in ,

Panduan Diet Keto Untuk Pemula, Jangan Mulai Sembarangan!

Tren diet keto marak di Indonesia sejak 2017. Dalam seminggu, diet ini menurunkan berat badan sebanyak 9-13 kg.

Diet ketogenic atau diet keto merupakan suatu metode dengan pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat.

Jika asupan lemak seseorang umumnya 20-30% per hari, diet keto menganjurkan asupan sebesar 60-70%. Sedangkan untuk karbohidrat hanya 5% dari total kebutuhan gizi.

Diet keto dapat menurunkan berat badan secara cepat. Konsepnya sederhana dan mudah dipahami, yakni meminimalisir konsumsi karbohidrat.


Baca juga:


Kendati sederhana, diet keto tergolong cukup ekstrem. Batasan konsumsi karbohidrat yang sangat rendah dapat mengakibatkan fase ketosis.

Ketosis adalah fase tubuh dimana minimnya karbohidrat menyebabkan kurangnya produksi gula darah. Alhasil, tubuh memecah tumpukan lemak menjadi sumber cadangan energi baru.

Diet ini terhitung efektif menurunkan berat dalam waktu singkat. Namun, perhatikan cara-cara tepat agar tidak membahayakan dirimu sendiri.

1. Minta Bantuan Ahli Gizi atau Dokter Spesialis

Fase ketosis memiliki dampak kelelahan dan hilangnya massa otot. Jika tidak hati-hati, hal tersebut dapat menganggu aktivitas harimu.

Oleh karena itu, konsultasikan pada ahli gizi atau nutrionist agar program diet terpantau dengan baik.

Tanyakan kesesuaian tubuhmu dengan diet keto. Dokter atau ahli gizi akan merancang menu harian yang tepat dan sesuai kebutuhanmu.

2. Jangan Lakukan Dalam Jangka Panjang!

Minimnya asupan karbohidrat dapat menurunkan berat badan secara drastis.

Namun, jangan melakukannya secara kontinu dan jangka panjang. Gizi yang tidak seimbang memiliki dampak besar pada tubuhmu.

Sekali lagi, mintalah saran dari dokte gizi atau nutrionist untuk jangka waktu dietmu. Kekurangan karbohidrat dalam waktu lama dapat mengganggu kinerja dan fungsi otak, lho.


Baca juga: 


3. Konsumsi Air Harus Cukup

Tubuh boleh kekurangan karbohidrat, tapi mineral tidak. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi, gangguan peredaran darah, dan gangguan fungsi otak.

Oleh karena itu, minum air sesuai kebutuhan harian. Pilih air kelapa atau minuman ion yang kandungan elektrolitnya mampu menjaga daya tahan.

4. Perhatikan Asupan Makan

Pada intinya, keberhasilan diet keto adalah soal komitmen dan pola makan. Meskipun boleh mengonsumsi lemak, jangan asal pilih asupan sesuai selera ya.

Perhatikan kandungan gizi makanan yang kamu santap. Hindari lemak jahat, dekati lemak baik!

Tabel Makanan yang Harus Dihindari

Belanga.id/Sumber: hellosehat.com

Tabel Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi

Belanga.id/Sumber: hellosehat.com

Sudah siap melakukan diet keto? Tetap lakukan olahraga secara teratur dan secukupnya untuk memaksimalkan kekuatan. Selamat mencoba!

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contributor

Written by Manggarayu

Content AuthorYears Of Membership

Cafe Buku Rumahan Ini Cocok Banget Untuk Si Kutu Buku

IFC alias Indonesian Fried Chicken: Ragam Merek Fried Chicken Lokal