Selat Solo, Si Salad khas Jawa

Adaptasi steak yang cocok untuk lidah Jawa. Berkuah kecap dan berbumbu.

Selat Solo, Si Salad khas Jawa

Terkadang teman- teman jika mendengar istilah salad, pasti akan dibayangkan makanan salada yang segar, berasa hambar, dan mentah. Namun berbeda dengan selat ini karena terhidang dengan kentang, wortel, dan buncis yang dipadukan dengan telur dan tentunya daging sapi has dalam masak semur. Selat ini juga diguyur dengan kuah kecap berbumbu yang menjadi identitas dari selat Solo ini.

Sebagai informasi sobat, makanan ini sebenarnya bukan merupakan olahan asli kota Solo. Namun telah mengalami akulturasi resep dari Belanda. Yaa, beefsteak asal Eropa yang dipanggang itu beradaptasi untuk lidah jawa menjadi selat Solo yang berkuah. Konon, akulturasi ini terjadi saat Belanda menduduki kota Solo pada saat penjajahan dulu. Gizi yang diasup dari makanan ini mayoritas adalah protein dari daging dan telur, namun karbohidrat juga bisa diasup dari kentang rebus dan keripik kentangnya. Serat diperoleh dari wortel, buncis dan bawang bombay yang melengkapi.

Apabila sobat sedang jalan- jalan ke Solo, Jawa Tengah. Anda dapat menemukan selat solo pada berbagai tempat. Beberapa diantaranya ada warung selat Mbak Lies, selat solo Viens, selat Tenda Biru, selat Kusumasari, selat Adem Ayem, dan sebagainya. Banyak kan guys pilihannya, dengan komposisi yang sama terkadang rasa antar warung selat tersebut beda lho guys. Perbedaan ini dapat dirasakan pada rasa guyuran kuah selatnya.

Namun, apabila Anda tidak punya waktu luang untuk pergi berwisata ke kota Solo. Anda dapat membuat selat solo sendiri di rumah. Untuk bahan- bahan semur kuahnya Anda perlu bawang putih, bawang bombay, jahe, merica, pala, kayu manis bubuk, kecap. Masak bumbu- bumbu tersebut dengan daging atau juga dengan telur. Anda juga dapat memisahkannya. Hidangkan dengan saus mayonais sebagai pelengkap selat Solo ini. Jangan lupa tambahkan selada segar untuk menambah kesegaran selat Solo. Selamat menikmati selat Solo.

 

Suka? Vote Artikel Ini!

2 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up