in

CuteCute LoveLove

Tren Kuliner 2018, Antara Level Pedas dan Salted Egg

Olahan mi instan masih disukai. Kopi artisan makin digandrungi.

Fillet ayam goreng bumbu telur asin. (Foto: BelangaID/Anisa)

Makanan nge-hits datang silih berganti. Selama 2018, makanan pedas menjadi bagian tren kuliner hingga menciptakan level-level pedas. Makin pedas, makin jadi perbincangan, makin menciptakan antrean panjang.

Selain yang pedas, kuliner dengan salted egg juga jadi salah satu tren kuliner 2018. Mulai dari ayam goreng, kripik, sampai bakpau dan mie instan pun ramai-ramai diberi tambahan saus telur asin.

Fenomena salted egg ini mungkin mengingatkan kita pada tren matcha yang sempat jadi tambahan bahan untuk minuman, sampai kue. Istilahnya, “apa-apa di matcha-in.”

Olahan mie instan masih digandrungi. Makin banyak tempat makan mie instan yang naik kelas menjadi kafe yang nyaman buat ngobrol dengan banyak stop kontak. Mie instan yang dibentuk jadi donat dan onigiri pun sempat viral.

Untuk minuman, es kepal Milo menjadi jajanan kaki lima yang viral yang kemudian berkembang dengan beragam topping. Susu UHT yang dibekukan juga banyak disukai dan terlihat kerap diposting di media sosial.

Berikut ini sejumlah kuliner lokal yang sempat viral dan bikin penasaran sepanjang 2018, versi Belanga. Adakah yang jadi favoritmu?

View this post on Instagram

Tren Kuliner 2018 pilihan Belanga Indonesia, mana favoritmu?⁣ ⁣ Tahun boleh lewat, tapi selalu ada ruang buat kuliner. Tahun ini kita lebih berani eksperimen dengan bumbu dan rempah. Coba kita list satu-satu ya!⁣ ⁣ 1. Ayam Geprek (@foodstoriesid)⁣ Hmm, juara bertahan nih gengs. Udah beken sejak 2017, sampai menduduki peringkat pertama dalam mesin pencarian Google. ⁣ 2. Sambal Matah (@jakartarandomeats)⁣ Sambal khas Bali ini seger banget, padahal cuma bermodal bawang merah, serai, cabe, kucuran jeruk nipis, dan sedikit minyak aja gengs.⁣ 3. Salted Egg (@salt_inc)⁣ Produksi telur asin Brebes jadi meningkat, karena bisa banget dijadiin saus yang creamy dan gurih. ⁣ 4. Kopi Susu Gula Aren ⁣ Berdasar pengalaman, kopi susu dgn gula aren terasa lebih legit dan gak bikin eneg. Setuju?⁣ 5. Kombucha (@agradaya)⁣ Fermentasi teh yang rasanya jadi up level. Rosella bisa jadi campuran yg menarik, kalo favoritmu? 6. Es Kepal (@davidjajan)⁣ Viral banget di pertengahan tahun. Saus kental dan melty nya bisa macem-macem, dari Milo sampai Nutrisari bisa!⁣ 7. Es Mangga (@nomnom24x7)⁣ Mau diblender atau dibikin es campur, nikmatnya merajai jajanan di awal tahun. ⁣ 8. Andaliman (@lingkarsumut)⁣ Merica Batak satu ini cukup jadi sorotan. Olahan yang berhasil dicoba Tim Belanga: Sambal Andaliman!⁣ 9. Tahu Bulat (@foodirectory)⁣ Tahu bulat bikin nagih, digoreng dadakan cuma 500 rupiah!~⁣ ⁣ Jadi, udah nyobain semua belum gengs? Tag temen kamu yang katanya anak hits kekinian!⁣ ⁣ #foodtrend #foodtrend2018 #trenkuliner #trenkulinerindonesia #trenkuliner2018 #tahunbaru #tahunbaru2019 #ayamgeprek #tahubulat #esmangga #andaliman #eskepal #eskepalmilo #kombucha #kopisusu #kopisusugulaaren #eskopisusu #saltedegg #telurasin #sambalmatah #sambalindonesia #kulinerindonesia #indonesianfood #instafood #foodgasm #foodporn #belangacitarasa

A post shared by Belanga Indonesia (@belangaindonesia) on

Editor: Sica Harum

What do you think?

2 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kuliner Liburan 2019

Makin Sehat, Makin Unik, Makin Sering Dicari