Tempoyak Ikan Patin Khas Jambi, Nikmatnya Betah di Lidah

Indonesia memiliki beragam kuliner yang wajib dicoba bagi para pecinta makanan. Dari Sabang sampai Merauke, semua punya hidangan tradisional dengan ciri khasnya masing-masing.

Ada banyak jenis masakan maupun jajanan tradisional yang menjadi ikon bagi setiap daerah di Indonesia. Perbedaan kuliner di setiap daerah bisa dibedakan dari rasa, bumbu, sampai cara penyajiannya.

Provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatra. Kota Jambi sebagai sebuah daerah yang di juluki “mutiara yang tersembunyi di jantung sumatra” ini menyajikan berbagai masakan maupun kue khas lezat dan unik yang dapat memanjakan lidah para food lovers.

Makanan khas jambi terkenal akan enaknya dan selalu bikin rindu untuk mencicipinya kembali. Salah satu yang menjadi kuliner unggulan khas Jambi adalah tempoyak ikan patin. Masakan satu ini adalah salah satu kuliner khas Jambi yang memiliki cita rasa yang segar, gurih, dan nikmat untuk di makan bersama campuran nasi.

Daging ikan patin yang lembut dipadu dengan kuah yang diracik dengan bumbu tempoyak dan rempah-rempah lainnya akan memberikan kesan yang sangat menyegarkan karena rasa asam yang berasal dari tempoyak itu sendiri.

Gulai tempoyak ikan patin ini dapat memanjakan lidah para pencinta kuliner karena rasa dan bumbu dasarnya yang unik. Tempoyak itu sendiri merupakan masakan yang unik dengan cita rasa agak berbeda dari kebanyakan masakan yang lain, sebab bahan utama dari tempoak adalah daging buah durian.

Tempoyak memiliki jenis yang beragam yang dapat digunakan sesuai selera, seperti tempoyak patin, tempoyak gurame, dan tempoyak udang dengan bahan dasar yang dicampur durian, tapi rasanya sangat memuaskan selera.

Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari buah durian yang telah difermentasikan. Tempoyak asli Jambi biasanya dapat ditemukan ketika musim durian tiba.

Tempoyak sering dipakai sebagai bumbu masakan dari gulai ikan. Adapun ikan yang paling populer digunakan adalah ikan patin.

Gulai tempoyak ikan patin ini cukup populer dan menjadi menu utama di berbagai restoran dan rumah makan yang menyediakan makanan khas provinsi Jambi.

Selain rasanya yang enak, ternyata tempoyak memiliki kandungan gizi yang mengandung energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.  Selain itu, di dalam tempoyak durian juga terkandung vitamin B1 dan vitamin C.

Tidak kalah dengan tempoyak, kandungan gizi ikan patin yang dikutip dari tribunnews.com, ahli gizi Rosihan Anwar Sgz dalam tulisannya di grup Gerakan Sadar Gizi menuliskan manfaat ikan patin bagi kesehatan ditandai dengan adanya kandungan lemak yang lebih rendah dibanding ikan jenis lain.

Kandungan tersebut sangat bagus untuk mencegah terjadinya risiko penyakit kardiovaskular.

Lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk menurunkan besarnya kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang terkandung di dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengurangi terkena penyakit jantung koroner.

Enak dan sehat gulai tempoyak ikan patin sebagai kuliner khas Jambi ini wajib dicoba dan sangat recommended deh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jambi



Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *