Logo Balanga

Teh Talua, Minuman Khas Legendaris Penunda Lapar

 Teh Talua, Minuman Khas Legendaris Penunda Lapar

Provinsi Sumatera Barat yang dikenal dengan ibu kota Padang ini memiliki keanekaragaman hayati, sumber daya alam yang melimpah, destinasi dan pariwisata nan indah, serta  kuliner yang kelezatannya tidak diragukan.

Untuk menyantap kuliner khas tersebut, tidak harus pergi langsung ke Padang karena di seluruh penjuru Nusantara sudah sangat mudah menemui Rumah makan Padang yang menyajikan berbagai kuliner khas bercita rasa Padang.

Contohnya saya gadis keturunan Padang yang menetap di Provinsi Bengkulu sangat mudah menemui masakan padang, karena di setiap provinsi di Indonesia bahkan di luar negeri memiliki Rumah makan Padang. Hal ini membuktikan bahwa kuliner Padang memiliki cita rasa tinggi dan menjadi selera pasar masyarakat.

Tidak hanya makanan saja, minuman khas Padang pun juga memiliki kelezatan disetiap seduhannya, yaa sebut saja dengan teh talua. Minuman ini bisa dibeli di kedai-kedai atau bahkan bisa sangat mudah untuk membuatnya sendiri.

Bahan-bahan untuk membuat teh talua ini juga mudah ditemukan diantaranya kuning telur ayam kampung/bebek, gula, susu kental manis, coklat bubuk, air, teh, dan perasan jeruk nipis sesuai selera masing-masing. Berdasarkan cerita rakyat di Sumatera Barat, konon, teh talua dikenal dengan teh yang disajikan spesial untuk para bangsawan. Maka dari itu tidak sembarang orang dapat meminumnya.

Namun di zaman sekarang semua orang dapat merasakan kenikmatan teh talua. Selain rasa yang lezat, minuman ini juga mempunyai ciri khas dan keunikan yaitu lapisan paling bawah berwarna kecoklatan, yang di tengahnya berwarna putih, dan di atasnya dilapisi busa. Teh talua diyakini dapat menambah stamina. minuman ini dapat memperbaiki kondisi tubuh yang menurun, kemudian memberikan tenaga lebih untuk beraktifitas. Mengonsumsi teh talua juga mengenyangkan perut atau menunda rasa lapar. Satu butir telur, ditambah air hangat satu gelas, teh, susu, dan gula yang di dalamnya menyimpan kalori.

Sekarang masih jarang saya temui kalangan perempuan yang menyukai minuman ini. Namun sebenarnya mereka belum mencoba untuk merasakan sensasi rasa dari teh talua, karena banyak anggapan mereka bahwa teh talua ini adalah teh yang dicampur dengan telur. Namun sebenarnya minuman ini setelah dicampur bahan-bahan lainnya sehingga lezat dan memiliki khasiat. minuman ini dapat dinikmati oleh semua kalangan baik itu perempuan atau laki-laki, tua atau muda, serta latar belakang apapun. Yang belum cobain, wajib coba yaa

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *