Profesi Chef di Indonesia Terus Bertambah, PCPI Segera Siapkan Sertifikasi

Chef
Profesi chef di Indonesia kian diminati, tetapi belum ada sertifikasi berjenjang (leveling) profesinya (Foto: Unsplash/Aditya Romansa)

Perkumpulan Chef Internasional Indonesia (PCPI) saat ini sedang menyiapkan organisasi, tenaga riset, dan asesor terkait sertifikasi profesi koki dan makanan lokal Indonesia dari berbagai daerah.

Ke depannya, proses sertifikasi ini akan dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Kuliner Indonesia (LSPKI) yang akan segera dibentuk. Hal ini mendapat dukungan dari Badan Sertifikasi Nasional (BSN).

Dilansir dari Berita Satu (26/3), ketua umum PCPI, Bambang Nurianto mengatakan, “Kita targetkan tahun ini LSPKI ini sudah terbentuk, sehingga bisa segera melakukan tugasnya dalam melakukan sertifikasi terhadap profesi chef dan makanan lokal khas Indonesia.”

Bambang mengatakan bahwa pertumbuhan profesi koki sejak tahun lalu mencapai 20%. Dukungan Presiden Jokowi yang mendorong pendidikan vokasional agar melakukan praktik kerja langsung juga turut andil menambah peminat profesi koki. Pertumbuhan ini akan terus bertambah dari tahun ke tahun, sehingga sertifikasi profesi amat diperlukan. 

Sejauh ini, di Indonesia belum ada sertifikasi berjenjang terhadap profesi koki. Yang ada hanya sertifikasi umum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata. Padahal profesi ini dalam setahun belakangan terus bertambah seiring dengan berkembangnya industri kuliner di Indonesia.

Sekretaris Jendral PCPI, Hendra Utomo, seperti dikutip dari Harian Jogja, mengatakan bahwa hingga saat ini jumlah chef yang sudah tercatat sebagai anggota PCPI baru 3.500 orang, sedangkan jumlah chef di Indonesia tercatat sekitar 5.000 orang.

“Selama ini, profesi chef belum punya sertifikasi yang spesifik atau hanya profesi secara umum melalui Kementerian Pariwisata. Kalau yang spesifik misalnya chef A punya keahlian dalam membuat produk western food, Japanesse food, atapun secara level keahlian,” jelas Hendro.

Setelah tim terbentuk, PCPI memiliki target 5.000 koki tersertifikasi dan 50 kuliner khas Indonesia yang bersertifikat dalam 5 tahun ke depan.

PCPI juga berencana mengajak sejumlah lembaga untuk melakukan kajian atau riset mengenai sejarah dan seluk beluk makanan khas Indonesia. Salah satu lembaga yang digandeng oleh PCPI adalah Lembaga Kajian Kuliner Indonesia yang bernaung di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

“Kami juga ingin melakukan sertifikasi makanan khas daerah agar tidak mudah diambil negara lain. Target kami dalam 5 tahun ada 30-50 menu masakan daerah bisa punya sertifikasi. Kami gandeng Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung karena mereka cukup intens melakukan kajian,” jelas Bambang.

Melalui lembaga LSPKI, PCPI juga berencana menerbitkan buku Indonesia Kuliner Gastronomy. Buku ini dibuat untuk menjadi panduan bagi para koki, baik dalam maupun luar negeri, mengenai cara membuat kuliner khas Indonesia.

“Selama ini, chef di luar negeri tertarik dengan kuliner Indonesia, tetapi mereka kesulitan karena tidak ada guidance yang jelas. Langkah ini diharapkan akan mengangkat kuliner lokal dikenal secara global dan berstandar internasional,” imbuh Bambang.

PCPI sendiri akan menggelar acara Indonesia Chef Expo 2018 yang diadakan di Supermal Convention Center Pakuwon Mall Surabaya pada 4-6 Mei 2018. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menggairahkan profesi koki di Indonesia dan juga menguatkan jenis-jenis masakan nusantara yang hampir punah.

“Melalui expo, kami ingin buka wacana bahwa kuliner Indonesia adalah kebanggaan. Kami ingin perjuangkan makanan khas Indonesia dan mencoba mengangkat kembali kuliner yang hampir punah,” kata Bambang.

Suka? Vote Artikel Ini!

1 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up