Mi Celor Palembang, Andalan Wong Kito Galo

Mi Celor Palembang, Andalan Wong Kito Galo

Udang menjadi salah satu hasil budi daya lokal yang banyak ditekuni oleh warga Palembang, sehingga olahan makanan berbahan dasar udang pun banyak tersedia di sini. Tidak hanya pempek udang dan pindang udang; olahan udang lain yang sering dipakai adalah mi celor, yang kuahnya merupakan campuran udang berbalut dengan santan yang kental.

Mi celor Palembang. Makanan yang satu ini menjadi kuliner wajib yang saya kunjungi kalau pulang ke kampung halaman, Palembang. Biasanya dari perjalanan pulang bandara menuju rumah, pasti saya langsung mampir untuk menyantap langsung mi celor Palembang yang legendaris ini.

Namun sayang, bagi kami para perantau yang jarang pulang dan kangen dengan kuliner kampung halaman, mi celor ini belum punya kemasan untuk oleh-oleh, sehingga pengunjung hanya bisa menikmati langsung di tempat atau membawanya pulang ke rumah. Mungkin juga dikarenakan olahannya yang menggunakan bahan-bahan dasar yang matang dan cepat basi, membuatnya tak tahan lama dan tentunya akan mempengaruhi kesegaran rasanya.

Wong kito, sapaan yang khas untuk warga Palembang, biasanya menjadikan mi celor sebagai santapan yang bisa dinikmati kapan pun. Bisa untuk sarapan, makan siang, makan malam, ataupun cemilan di sela jam makan. Tapi buat saya, satu porsi mi celor ini sudah sangat mengenyangkan, cukup untuk mengisi perut di jam makan siang.

Kuliner ini berbahan dasar mi yang terbuat dari tepung terigu yang disiram dengan kuah santan udang yang kental, dengan aroma yang gurih dan lezat. Penyajiannya dilengkapi dengan taoge, atau orang Palembang sering menyebutnya dengan kecambah, yang sudah diseduh air panas dan potongan telur. Setelah itu, ditaburi daun kucai dan bawang merah goreng.

Kuah santan udang ini berwarna kuning kemerahan, bertekstur kaldu yang lembut, dan sedikit kental namun beraroma gurih dan tidak membuat mual. Udang dihaluskan dan ditambah dengan ebi, lalu dimasak bersama santan. Campuran racikan bumbu dan rempah lain membuat cita rasa kuah ini menjadi sangat khas.

Untuk minya sendiri biasanya langsung dibuat oleh penjual. Mi yang digunakan berdiameter lebih besar, bentuknya mirip dengan udon, mi yang terkenal dari negeri sakura, namun teksturnya lebih padat dan kenyal.

Mi celor sangat nikmat jika disajikan hangat-hangat. Perasan jeruk nipis juga bisa menjadi alternatif penambah rasa. Penjual biasanya menyeduh mi dan taoge dengan air panas terlebih dahulu baru disiram dengan kuah udang.

Menurut saya di sini lah kekhasan dan perbedaan mi celor dengan mi-mi lain yang terkenal dari berbagai daerah di Indonesia.

Ada satu tempat favorit yang biasa saya datangi untuk menyantap mi celor. Toko ini sudah berdiri lama, puluhan tahun, namun tetap mempertahankan dan menjaga keaslian cita rasanya. Makanya tak heran banyak sekali pengunjung yg berdatangan ke kedai mi celor yang berlokasi di daerah 26 Ilir, milik H. Syafei ini. Rasanya yg khas membawa kami para perantau ingin selalu pulang dan mencicipi langsung kuliner ini di tempat aslinya. Maklum, sejauh ini saya belum menemukan penjual mi celor lain yang bisa menandingi kelezatan buatannya.

Walaupun di Palembang sendiri bertaburan penjual mi celor, kepunyaan H. Syafei ini tetap jadi juara–setidaknya bagi saya. Namanya sudah terkenal seantero warga Palembang.

Di balik kesederhaan tokonya, nama Mi Celor 26 ini sudah melegenda di kalangan warga Palembang. Untuk mengakomodasi lonjakan pengunjung, akhirnya toko pertama Mi Celor 26 H.Syafei ini kini sudah memiliki cabang baru yang lokasinya tak berjauhan dari toko sebelumnya. Terletak di kawasan perkantoran pemerintahan, kedai mi celor ini pun selalu ramai pengunjung di setiap saat.

Artikel ini disertakan dalam Lomba Menulis Kuliner Juara Kampung Halaman berhadiah belasan juta rupiah ditambah voucher Food Tour dari Good Indonesian Food. Ayo ikutan! Info lebih lanjut, klik banner di bawah ini.

 

Suka? Vote Artikel Ini!

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up