in

Udara Goreng, Cemilan Unik Seharga Setengah Juta!

Bagaimana caranya udara bisa digoreng dan dimakan?

Ketika udara "berhasil" digoreng! (Foto: Facebook/FEVA)

Keunikan kuliner di berbagai belahan dunia tak akan ada habisnya untuk dibahas. Kali ini datang dari sebuah restoran Italia bernama Feva Ristorante. Mereka viral baru-baru ini karena meluncurkan menu bernama Aria Fritta, alias udara goreng. Dalam bahasa Italia, aria artinya udara, dan fritta artinya goreng. Kok, bisa?

Restoran yang terletak di kota Castelfranco Veneto, Italia Utara, ini bukanlah tempat makan sembarangan. Berdasarkan laporan Oddity Central, Feva Ristorante mendapat Bintang 1 Michelin Guide pada 2018 dan masih memegangnya sampai 2019 ini.

Mereka sendiri pertama kali meraih Bintang 1 Michelin Guide pada 2015. Apresiasi dari Michelin Guide ini artinya restoran Feva adalah restoran yang terbaik di bidangnya.

Chef Nicola Dinato
Chef Nicola Dinato saat membuat udara goreng. (Foto: fevaristorante.it)

Feva sendiri adalah restoran dengan konsep elegan, intim, dan antik dalam tampilannya. Nicola Dinato dan Elodie Dubuisson, pemiliknya, membangun Feva sebagai simbol arsitektur tradisional kawasan Veneto dan representasi dari fine dining yang lebih santai.

“Saya selalu menyajikan aria fritta sebagai hidangan pembuka untuk mengingatkan klien saya, bahwa mereka selalu harus mencoba dan mengisi hidup mereka dengan pengalaman nyata.”

Chef Nicola Dinato, pemilik Feva Ristorante, dilansir dari Tribuna di Treviso

Nama aria fritta yang baru dikenalkan Feva awal tahun ini ternyata tidak harafiah, tapi kudapan yang berbahan dasar kulit dari tepung tapioka.

Dalam pembuatannya, kulit tapioka dipanggang, lalu digoreng. Proses penggorengan ini membuat tekstur renyah dan krenyes layaknya kerupuk saat digigit.

Meski bukan benar-benar udara digoreng, pembuatan aria fritta menggunakan unsur udara. Sebelum disajikan, kulit tapioka diinfus dengan ozon selama 10 menit setelah melalui proses penggorengan.

Siapkan uang lebih jika berminat untuk mencicipi kudapan unik ini. Satu porsi aria fritta dibanderol dengan harga $30 atau sekitar Rp434 ribuan.

Kalau pergi ke Italia, boleh juga direncanakan untuk mampir ke sini, sobat icip!

Editor: Ellen Kusuma

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enthusiast

Written by Rikko Ramadhana

Work hard, pray harder.

Content Author
indomie kekinian

9 Makanan Hits, Enak dan Cakep Untuk Update Instagram!

Mudik Lewat Jalur Selatan Jawa? Icip 9 Makanan Ini, Ya!