Roti Gembong: Dari Zaman Kerajaan Hingga Zaman Millenial

Salam hangat dari Tanah Borneo

Pada lomba menulis kuliner juara kampung halaman kali ini, saya mau memperkenalkan salah satu makanan khas dari Kutai Kartanegara, yaitu Roti Gembong.

Kutai Kartanegara adalah sebuah wilayah kabupaten yang bertempat di Kalimantan Timur. Di kabupaten Kutai Kartanegara ini kita bisa menemukan berbagai destinasi wisata yang bisa kita jadikan sebagi tempat menghabiskan waktu liburan, destinasi wisata tersebut antara lain adalah Pantai Pangempang, Bukit Bangkirai, Pantai Tanah Merah, dan Danau Semayang.

Selain berbagai tempat wisata kita juga bisa menikmati berbagai makanan khas dari Kutai Kartanegara. Salah satu kuliner asal Kutai Kartanegara yang saat ini sedang populer dan sering dicari oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke sana adalah Roti Gembong.

Roti gembong sudah sangat akrab menjadi jajanan di kalangan masyarakat Kutai. Roti yang bertekstur menggembung, dengan cita rasa tawar, dengan sensasi manis bercampur gurih umumnya, biasanya menjadi hidangan saat sarapan. Dalam bahasa Kutai, gembong berarti menggelembung atau mengembang. Sesuai namanya, roti ini berbentuk persegi panjang dan menggembung di bagian atasnya.

Pada zaman dahulu, Roti Gembong ini menjadi makanan wajib keluarga bangsawan kerajaan Kutai Kartanegara. Dihidangkan saat waktu sarapan maupun hari-hari besar dan juga sajian wajib saat menyambut tamu-tamu kerajaan.

Seakan mengikuti perkembangan zaman, roti ini pun ikut berkembang dari segi rasa yang dimilikinya. Sekarang ini roti gembong sudah terkena sentuhan rasa yang bervariasi. Berbagai macam dan jenis selai pun digunakan untuk menambah kenikmatan rasa yang dimiliki, seperti selai durian, keju, dan cokelat pun tidak terlewat untuk mengisi roti yang satu ini.

Jika Anda sedang berlibur ke wilayah Kutai Kartanegara dan tepatnya sedang mengunjungi wilayah Tenggarong atau bahkan sebagian besar wilayah samarinda, maka Anda bisa dengan mudah menemukan beberapa penjual yang menawarkan roti ini.

Nah, setelah mengetahui asal usul dari roti gembong yang telah berubah menjadi makanan khas Kutai Kartanegara yang populer dan memiliki banyak peminat, apakah Anda tertarik untuk berburu roti ini ke Kutai Kartanegara sekaligus liburan? Atau ingin mencoba langsung membuatnya di rumah? Jika iya, saya akan menjelaskan secara singkat bahan dan juga cara membuat dari Roti Gembong ini.

Pengolahan roti gembong dimulai dengan siapkan bahan yang terdiri dari tepung, gula pasir, gandum, susu kental manis, susu cair, telur, mentega, dan air. Pembuatan bisa sesuai selera dan takaran. Dulu pengolahan roti gembong menggunakan santan, namun teksturnya lebih kasar. Jadi, sekarang diganti dengan susu karena hasilnya lebih lembut. Setelah bahan telah siap, mulailah membuat adonan.

Campurkan gula pasir, susu, air secukupnya kemudian kocok hingga bahan menyatu dan lembut. Selanjutnya, tuangkan ke dalam cetakan. Diamkan hingga setengah mengembang. Setelah cukup mengembang masukkan ke dalam oven. Diamkan sekitar satu jam atau hingga benar-benar matang. Saat baru dikeluarkan dari oven boleh dioles mentega. Karena tidak menggunakan bahan pengawet makanan, kue ini hanya bisa bertahan tiga sampai empat hari saja.

Roti Gembong sangat lezat dinikmati selagi hangat, ditemani oleh teh atau kopi akan membuat kagiatan bersantai lebih terasa.

Itu saja dari saya, terima kasih. Salam Kuliner Juara

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *