in

Nasi Ampok, Nasi Jagung yang Bercita Rasa Unik

Menu alternatif yang pas buat penderita diabetes

Nasi ampok merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berbahan dasar  jagung, biasanya menggunakan jagung yang sudah tua.

Umumnya jagung ini ditemui sudah dalam keadaan sudah dipipil, sehingga jagung ini dikenal juga dengan istilah jagung pipil. Harganya terbilang murah dari pada jagung manis atau jagung muda.

Nasi ampok ini tak jauh berbeda dengan nasi putih biasa dalam penyajianya. Biasanya nasi ampok atau nasi putih ditemani oleh lauk-pauk atau menu pelengkap lainya.

Saya lebih suka nasi ampok ini bila disajikan dengan ikan asin dan sayur lentho (campur tahu, pedas). Menurut saya, menu ini adalah menu yang mempunyai cita rasa yang unik. Kita bisa merasakan sensasi rasa ikan asin yang dipadukan oleh pedasnya sayur lentho.

Selain dengan menu tersebut, saya suka makan nasi ampok dengan campuran gula, garam, dan parutan kelapa, sebagian daerah di Blitar mengenal menu ini dengan sebutan ampok gudang.

Pada keluarga saya, nasi ampok merupakan variasi makanan yang bisa dinikmati ketika musim kemarau.

Sebenarnya ibu saya bisa membuat nasi ampok setiap saat, namun di hari biasa ibu lebih memilih untuk memasak nasi putih. Mengapa demikian?

Pada musim kemarau, ibu bisa memasak nasi ampok langsung dari hasil panen jagung sendiri, karena sensasi rasa yang dihasilkan nasi ampok dari hasil panen sendiri itu lebih nikmat dan lebih bermakna.

Mengapa bermakna? Karena, ketika kita menikmati nasi ampok dari hasil panen sendiri kita akan teringat mengenai perjuangan dan suka dukanya menanam dan merawat tanaman jagung. Dan menikmati nasi ampok itulah salah satu obat dari lelahnya menanam dan merawat tanaman jagung.

Nasi ampok ini bisa ditemukan di daerah jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nasi ampok adalah makanan variasi yang menjadi ciri khas masyarakat pedesaan.

Banyak orang-orang dari lingkungan pedesaan yang suka mengkonsumsi nasi tersebut, lantaran makanan ini murah-meriah serta mudah dan simpel untuk dimasak.

Ternyata ada banyak  nilai gizi yang terkandung dalam nasi ampok ini dibandingkan dengan nasi putih.

Nasi ampok lebih kaya akan protein, zat besi, vitamin (yang meliputi Vit. A, B1, B6, B12, C dan E), mineral (yang meliputi Folat, Kalsium, Fosfor, Natrium, Zink), serat, dan magnesium. Magnesium (Mg) adalah  gizi yang paling banyak terkandung dalam nasi ampok.

Mengkonsumsi makanan ber-magnesium membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit diabetes dan darah tinggi. Meskipun demikian, bagi sebagian orang yang tidak cocok mengkonsumsi nasi ampok akan menimbulkan flatus atau buang angin.

Pembuatan nasi ampok ini terbilang sangat mudah.

Bahan utama dari nasi ampok adalah jagung pipil yang siap giling untuk dijadikan berasan jagung nantinya (sebelumnya sudah dijemur sampai benar-benar kering). Jagung pipil disini dimaksudkan untuk jagung yang sudah lepas dari janggelnya.

Untuk tahap-tahap pembuatan nasi ampok adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan jagung pipil yang sudah siap untuk dihaluskan.
  2. Jagung pipil dihaluskan menjadi butiran kecil sebesar beras, hal ini untuk memisahkan antara kotoran dengan saripati jagung.
  3. Rendamlah kurang lebih selama 10-12 jam, kemudian bersihkan sampai benar-benar bersih.
  4. Haluskan lagi sampai menyerupai tepung. Anda bisa menumbuknya memakai alu atau lebih mudahnya dibawa ke jasa penggilingan. Kira-kira untuk biaya jasa penggilingan sekitar 2000 rupiah, tergantung banyaknya jagung yang digiling.
  5. Tepung hasil gilingan dicampur dengan air (dipuyoni) agar tidak menggumpal.
  6. Dimasak sampai matang.
  7. Nasi ampok siap disajikan bersama lauk-pauknya atau menu pelengkap lainya.

Nasi ampok ternyata banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena adanya kualitas nutrisi yang cukup tinggi di dalam bahan pokok pembuatannya, yaitu jagung.

Selain nikmat, nasi ampok juga dikenal kaya akan phytochemical, serta memberikan perlindungan tubuh dari beberapa penyakit kronis. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan nasi jagung :

  • Sumber energi

Kandungan kalori yang terdapat dalam nasi ampok ini memberikan pasokan energi bagi siapa saja yang memakanya.

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam nasi ampok sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berbagai gangguan pencernaan seperti wasir dan sembelit. Serat merupakan zat yang berfungsi untuk membantu masalah buang air besar

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Kandungan lemak dan efek anti-aterogenik yang terdapat dalam manfaat nasi ampok dipercaya dapat menurunkan resiko gangguan kardiovaskular, yaitu dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan beta-karoten yang terdapat pada nasi ampok merupakan sumber dari manfaat vitamin A. Kita mengetahui bahwa  vitamin A dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Menurunkan resiko kanker

Kandungan serat dalam nasi jagung mampu menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar. Selain itu, dalam nasi jagung juga kaya akan kandungan asam fenolik, yaitu senyawa ferulic yang menjadi agen anti kanker. Dimana senyawa ini telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Kandungan anthocyanin yang terdapat dalam nasi jagung juga mampu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu penyebab kanker.

  • Mencegah anemia

Kandungan manfaat zat besi dalam nasi ampok dapat membantu mencegah anemia, karena senyawa ini mampu membantu produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium, fosfor, serta magnesium dalam dalam nasi ampok dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

  • Menjaga fungsi ginjal

Kandungan mineral seperti forfor dalam manfaat nasi jagung juga sangat penting untuk menjaga kinerja fungsi organ ginjal agar tetap dalam kondisi normal.

  • Baik untuk wanita hamil

Kandungan lain dari nasi jagung adalah asam folat yang diketahui sangat penting bagi pertumbuhan janin. Karena jika seorang wanita yang sedang hamil mengalami kekurangan asam folat dapat berakibat cacat maupun penurunan berat badan saat bayi dilahirkan. Selain itu, mengkonsumsi nasi jagung juga dapat melancarkan produksi asi.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan senyawa karotenoid yang terdiri dari luthein dan zeaxanthin yang memberikan pigmen warna kuning pada jagung sangat berguna untuk menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa ini akan menghindari katarak, maupun gangguan penglihatan lainnya.

  •  Melancarkan buang air kecil

Sifat diuretik yang terdapat dalam jagung dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih, serta dapat mengobati asam urat dan mencegah gangguan batu ginjal.

  • Bermanfaat bagi penderita diabetes

Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam nasi putih merupakan karbohidrat sederhana, sedangkan kandungan karbohidrat pada nasi ampok merupakan bentuk karbohidrat kompleks. Saluran pencernaan akan mencerna karbohidrat kompleks secara lambat. Hal ini bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh mengalami kenaikan secara lambat pula. Sehingga kadar gula penderita diabetes dapat dikontrol.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Asam Pedas Khas Riau yang Tak Terlupa

Roti Gembong: Dari Zaman Kerajaan Hingga Zaman Millenial