Logo Balanga

Mesin Kopi Ini Seharga Mobil!

 Mesin Kopi Ini Seharga Mobil!

Mesin kopi dipamerkan di Indonesia Coffee Events 2019. (Foto: Rikko R)

Bagi yang biasa puas dengan kopi sachet, atau malah jarang ngopi (seperti saya), mungkin tak akan ambil pusing dengan jenis kopi atau mesin pembuatnya.

Makanya, buat saya, harga mesin kopi keluaran Nuova Simonelli Appia 2 G Semi Auto  yang dibanderol dengan harga Rp77,5 juta terasa wah! Produk ini dijual sepaket dengan MDX Doser

Mesin kopi yang dijual oleh distributor Toffin itu dipamerkan dalam acara Indonesia Coffee Events di Kuningan City, Jakarta 22-24 Februari 2019.

Sekadar perbandingan saja. Kalau dihitung-hitung, kita bisa membeli mobil Toyota Avanza second  dengan jumlah uang tersebut. Masih bisa lah dapat mobil keluaran tahun 2004-2005.

Range harga mesin kopi komersial memang segitu ya, tergantung apakah single group dan double group,” ujar Fredy Setiadi, After Sales Toffin Indonesia, saat ditemui dalam acara tersebut, Jumat (22/2).

Fredy juga menjelaskan sejumlah alasan dibalik tingginya harga mesin kopi.

“Setahu saya, mesin kopi espresso buatan Indonesia belum pernah ada. Ini setahu saya ya,” ujarnya.

Selain impor, harga mesin kopi ditentukan branding. Memang, merk Nuova Simonelli sudah memiliki nama di dalam dunia permesinan kopi.

Mengusung mesin double group, NS Appia 2 G Semi Auto menjanjikan fitur yang maksimal untuk para penggunanya.

Double grup ini memudahkan barista dalam membuat kopi hingga empat cup sekaligus. Terlebih, adanya sistem volumetrik yang mengatur otomatisasi jumlah air ke gelas.

Baca juga: Kedai Kopi Tak Kie yang Tak Lekang oleh Waktu

Kalau untuk kebutuhan pribadi, tentu saja terlalu berlebihan untuk menggunakan mesin yang membutuhkan daya sebesar 2800 watt ini.

“Mesin kopi ini cocok untuk kebutuhan komersil dengan produksi 50-100 cup per hari. Untuk kecepatan, tergantung bagaimana SDMnya atau barista dalam menggunakan alat ini,” ujar Fredy.

Nah, apakah kamu tertarik membeli atau membuka kedai kopi?

Editor: Sica Harum

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *