Resep Nasi Goreng Makassar yang Semerah Api Membara

Resep Nasi Goreng Makassar yang Semerah Api Membara
Nasi Goreng Merah Makassar. (Foto: ksmtour.com)

Nasi goreng menempati urutan kedua dalam “50 Makanan Terenak di Dunia” versi CNN. Hal ini membuktikan bahwa nasi goreng memang punya banyak penggemar.

Indonesia yang terkenal sebagai land of cuisine ini punya ribuan resep nasi goreng dari seluruh penjuru daerah. Salah satunya Makassar yang terkenal dengan nasi goreng merah. Wah, kenapa merah ya?

Kalau biasanya terlihat kecokelatan, nasi goreng khas Sulawesi Selatan ini cenderung merah seperti api. Rahasianya adalah pemakaian tomat dalam proses memasaknya. Selain itu, bumbu yang dipakai antaralain bawang putih, cabai, garam, dan merica. Sederhana, kan?

Meski memakai tomat, rasa nasi goreng ini tidak terlalu asam, lho. Cita rasa gurih dan manis justru berpadu apik dalam tiap suapannya. Biarpun penampilannya menyala-nyala seperti api, nasi goreng ini juga bisa dibuat tidak pedas.

Baca juga: 

Ada dua versi nasi goreng merah, yakni halal dan non-halal.

Untuk versi non-halal biasa dibuat dan disajikan untuk kalangan non-Muslim dan kelompok Tionghoa di Sulawesi Selatan. Tambahan daging babi yang juicy dan lezat makin menambah nafsu makan. Kalau tidak pakai babi, nasi goreng ini bisa ditamabahkan potongan daging ayam, sosis, bakso, dan telur.

Selain pemakaian tomat, sajian nasi ini semakin unik dengan kucuran air jeruk nipis. Beberapa potong jeruk nipis selalu dihidangkan bersama nasi goreng. Justru bahan inilah yang memberi keasaman dalam nasi goreng merah

Penasaran cara buatnya? Berikut resep praktis dan ekonomisnya.

Nasi Goreng Merah Khas Makassar

Bahan 

  • 600 g Nasi Putih Dingin atau Pera
  • 150 g Fillet Paha Ayam
  • 1 batang Daun Bawang
  • 3 siung Bawang Putih, cincang
  • 3 butir Telur, kocok
  • 4 sdm Saus Tomat (bisa diganti Sari Tomat)
  • Garam, secukupnya
  • Merica Bubuk, secukupnya

Tambahan: 4 sendok makan Minyak Goreng

Pelengkap 

  • Acar Mentimun dan Cabai Rawit
  • 1 buah Jeruk Nipis, potong dua

Cara Membuat

  1. Uraikan butiran nasi dengan garpu agar tidak menggumpal, sisihkan.  Iris fillet ayam kecil-kecil atau ukuran sekali suap dan  iris melintang daun bawang ukuran 1 cm, sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan ayam dan udang, aduk hingga berubah warna.
  3. Sisihkan bahan ke pinggir wajan, masukkan telur kocok, aduk hingga berbutir-butir. Aduk rata dengan bahan lainnya, masukkan nasi putih, aduk.
  4. Tambahkan saus tomat, garam dan merica, aduk hingga seluruh bahan tercampur rata Masukkan daun bawang, aduk hingga agak layu dan nasi berasap, angkat.
  5. Sajikan nasi goreng bersama acar mentah dan irisan jeruk nipis sebagai pelengkapnya.

Sumber: Resep Nasi Goreng Makassar – Primarasa Online

Jangan lupa follow IG @belangaindonesia, atau likes Fan Page Facebook @belangaid,  coba resep ini, foto hasilnya, unggah di IG atau FB kamu, tag kami dan gunakan hashtag #CobaResep #BelangaIndonesia.

Foto yang menarik akan kami re-share dan berpeluang mendapatkan bingkisan istimewa setiap minggunya. Semoga beruntung!

 

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up