Logo Balanga

Oseng kiciwis

 Oseng kiciwis

Hampir setiap kampung memiliki kuliner khasnya masing-masing, dengan cita rasa dan keunikan yang bervariasi, bahkan mereka menjadikan kuliner tersebut sebagai sebuah keharusan untuk di buat.

Begitu juga dengan Kampung Margasari, sebuah kampung yang berada di daerah pegunungan kawasan Kabupaten Tasikmalaya ini mempunyai kuliner yang sangat nikmat dan wajib di coba, yaitu oseng kiciwis.

Makanan ini berasal dari pucuk daun kembang kol yang tumbuh di area sisa kembang kol dipanen yang kemudian tumbuh picuk daun yang di sebut dengan daun kiciwis.

Entah siapa yang mulai menamai tanaman ini. Namun daun kiciwis begitu populer di masyarakat sehingga banyak diminati untuk dijadikan kuliner maupun hidangan makan malam.

Mudah sekali cara pembuatan makanan ini.

Cukup dengan mengiris tipis bawang merah, bawang putih,  cabe rawit dan daun bawang ,lalu tumis bahan yang sudah diiris, kemudian tumis bersama daun kiciwis yang telah dibersihkan dan dicuci sebelumnya. Sangat mudah bukan.

Daun kiciwis paling sering dioseng atau disayur, bahkan dijadikan lalapan. Ini merupakan cara penyajian yang paling sering di temui di setiap rumah.

Untuk lebih lengkapnya bisa di hidangkan dengan sepiring nasi putih hangat dan menjadi kuliner yang siap di nikmati.

Warga memang gemar menikmati kuliner ini.

Pembuatannya menghasilkan aroma yang bisa tercium dari kejauhan.

Makanan dari hasil bumi ini tidak hanya memberi sumber zat besi bagi tubuh dari daunnya yang hijau, namun juga memberikan kenikmatan dan kebahagiaan bagi orang yang menyantapnya dengan sepenuh hati.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *