Soto Manggala, Sehangat Suasana Kampung Halaman di Kalimantan

Soto Manggala, Sehangat Suasana Kampung Halaman di Kalimantan
kredit: brilio.net

Rasa rindu kampung halaman bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan memasak makanan yang membuat rindu.

Rasa rinduku di perantauan dapat teredam sementara dengan memakan soto manggala khas Kalimantan bersama teman-teman. Di tanah perantauan, terciptalah soto manggala perdanaku, benar-benar aku yang membuat bumbunya, tidak sekedar membantu memotong wortel dan manggala saja.

Soto manggala salah satu varian soto yang ada di Indonesia. Jika umumnya soto disajikan dengan ketupat atau nasi, maka soto manggala disajikan dengan bahan utama manggala. Manggala sendiri sebutan daerah untuk tanaman singkong. Soto manggala dapat dijumpai saat berwisata ke Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Bumbu yang diramu dalam soto manggala sangat cocok untuk menghangatkan perut keroncongan saat hujan, itulah kenapa sajian ini lebih nikmat jika disantap selagi hangat.

Soto manggala disajikan dengan tambahan mi kuning atau bihun, irisan telur dadar atau telur rebus, suwiran ayam dan bawang goreng.

Sajian soto manggala terlihat seperti sup, kuahnya yang kental dikarenakan manggala atau ubi singkong direbus bersama kuah bumbu dan pemanis. Pemanis di sini bukan gula, melainkan potongan ayam atau ikan yang menciptakan rasa gurih.

Bagi kawan-kawan yang ingin mencoba membuat soto manggala sendiri, berikut resep yang bisa dipraktikkan di rumah.

Bumbu halus:
Bawang putih dan merah, masing-masing 3 siung
Pala seujung kuku
1 biji cengkih
1 biji kapulaga
Jahe seruas jari

Bahan:
1/4 kg manggala (ubi singkong) sapur/hapuk
1 liter air
Potongan ayam, lebih gurih menggunakan bagian yang banyak tulangnya seperti ceker, sayap atau leher
1 buah wortel jika suka
Kayu manis ukuran 5 cm

Pelengkap:
Irisan telur dadar atau telur rebus
1 bungkus bihun / mi kuning
Suiran ayam, ini bisa gunakan bagian yang banyak dagingnya seperti dada atau paha
Bawang goreng, daun bawang dan seledri

Cara membuat:

  1. Potong kecil ubi singkong berukuran 1×1 cm, rebus bersama 1 liter air. Setelah mendidih masukkan potongan ayam, tunggu hingga ubi singkong melunak (ubi singkong akan sedikit pecah).
  2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, tunggu hingga tercium aroma bumbu, kemudian masukkan potongan wortel.
  3. Siapkan bahan pelengkap sembari menunggu soto manggala matang, rendam bihun dengan air hangat jika menggunakan bihun, jika menggunakan mie kuning, masukan mie langsung pada kuah soto manggala lima menit setelah memasukkan wortel.
  4. Setelah wortel masak atau mi kuning telah lunak, maka soto manggala siap disajikan.
  5. Jika menggunakan bihun masukkan bihun ke dalam mangkuk atau piring, kemudian tuangkan soto manggala dan beri bahan pelengkap.
  6. Sebagai sentuhan terakhir, taburkan bawang goreng, irisan daun bawang, dan seledri pada soto manggala.

Soto manggala siap disajikan hangat, dan ini cukup untuk sekali makan bersama keluarga, perkiraan untuk empat orang, jika lebih bisa dikalikan perkiraan resep di atas.

Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah didapatkan, tapi yang paling utama adalah tersedianya ubi singkong atau manggala. Tanpa bahan utama tersebut, maka namanya bukanlah soto manggala lagi.

Di saat jauh dan rindu mulai merasuk, hiburlah hati dengan memasak, menikmati tiap proses mengolah bahan makanan menjadi kuliner kampung halaman yang dapat menjadi penawar jiwa yang sepi di tanah perantauan.

Artikel ini disertakan dalam Lomba Menulis Kuliner Juara Kampung Halaman berhadiah belasan juta rupiah ditambah voucher Food Tour dari Good Indonesian Food. Ayo ikutan! Info lebih lanjut, klik banner di bawah ini.

 

Suka? Vote Artikel Ini!

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up