Nasi Rames, Bikin Gemes!

Apakah kalian tahu?Semua orang pasti mempunyai selera, terutama dalam menikmati rasa. Iya, rasa  bahagia. Ketika lidah bisa mengecap dan hati ikut merasakan itulah kebahagiaan yang sesungguhnya. Ngomong-ngomong soal rasa, Indonesia memiliki beragam makanan dengan cita rasa khasnya masing-masing, di antaranya nasi rames.

Arti dari kata rames yaitu campuran. Berarti, nasi rames adalah nasi campur. Eitss tapi, jangan salah mengartikan. Pada nasi rames, yang dicampurkan itu bukan antara nasi putih dengan nasi merah atau nasi lainnya melainkan lauk pauknya.

Dalam satu porsi diisi lebih dari 1 lauk pauk. Biasanya, kita dapat menemukan nasi rames di daerah Jawa, dan Sunda, terutama di setiap warung nasi yang sering dijumpai di pinggir jalan. Harganya sangat terjangkau bahkan, dengan harga 10 ribu pun bisa menjadi pemadam kelaparan bagi Anda yang punya uang pas di tanggal tua.

Selain itu, nasi rames disajikan di atas kertas nasi. Jika Anda ingin membawanya ke rumah, biasanya akan dibungkus. Ada yang lebih unik lagi dari nasi rames ini, waktu saya beli bersama teman seangkatan, kami memilih untuk membungkusnya karena, saat itu tempatnya sangat penuh, dan kurang beruntungnya, kami tidak kebagian sendok plastik karena kehabisan.

Alhasil, demi sesuap nasi yang masuk ke dalam mulut akhirnya kami makan pakai tangan tanpa alat pembantu. Pas makan suapan pertama, mulut saya seperti diaduk-aduk oleh kenikmatan nasi rames ini. Sungguh, bikin gemas rasanya!! Tidak ada yang berani bicara, semua terhanyut ke dalam cita rasanya.

Bukan hanya itu, kebahagiaan terasa lebih lengkap saat sesudah makan, saya dan teman-teman bisa berbagi cerita dan tertawa bersama.

Jika Anda termasuk orang yang moodyan, dan malas untuk pergi ke luar, Anda bisa membuatnya langsung di rumah dengan memanfaatkan bahan yang ada. Berikut tips sederhana membuat nasi rames ala orang rumahan dari saya.

Bahan-bahan:
1 piring nasi putih
1/4 telur rebus
2 buah tahu
1/2 bungkus tempe lalu, potong berbentuk persegi panjang
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 ons kemiri
2 biji cabai merah
1 sdt garam
3 sdt gula putih
1 sdt micin
2 lembar daun salam
2 cm laja lalu, memarkan
1/4 kg air kelapa parut

Langkah-langkah:
1. Siapkan panci! Masukkan 1 liter air, dan nyalakan api. Setelah itu, masukkan telur, dan tunggu hingga telur mengembang ke atas permukaan. Angkat, dan rendam ke dalam air biasa.
2. Jika telur sudah dingin, pisahkan telur dengan kulitnya!
3. Masukkan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai merah ke dalam blender. Lalu, tunggu sampai halus.
4. Panaskan wajan, dan masukkan sedikit minyak.
5. Tumis bumbu yang sudah halus tadi hingga tercium aroma. Berikan garam, gula putih, micin, dan laja!
6. Kemudian, masukkan telur, potongan tempe, dan tahu. Setelah itu, air perasan kelapa dan 2 lembar daun salam.
7. Diamkan selama 5 menit sampai ada gelembung kecil, dan airnya mulai mengental.
8. Siapkan 1 piring nasi putih, dan masukkan masakan tadi ke dalamnya! Lalu, aduk hingga nasi itu berwarna kecoklatan.
9. Nadi rames siap dinikmati!

Perlu diingat bahwa, pada saat makan nasi rames sangat enak jika dimakan dengan kedua tangan langsung!

Dengan makanan, kita bisa bahagia lahir dan batin. Oleh karena itu, mari ajak teman-teman Anda untuk ikut merasakan sensasinya saat makan nasi rames! Selamat mencoba!!

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *