in

Rendang khas Minangkabau Dijuluki “The Most Balanced Food”

Siapa yang tidak kenal rendang? Makanan khas Nusantara yang sudah go internasional.

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Minangkabau Sumatera Barat nan lezat yang diberi nama rendang?

Masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran bumbu dan rempah-rempah ini telah  dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International.

Tentunya makanan khas asal Padang ini telah dikenal dan disukai tidak hanya di dalam negeri, bahkan luar negeri.

Sebut saja saya “gadis Minang” keturunan orang Padang ini tentunya sangat menyukai rendang. Menurut saya rendang merupakan kuliner yang memiliki cita rasa tinggi, keunikan, serta keistimewaan.

Rendang telah berhasil mendapatkan julukan “the most balanced food” karena dinilai memiliki komposisi rasa yang lengkap dan menjadi selera lidah semua kalangan umur hingga lapisan masyarakat.

Ketika saya menjalani student exchange selama sebulan di Malaysia, saya membawa beberapa camilan, sambal terasi siap saji, makanan instan, dan tidak lupa ibu saya memberikan bekal rendang untuk menjadi santapan selama di negeri tetangga itu.

Namun, sebenarnya Malaysia dan Indonesia memiliki beberapa persamaan bentuk kuliner, tapi ada perbedaan dalam sajian nama serta ciri khas rasa. Hingga di akhir kepulangan ke Tanah Air, bekal rendang tersebut masih enak untuk disantap tanpa mengurangi cita rasa.

Hal Ini menjadi salah satu keistimewaan rendang, karena dapat bertahan kurang lebih tiga bulan tanpa dipanaskan kembali.

Maka dari itu rendang adalah pilihan makanan yang sangat tepat untuk dibawa sebagai bekal ketika bepergian jauh, asalkan gulai rendang ini tidak banyak diaduk kemudian selalu dalam penyimpanan suhu yang aman.   

Ketika berada di Malaysia, tidak lupa saya mengenalkan dan mencicipi rendang kepada teman baru yang saya dapatkan di sana. tidak hanya teman asli orang Malaysia, tapi ada juga teman dari India dan Thailand.

Di sana banyak yang telah mengenal kuliner rendang ini, tapi ada beberapa yang belum mengetahuinya. Inilah tugas kita sebagai generasi bangsa Indonesia yang harus mengenalkan aset yang dimiliki negeri ini agar terus dikenal hingga ke mancanegara.

Sumber daya alam melimpah dan berbagai macam rempah-rempah yang dimiliki Indonesia, tentu saja membuat cita rasa tinggi terhadap kulinernya. Ini adalah salah satu anugerah Yang Maha Kuasa, dan harus kita syukuri. Saya bangga menjadi orang Indonesia.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Suka Pedas? Yuk Intip Resep Lemea yang Lezat Ini!

Rindu si Asam Pedas Patin