Resep Sate Kambing yang Empuk dan Super Lezat

Sate atau satay adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia hingga ke mancanegara. Sate terdaftar dalam peringkat ke-14 World’s 50 Most Delicious Foods dan peringkat ke-2 dalam 40 Indonesian Foods We Can’t Live Without versi jajak pendapat pembaca CNN.

Sate terbuat dari potongan daging yang ditusuk dengan tusukan yang terbuat dari tulang daun kelapa. Sate kemudian dipanggang menggunakan bara arang. Sate disajikan dengan berbagai variasi bumbu. Daging yang biasa dijadikan sate adalah daging ayam, daging kambing, daging domba, daging sapi, hingga daging kelinci.

Biasanya, sate diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau bumbu lainnya. Sate dilengkapi dengan acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit.

Kata sate diduga berasal dari bahasa Tamil. Sate diciptakan oleh pedagang makanan di Jawa sekitar awal abad ke-19. Sate mulai populer sekitar awal abad ke-19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab, Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia.

Hal inilah yang membuat penggunaan daging kambing dan daging domba sebagai bahan sate sangat populer. Daging kambing sangat dan daging domba disukai oleh warga keturunan Arab. Dalam tradisi Muslim Indonesia, hari raya Idul Adha atau hari raya kurban adalah peristiwa istimewa. Pada hari raya kurban ini, daging kurban kepada kaum dhuafa. Banyak yang merayakannya dengan bersama-sama memanggang sate daging kambing, domba, atau sapi.

Dari Jawa, sate menyebar ke seluruh nusantara dan muncul berbagai variasi sate dengan ciri khas masing-masing daerah. Pada akhir abad ke-19, sate dibawa oleh perantau asal Jawa dan Madura yang menyebrangi selat Malaka menuju Malaysia, Singapura, dan Thailand, dan mulai berdagang sate di negera tersebut.

Pada abad ke-19 sate menyebar ke Afrika Selatan bersamaan dengan perpindahan pendatang Melayu dari Hindia Belanda menuju Afrika Selatan, di sana sate dikenal dengan nama sosatie. Sate juga terkenal di Belanda. Sate ayam atau sate babi adalah salah satu lauk-pauk yang disajikan dalam hidangan Rijsttafel di Belanda.

Kali ini, Belanga menghadirkan resep sate kambing yang dijamin tidak alot dan empuk, rasanya gurih, dan pastinya lezat. Cobain yuk!

Bahan:

500 gr daging kambing

150 ml kecap manis

3-4 buah nanas

Tusuk sate

Margarine secukupnya

Kecap manis 150 ml

Bumbu kacang:

250 gr kacang tanah, goreng

4 siung bawang putih

5 btr bawang merah

2 buah cabai merah

500ml air

Kecap manis 100 ml

Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong daging kambing sesuai selera, lalu tusuk dengan tusukan sate.
  2. Kupas nanas dan parut buahnya, kemudian lumurkan air nanas pada daging sate. Diamkan selama 5 menit. Penggunaan buah nanas untuk membantu mengempukkan daging.
  3. Olesan sate: panaskan margarin, kemudian campurkan dengan kecap manis.
  4. Masukkan bahan bumbu kacang ke dalam cobek dan lumatkan. Lalu masak dalam wajan dan sampai matang, yaitu bumbu kacang sudah harum dan mengeluarkan sedikit minyak.
  5. Lumuri sate kambing dengan bumbu olesan sate secara merata.
  6. Bakar sate sambil bolak-balik dan dikipasi, sehingga daging kambing matang secara merata.
  7. Sajikan sate kambing dengan bumbu kacang dan irisan bawang merah.

Itu dia resep sate kambing yang bisa kamu coba. Untuk semakin menambah kelezatannya dan mengenyangkan, sate bisa disajikan bersama dengan nasi hangat, ketupat, atau lontong.

Jangan lupa follow IG @belangaindonesia, atau likes Fan Page Facebook @belangaid,  coba resep ini, foto hasilnya, unggah di IG atau FB kamu, tag kami dan gunakan hashtag #CobaResep #BelangaIndonesia.

Foto yang menarik akan kami re-share dan berpeluang mendapatkan bingkisan istimewa setiap minggunya. Semoga beruntung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *