Logo Balanga

Sambel Burog Untuk Teman Hidangan Hari Istimewa di Banten

 Sambel Burog Untuk Teman Hidangan Hari Istimewa di Banten

Apa kesan pertama kamu ketika mendengar kata “Banten”? Pasti kamu langsung teringat pada kesenian khas dari banten, yaitu Debus dengan kehebatan serta kesohorannya itu. Namun, apakah kamu mengetahui makanan khas banten?

Mungkin sebagian orang di negeri ini belum mengetahui beberapa makanan ciri khas dari Banten. Biasanya yang banyak diketahui oleh mereka adalah sate bandeng dan rabeg. Namun, kali ini saya akan mengenalkan makanan khas Banten yang tidak kalah unik dan nikmat.

Apa itu? Sambel burog, makanan khas Serang yang memang terdengar aneh. Apalagi olahan makanan khas yang satu ini sedikit tidak biasa, karena berasal dari olahan kulit melinjo atau dalam bahasa lokal sering juga disebut kulit tangkil. Kulit melinjo sendiri memang banyak ditemui di daerah penghasilnya yaitu daerah paling kulon Provinsi Banten ialah Pandeglang.

Lazimnya melinjo itu digunakan untuk bahan membuat keripik emping. Namun, uniknya biasanya sambel itu dari bahan baku cabai, cabai rawit dan bawang dengan sedikit sentuhan yang berbeda, kulit melinjo yang biasanya dibuang justru dapat diubah menjadi makanan khas nikmat hasil tangan-tangan ajaib dari penduduk Serang tempo dulu.

Kulit tangkil diiris kecil-kecil untuk kemudian diolah dengan cara ditumis dengan bumbu cabai, bawang putih, bawang merah, daun salam, kemiri, ketumbar, jahe lengkuas, terasi dan garam, membuat cita rasa yang sangat khas pada masakan yang terlihat berwarna merah seperti irisan cabai ini.

Biasanya masakan ini sering dijumpai ketika peringatan hari-hari isitimewa, seperti: Selametan atau syukuran, Hajatan, Hari Raya, dan hari-hari besar lainnya. Sambel Burog ini terkadang juga disebut dengan “sambelan kulit”, dimana makanan khas ini menjadi makanan pendamping layaknya sayuran. Sangat pas untuk teman makan ketupat dan opor atauh bahkan nasi uduk di pagi/ malam hari.  

Tetapi sekarang kamu tidak perlu menunggu hari-hari besar ketika mengunjungi Serang untuk mencicipi Sambel Burog ini. Karena biasanya banyak warung-warung makan di Serang menyediakan menu makanan khas yang memanjakan penikmatnya. Datanglah ke Kota Serang kami tercinta dan jangan lupa untuk mencicipi dan mengenal Sambel Burog makanan khas Serang yang begitu menggoda dan istimewa. Soal rasa? Dijamin tidak ada bandingannya.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *