Plecing Telengis, Kuliner Bali yang Tersembunyi di Karangasem

Plecing Telengis, Kuliner Bali yang Tersembunyi di Karangasem

Telengis dalam Bahasa Bali atau di Jawa lebih dikenal dengan Kethak atau Blondo, salah satu bahan makanan yang berasal dari kelapa.

Telengis sendiri berasal dari kata “Tain Lengis” yang dalam Bahasa Indonesia berarti ampas minyak.

Rasanya yang gurih membuatnya tidak terbuang sia-sia karena proses pembuatan minyak. Sebagian besar masyarakat di Bali mengolah telengis menjadi pepes, yang sering kita temukan di pasar traditional.

Saat ini makanan ini mungkin sudah jarang, karena di masa modern saat ini sudah tidak banyak lagi masyarakat yang membuat minyak kelapa sendiri, melainkan membeli minyak yang sudah tersedia di pasaran yang lebih praktis digunakan.

Namun di Karangasem, Bali masih banyak warga yang membuat minyak kelapa sendiri karena buah kelapa pun sangat mudah didapat dari kebun mereka.

Masyarakat pun mudah untuk mendapatkan telengis yang segar, sehingga kita dapat menemukan banyak olahan telengis seperti salah satu yang paling digemari yaitu plecing telengis.

Salah satu desa di Karangasem yang terkenal dengan olahan plecing telengisnya adalah Desa Muncan.

Banyak warga di Desa Muncan bercocok tanam kangkung, oleh sebab itu kangkung yang digunakan pada plecing telengis pun sangat segar.

Bahan dasar untuk membuat plecing telengis sangat sederhana yaitu sayur kangkung, telengis dan sambal kacang.

Pada saat akan disajikan sambal kacang dan telengis diulek terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan sayur kangkung, hampir mirip dengan proses pembuatan tipat cantok.

Plecing telengis sendiri juga sangat nikmat bila disantap bersama tipat/ketupat sehingga sedikit menyeimbangkan rasa pedas dari tipat plecing tersebut.

Pemandangan hamparan lahan tanaman kangkungpun menjadi pemandangan yang indah sembari menikmati sepiring tipat plecing yang rasanya sangat gurih dan sedikit pedas, sungguh merupakan kenikmatan dalam kesederhanaan.

Artikel ini disertakan dalam Lomba Menulis Kuliner Juara Kampung Halaman berhadiah belasan juta rupiah ditambah voucher Food Tour dari Good Indonesian Food. Ayo ikutan! Info lebih lanjut, klik banner di bawah ini.

Suka? Vote Artikel Ini!

10 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up