in ,

Resep Sambal Udang Balado Petai yang Mantap Menggugah Selera

Udang bisa diolah menjadi berbagai masakan dengan cita rasa yang lezat. Ada banyak sekali masakan lezat berbahan dasar udang, salah satu yang menjadi favorit adalah sambal balado udang petai.

Kalau mendengar kata “masakan Padang” apa yang langsung terlintas di benakmu? Pasti rendang, sate padang, ayam pop, gulai ikan kakap, dan kawan-kawannya ya. Tapi apakah sambal balado udang petai terlintas di benakmu?

Ternyata, sambal balado udang petai merupakan salah satu hidangan yang kerap disuguhi di Padang dan menjadi favorit orang Padang. Tak kalah dengan rendang.

Di Padang, sambal balado udang petai suka disajikan dalam acara pernikahan lho. Rasa sambal baladonya pedas mantap. Kenikmatan udang bercampur dengan petai membuat masakan ini sangat digemari. Tidak hanya di Padang, sambal balado udang petai ini juga digemari di berbagai daerah di Indonesia.

Belanga menyajikan resep sambal balado udang petai yang nikmat. Cara membuatnya sangat praktis dan mudah lho. Yuk cobain!

Bahan:

  1. Udang basah 1/2 kg
  2. Satu ikat petai (10 buah)
  3. Cabai giling 4 sendok makan
  4. 3 buah tomat
  5. 1 bongkah bawang putih
  6. 5 iris kunyit
  7. 1 batang sereh
  8. 3-4 lbr daun jeruk purut
  9. Daun salam secukupnya
  10. Daun kunyit secukupnya (kalau ada)
  11. Daun ruku-ruku secukupnya (daunnya mirip kemangi, tidak wajib digunakan)
  12. Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan cabai yang telah digiling, aduk-aduk hingga matang, jangan sampai hangus.
  2. Masukkan petai, udang, dan bumbu-bumbu seperti bawang putihm kunyit, sereh, daun jeruk purut, daun kunyit, daun salam, daun ruku-ruku, dan garam. Lalu aduk-aduk hingga bumbu meresap dan matang seluruhnya.
  3. Setelah matang, kecilkan api dan biarkan sejenak agar bumbunya semakin meresap.
  4. Sambal balado udang petai siap disajikan.

Itu dia resep sambal balado udang petai. Sambal balado udang petai semakin lezat disajikan dengan nasi hangat. Untuk menetralisir rasa petai, bisa digunakan mentimun sebagai pelengkap ketika disajikan.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contributor

Written by shabrinaraini

Content AuthorYears Of Membership

Resep Sate Kambing yang Empuk dan Super Lezat

Kakap Asam Manis, Duri Dilarang Hadir