Terlanjur Beli Rock Melon? Habiskan Dengan Cara Aman Ini!

Terlanjur Beli Rock Melon? Habiskan Dengan Cara Aman Ini!
Rock melon dari Australia. (Foto: coach.nine.com.au)

Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini mengumumkan bahwa buah rock melon dari Australia mengandung bakteri Listeria.

Per 7 Maret 2018, korban yang tewas akibat mengonsumsi rock melon sebanyak empat orang di Australia. Sejak 3 Maret 2018, Kementan membekukan impor rock melon ke Indonesia untuk sementara waktu.

Awalnya, bakteri listeria memiliki gejala seperti influenza. Jika lambat diperiksa, flu berubah menjadi demam, sakit kepala, pegal, diare, dan muntah-muntah. Sistem imun dalam tubuh akan sangat terganggu dan akhirnya menewaskan seseorang.

Wah, berarti kita harus lebih hati-hati dalam memilih makanan. Pasalnya, rock melon termasuk buah yang sering diolah jadi minuman atau pencuci mulut. Rasa manis dan juicy membuat siapapun jadi jatuh cinta.

Terlanjur beli rock melon? Tak perlu khawatir. Kamu bisa menghabiskannya dengan cara aman berikut.

1. Cuci buah dengan air bersih sebelum disantap

Sebelum menikmati buah apapun, biasakan untuk mencucinya terlebih dulu di bawah air bersih mengalir. Meski sudah dikupas, jangan lupa untuk tetap mencucinya. Hilangkan noda hitam atau kotoran yang melekat pada buah. Setelah itu, buah siap diolah atau dinikmati langsung.

Selain itu, cuci tanganmu sebelum menyantapnya. Belanga sarankan untuk pakai sabun cuci tangan anti bakteri.

2. Hindari mengiris melon dengan pisau bekas pakai daging

Bakteri listeria bisa datang dari mana saja, lho. Beberapa bahan makanan seperti daging, unggas, sea food, dan produk dalam kemasan yang sudah terbuka memungkinkan bakteri ini untuk berkembang biak. Untuk meminimalisir risiko, gunakan pisau yang bersih dan steril untuk memotong rock melon. Pastikan kamu mencuci pisau dengan sabun anti bakteri, ya.

3. Langsung buang demi kesehatan yang terjamin

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Dua cara di atas tidak akan mematikan bakteri secara total, kecuali kamu mengolahnya dalam suhu 75 Celcius. Hindari membeli rock melon dalam waktu dekat hingga pengumuman selanjutnya dari badan kesehatan.

Baca juga: 

Jangan khawatir jika kamu sudah terlanjur menyantapnya. Bagi lansia, ibu hamil, dan kamu yang mengalami gangguan kesehatan di atas, segera kunjungi dokter atau puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Kaningga Janu Manggarayu
Written by
Penyuka kuliner, sejarah, dan bumbu segar. Berkelana tanpa mengenal arah, pulang ketika merasa lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up