Logo Balanga

Nikmatnya Ayam Rica-Rica dan Kentang Mustofa Dengan Sentuhan Cinta Ibu

 Nikmatnya Ayam Rica-Rica dan Kentang Mustofa Dengan Sentuhan Cinta Ibu

Perjalanan yang jauh itu selalu membuat perut menjadi keroncongan. Udara dingin dalam bus membuat aku #JadiKangenIbu rasanya ingin cepat sampai rumah.

Setiap suasana dingin pasti ibu selalu masak makanan yang hangat dan pedas. Sepeti ayam rica-rica buatan Ibu yang pedasnya super duper bikin nagih dan ditambah dengan nasi putih yang hangat.

Rasanya mulut selalu ingin terus mengunyah melahap ayam rica rica hingga ke tulang-tulangnya. Bumbu rica-ricanya yang meresap membuat aku tak pernah bosan untuk memakannya.

Padahal Ibu kalau masak tidak pernah memakai perhitungan takaran bumbu cuma pakai feeling, tapi entahlah kenapa masakan Ibu bisa seenak seperti itu.

Pernah waktu itu Ibu memasak dengan resep yang aku kasih dari internet tapi rasanya kurang sempurna. Alhasil Ibu jadi menyalahkan aku kata Ibu mungkin resep yang aku kasih ke Ibu itu salah.

Semenjak itu, kalau Ibu masak enggak pernah liat resep.

Paling menyedihkan kalau Ibu lagi sakit karena di rumah tidak ada yang bisa masak selezat masakan Ibu. Seenak apapun masakan yang pernah aku buat tetap saja tidak bisa mengalahkan masakan Ibu.

Walaupun orang-orang pada bilang masakan aku enak,  ah tetap buat aku masakan Ibu yang paling enak dan pastinya paling pas di lidah.

Selain ayam rica-rica khas manado ada kentang mustofa yang berasal dari daerah Jawa Barat aku lebih suka menyebutnya dengan nama kentang kawinan karena setiap orang sunda hajatan pasti ada kentang mustofa.

Ibu masih ada darah sundanya jadi kentang mustofa itu makanan andalan keluarga besar juga. Irisan kentang dengan paduan sambal balado yang pedas manis sukses buat aku #JadiKangenIbu

Setiap Ibu pergi ke luar kota pasti Ibu selalu masak kentang mustofa. Karena kentang mustofa dimasaknya mudah dan awet untuk beberapa hari.

Sama halnya kalau aku yang pergi ke luar kota dan ketika makan di luar tapi makanannya tidak pas sama lidah seketika nafsu makan jadi hilang. Dalam benak berpikir “jadi kangen Ibu, coba tadi bawa kentang mustofa buatan Ibu”.

Kentang mustofa itu tidak cuma hidangan untuk hajatan aja, tapi juga cocok dibawa ketika travelling lho.

Karena kentang mustofa awet atau tahan lama tanpa perlu disimpan di dalam kulkas dan enggak usah repot-repot dihangatkan lagi.

Cukup disimpan di dalam toples atau plastik yang tertutup rapat rasanya tetap renyah kok. Praktis kan?

Itulah makanan favorit aku yang dibuat dengan sentuhan cinta Ibu yang selalu buat aku #JadiKangenIbu. Tetap jadi koki terhebat keluarga ya bu.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *