Logo Balanga

Sego Gegog

 Sego Gegog

GO GEGOG

Ponorogo memang gudangnya kuliner. Tidak hanya sate ayam H. Tukri Sobikun saja yang dikenal banyak orang, di sana juga ada es dawet jabung, kopi Mbah Tekluk, jenang Mirah, jenang Teguh Raharjo, garang asem ngasinan dan masih banyak lagi lainnya.

Bukan hanya orang biasa saja yang ingin mencicipi, tapi para pejabat tinggi negeri ini pasti akan menyempatkan diri untuk mencicipi jika mereka sedang berkunjung ke kota Reog.

Salah satu warisan kuliner warisan leluhur Ponorogo adalah go gegog (sego genem godong gedang) yang artinya nasi dibungkus daun pisang. Konon katanya, makanan ini sangat digemari oleh para Warok–sebutan untuk jagoan Ponorogo.

Kuliner ini menyajikan sebungkus nasi yang dikukus, dicampuri parutan kelapa muda, dan dibungkus daun pisang.

Dipadukan dengan daun kemangi dan berbagai rempah-rempah lainnya sebagai bumbu, seperti bawang putih, cabai rawit, kencur, daun jeruk, tidak ketinggalan pula garam serta gula.

Aroma kukusan daun pisang dan kemangi sendiri sangat khas semakin membuat nafsu makan kita meluap-luap dan semakin tidak tertahankan.

Nasi gegog sendiri mempunyai berbagai varian rasa, seperti nasi gegog suwir ayam, nasi gegog ikan salem, nasi gegog jamur, nasi gegog lamtoro (petai cina), nasi gegog teri, nasi gegog tuna, nasi gegog tawon, dll.

Untuk masalah rasa, sego gegog sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Kuliner ini menyajikan cita rasa pedas gurih, bahkan sangat pedas sehingga membuat wajah kita memerah. Karena cita rasa pedas dan gurih memang sudah sangat melekat dengan lidah mayoritas orang Jawa Timur.

Akan tetapi, kabar buruknya adalah sudah jarang sekali kita jumpai warung atau pedagang yang menjual kuliner warisan leluhur kota Reog ini.

Jika berminat untuk mecicipi perpaduan rasa pedas gurihnya sego gegog, Anda bisa mengunjungi warung sego gegog Mbah Pur. Warung ini terletak di jalan puspowarno, Prajuritan, Tambak Bayan, Ponorogo.

Untuk dapat menikmati hidangan sego gegok, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup dengan uang Rp5.000 Anda sudah bisa menikmati kuliner istimewa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *