7 Olahan Telur Bebek Gurih dan Lezat Khas Indonesia

Telur bebek tidak hanya bisa diolah jadi telur asin yang kekinian. Masih banyak cara mengolahnya jadi sajian lezat.

Telur Pitan
Telur Pitan. (Foto: food.idntimes.com)

Seberapa sering kamu makan telur bebek dalam sebulan terakhir?

Telur bebek sangat identik dengan telur asin. Oleh-oleh khas Brebes ini belakangan jadi jajanan yang kekinian banget.

Padahal, telur bercangkang biru ini tidak hanya bisa diolah menjadi telur asin saja, melainkan masih banyak lagi makanan yang dikreasikan dari telur ini.

Ciri khas telur bebek adalah berukuran lebih besar dari telur ayam. Selain itu, kuning telurnya berwarna lebih pekat cenderung oranye dan aromanya lebih amis.

Itu sebabnya, telur bebek tidak banyak dipilih menjadi lauk sehari-hari karena proses pengolahannya lebih rumit untuk menyamarkan amisnya. Namun, proses panjang itu justru menghasilkan beragam sajian yang gurih dan lezat.

Lalu apa saja santapan yang bisa dibuat dari telur ini? Berikut olahan telur bebek lezat yang bisa kamu coba di rumah.

1. Telur Pitan

Telur Pitan

Telur Pitan. (Foto: food.idntimes.com)

Pernah mendengar telur yang satu ini? Telur yang bernama lain “Telur Seribu Tahun” ini berasal dari Tiongkok dan biasa dimakan dengan bubur.

Ketika dibelah, telur ini berwarna hitam. Teksturnya kenyal dan beraroma lebih menyengat. Rasanya pun khas dan gurih.

Telur pitan dibuat dalam proses pengawetan seperti telur asin. Telur bebek dilapisi campuran tanah liat, abu, garam, kapur dan sekam. Waktu pemeramannya jauh lebih lama dari telur asin, yakni tiga bulan.

Proses pemeraman akan membuat putih telur bebek berubah jadi cokelat gelap atau kehitaman, dan kuning telurnya berubah jadi abu-abu kehijauan.

Meskipun baik bagi penderita maag, telur ini tak bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kandungan basa dari telur ini dapat mengurangi zat tembaga yang bisa melemaskan tubuh.

Baca juga: Resep Salted Egg Chicken Ala Tempat Nongkrong Favoritmu

2. Telur Dadar Padang

Telur Dadar Padang

Telur Dadar Padang. (Foto: tokomesin.com)

Selain rendang dan ayam panggang, mungkin sajian telur ini cukup sering kamu pesan juga ketika mampir ke rumah makan khas Padang.

Telur dadar satu ini lebih gembung dari yang lain. Tidak tanggung-tanggung, orang Minang memakai 3-5 telur hanya untuk satu sajian.

Rasanya semakin kaya dengan beragam isi dan rempah, seperti kelapa parut, daun kunyit muda, daun bawang, cabai merah, bawang putih, dan bawang merah.

Cara membuatnya cukup sederhana.

Semua bahan diaduk jadi satu, lalu digoreng dengan minyak panas yang cukup banyak. Telur perlahan akan mengembang dan bertekstur agak renyah. Setelah kecokelatan, telur dadar khas Padang ini siap disantap.

Baca juga: Resep Telur Gembung yang Membuatku Terus Menyendok Nasi

3. Martabak Telur

Martabak Telur

Martabak Telur. (Foto: food.detik.com)

Bosan mengantri martabak di tempat favorit? Jajanan malam yang sangat populer ini juga bisa dibuat sendiri, lho.

Siapkan adonan martabak yang terdiri dari terigu protein tinggi, air, minyak, dan sedikit garam. Kamu juga bisa memakai kulit lumpia untuk membuat versi mininya.

Adonan ini kemudian diisi campuran telur bebek, daun bawang, bawang bombay, dan daging giling yang telah dikocok sebelumnya. Setelah itu, martabak digoreng hingga kulitnya kecokelatan dan bertekstur renyah.

Baca juga: Resep Martabak Telur Mini yang Gurih dan Nikmat

4. Kerak Telor

Jajanan khas Betawi yang terbuat dari ketan putih dan telur bebek ini tak boleh dilewatkan. Apalagi kalau sedang mampir ke kampung Betawi atau festival ulang tahun Jakarta.

Teksturnya padat dan lembut dengan taburan kelapa sangrai dan bawang goreng yang sangat gurih. Makanan ini juga sangat mengenyangkan.

Membuat kerak telor harus memakai wajan cekung agar hasilnya bagus. Caranya membuatnya pun cukup mudah walau butuh kesabaran. 

Campur telur bebek, bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, jahe, kencur, ebi, dan garam. Siram di atas ketan putih dan aduk hingga tercampur rata. Biarkan permukaan bawah ketan putih mengeras jadi kerak. Lalu balik penggorengan di atas barang api dan masak hingga matang.

Baca juga: Ragam Kuliner Jakarta yang Hits Sampai Sekarang

5. Boh Itek Lemak

Boh Itek Lemak

Boh Itek Lemak. (Foto: says.com)

Makanan khas Aceh bukan cuma Mie Aceh dan Nasi Goreng yang kaya rempah-rempah. Masih ada “boh itek lemak”, yang dalam bahasa Aceh berarti telur bebek masak santan. Sajian gurih ini mirip gulai dengan kuah yang tidak terlalu kental. 

Seperti sajian khas nusantara lainnya, memasak boh iteh lemak memang cukup panjang prosesnya. Terutama untuk menjaga agar santan tetap berkualitas baik.

Telur ini dimasak dengan bumbu halus, yakni bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, asam sunti, dan cabai yang ditumis harum. Juga ditambahkan serai, daun jeruk, daun temuru, garam, merica, dan santan.

Kalau bosan dengan menu makan siang yang itu-itu saja, boh itek lemak bisa jadi alternatif, lho.

Baca juga: Teh Susu Aceh, Pembuatannya Unik dan Harus ‘Ditarik-tarik’

6. Semur Telur

Semur telur adalah olahan berkelas dengan bahan ekonomis. Apalagi memakai telur bebek, cita rasanya lebih khas dibanding semur telur ayam.

Sajian berkuah gelap ini memakai bumbu halus putih, serai, daun salam, cengkeh, kapulaga, pala, gula merah, dan kecap manis. Bagi yang suka asin, telur bebek biasa dapat diganti dengan telur asin.

Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan rempah tambahan seperti serai, daun salam, cengkeh, kapulaga, dan pala. Tambahkan telur bebek, lalu aduk merata. Tuang kecap dan gula merah yang sudah disisir. Terakhir, tambahkan air kaldu sesuai selera untuk menentukan kekentalan kuahnya.

Baca juga: Resep Semur Jengkol, Aroma Legendaris Tak Lekang Waktu

7. Balado Telur

Telur Balado

Telur Balado. (Foto: royaltumpeng.com)

Kalau biasanya kamu makan balado telur ayam, sesekali cobalah makan balado telur bebek.

Pedas bumbu balado dan gurih dari kuning telur yang berkelindan jadi satu membuat lidahmu ketagihan makan menu yang satu ini. Apalagi jika kamu menggunakan telur asin.

Balado telur ini cenderung mudah dibuat. Cukup tumis bumbu yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, dan garam, lalu masukkan telur bebek dan aduk hingga rata.

Jika berencana dijadikan bekal, pastikan kamu membawa porsi lebih banyak karena banyak yang akan ngiler dengan kelezatannya.

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Kaningga Janu Manggarayu
Written by
Penyuka kuliner, sejarah, dan bumbu segar. Berkelana tanpa mengenal arah, pulang ketika merasa lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up