak sendiri, tetapi kalau harus terus menerus makan pesan antar yang siap saji? Tentu tidak baik bagi tubuh.

Inilah yang membuat Anita Wahid beserta suami, Imam Jehan Akbarsyah, dan Inaya Wahid kemudian membuat Salad Circus pada 2017 lalu.

Anak dari Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid ini merealisasikan konsep yang sederhana.

Salad Circus adalah katering menu sehat, khususnya makanan berbasis sayuran dan buah-buahan segar, untuk kantor dan perumahan. Tujuannya satu: berkontribusi meningkatkan pola makan yang sehat untuk kaum urban.

Berpatokan pada rekomendasi WHO yang menganjurkan konsumsi sayuran dan buah segar setidaknya 400 gram per hari, Salad Circus menyediakan menu-menu, seperti salad, wrap, parfait, smoothie, smoothie bowl, dan jus.

Dengan cepat usaha ini menarik perhatian, lalu datang permintaan agar Salad Circus membuka gerai fisik sehingga pelanggan bisa langsung membeli menu-menu yang ditawarkan.

Pembukaan gerai Urban Salad Circus yang dipadati pengunjung. (Belanga.id/Arief Rahman Hakim)

Pada Minggu, 10 Maret 2019, gayung bersambut. Salad Circus yang berubah nama jadi Urban Salad Circus membuka gerai pertamanya di kawasan Pondok Indah.

“Kami merespon permintaan pelanggan yang ingin kemudahan dalam memesan menu-menu kami,” tulis Urban Salad Circus dalam rilis yang dibagikan saat pembukaannya.

USC, sebagaimana ia disingkat, juga menyebutkan bahwa mereka melihat tingginya kebutuhan warga urban Jakarta untuk memiliki tempat nongkrong atau bekerja.

Seperti kafe, namun menawarkan menu yang lebih sehat, karena biasanya kafe-kafe demikian hanya menawarkan makanan dan minuman dengan kandungan karbohidrat tinggi dan sarat gula.

Gerai USC sendiri didesain untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung yang mencari lokasi alternatif untuk meeting, bersosialisasi, ataupun bekerja.

Dengan memiliki gerai fisik, kini pengunjung USC dapat memilih isi dari salad dan wrap sesuai dengan selera masing-masing.

Anita memilih menu salad sebagai menu andalan USC karena salad disajikan dengan hanya mencampurkan bahan-bahan makanan yang mayoritas dalam keadaan mentah dan segar.

Bukan berarti membuat salad yang berbahan mentah itu mudah dan murah. Untuk menghidangkan bahan makanan mentah, USC harus menjaga kualitas dan kesegaran tiap-tiap bahan makananya.

Di setiap salad juga ditambahkan dressing atau saus, yang membuat profil rasanya lebih nikmat, sekaligus jadi sumber lemaknya.

Memilih dan menyiapkan dressing pun harus tepat. Tidak bisa terlalu encer atau terlalu kental. Rasanya juga tidak bisa terlalu kuat, atau terlalu tawar.

Tidak hanya sayuran atau buah-buahan, salad juga bisa terdiri dari sumber protein, seperti telur, tuna, udang, ayam, daging, dan lainnya.

Beda campuran bahan makanan, beda pula nama saladnya. Misalkan saja shrimp salad wrap, tentunya terdiri dari sayuran yang ditambahkan dengan udang.

Biar terlihat hanya sayuran, buah, dan protein a la kadarnya, salad dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama karena mengandung banyak serat.

Kenyang lebih lama berarti makan lebih sedikit, sehingga makan salad akan membantu menurunkan berat badan.

Serat dari sayuran dan buah juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah sembelit.

Hal lain yang diperhatikan USC adalah memanfaatkan produk lokal. Sayuran dan buah-buahan digunakan Urban Salad Circus 85% adalah hasil petani lokal.

“Kita semaksimal mungkin mengambil sayuran dan buah-buahan dari lokal, karena kita mempunyai sumber alam yang luas dan juga sangat berkualitas,” ungkap Anita.

Ada empat macam salad yang direkomendasikan USC, yaitu Shrimp Salad Wrap, Waldorf Salad, Rainbow Salad, dan Smoke Salmon Cucumber Wrap.

Sajian menu sehat USC berkisar antara Rp45.000-85.000. Gerai ini buka setiap hari dari pukul 10 pagi sampai 10 malam di Plaza 6 Pondok Indah.

Pengunjung dapat memilih untuk berlangganan dan diantar ke kantor atau ke rumah. Disediakan paket untuk 5 hari, 10 hari, dan 20 hari. Ada potongan harga per menu untuk paket berlangganan ini.

Tertarik mampir, sobat icip?

Urban Salad Circus

Jam Buka
10.00-22.00 WIB

Alamat
Plaza 6 Pondok Indah
Jl. Iskandar muda No. 21
Pondok Indah, Jakarta Selatan

Editor: Ellen Kusuma

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 Resep Sambal Khas Indonesia Paling Terkenal

Sebuah Cerita di Balik Budaya Minum Teh