8 Menu McDonald’s Khas Indonesia, Bagaimana Menurutmu?

Paket Nasi Uduk Lengkap McDonalds Indonesia
Paket Nasi Uduk. (Foto: nibble,id)

“Ini rasa kita”.

Demikian tagline McDonald’s saat mempromosikan menu yang mengangkat kuliner khas Indonesia. Dalam beberapa tahun belakangan, gerai fast food yang identik dengan burger tersebut memang semakin gencar menyatukan cita rasa menunya dengan sajian-sajian lokal.

Strategi bisnis waralaba ini untuk menggaet pasar yang lebih luas tampaknya cukup membuat khalayak penasaran; tak hanya bagi anak muda, tetapi juga mereka yang telah berkeluarga. Pasalnya, menu ini biasa dijajakan di rumah makan tradisional maupun dimasak sehari-hari di rumah.

Karena merupakan menu musiman, makanan-makanan berikut tidak selalu ada. Inilah yang membuat konsumen jadi penasaran. Nah, dari daftar ini, menu apa yang pernah kamu coba?

1. Nasi Daging Cabe Ijo

Bagi sebagian orang Indonesia, cabai hijau memang paling klop diolah dengan tumisan daging atau ikan. Rasanya tidak terlalu pedas meskipun masih tetap membakar lidah, sehingga cukup menjadi favorit masyarakat nusantara.

McDonald’s mengolah menu yang satu ini dengan cara yang sederhana. Seperti rice bowl cepat saji lainnya, menu “Nasi Daging Cabe Ijo” hadir berupa nasi putih dengan potongan daging tebal dan siraman saus cabai hijau. Dagingnya adalah daging burger yang kadang terpotong dan kadang utuh. Sausnya sendiri manis gurih mirip teriyaki, dengan irisan cabai hijau yang kurang memenuhi selera pedas masyarakat Indonesia. Namun, dua irisan timun dan tomatnya sesuai dengan iming-iming gambar promosi. 

2. Nasi Uduk

Paket Nasi Uduk Lengkap McDonalds Indonesia

Paket Nasi Uduk. (Foto: nibble.id)

Sarapan nasi uduk di warung mungkin sudah biasa. Sekarang, bayangkan kamu sarapan nasi uduk di McDonald’s. Menunya nasi uduk bertabur bawang goreng, lengkap dengan sambal, ayam goreng tepung, dan telur. Minumnya bisa pilih, mau teh susu atau kopi susu. Mantap, kan?

Paket Nasi Uduk McDonald’s ini diperkenalkan sejak 23 Maret 2018. Disajikan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Bagaimana realitanya? Seperti gambar, sih. Ayam tepungnya oke, sambal merah oke, bawang goreng oke, telur bundar oke, tapi nasi uduknya bertekstur lengket dan lembek. Berbeda dengan nasi uduk khas Betawi yang bertekstur pera’ dan mudah hambur.

“Saya agak kecewa sebenernya, sama nasi uduknya. Kayak ketan. Tapi wanginya kelapa banget,” sahut Youtuber Edho Zell dalam videonya. “(Teksturnya) kayak jelly gini.”

3. Burger Rendang

Apa jadinya kalau burger McDonald’s diberi saus rendang? Pastinya lezat dan kaya rempah.

Burger rendang diluncurkan sebagai peringatan Ulang Tahun RI ke-72 pada 2017 silam. Dalam posternya, burger rendang diapit roti berwijen yang terbelah tengahnya. Sekilas terlihat irisan bawang bombay dan telur dadar dalam tumpukan burger. Menu ini disajikan dengan kentang goreng dan Soda Belimbing.

Burger rendang asli memang sesuai deskripsi di atas. Rasa rendangnya berasal dari daging burger yang dicelupkan pada saus berempah. Dibandingkan burger McDonald’s lainnya, rasanya cenderung spicy khas rendang nusantara.

4. Burger Sate

Burger Sate McDonalds Indonesia

Burger Sate. (Foto: Twitter.com/@stallonation)

McDonald’s selalu punya ide untuk menu spesial Hari Kemerdekaan RI. Sebelum Burger Rendang, pada Ulang Tahun RI ke-71, Burger Sate resmi disajikan bersama kentang goreng dan Teh Soda Markisa.

Dari posternya, tampilan roti burgernya mirip Burger Rendang, yang memiliki belahan di bagian tengah. Burgernya sendiri memakai daging, irisan timun, selada, dan saus kacang.

Sekilas Burger Sate memang mirip Burger Rendang. Perbedaannya adalah kehadiran saus kacang yang dilumuri pada daging burger, menggantikan mayonais yang jadi ciri khas burger McDonald’s umumnya. Menurut Aryo Bimo dalam videonya di Youtube, saus kacang dalam burger ini sama seperti bumbu sate biasa dan tidak begitu manis.

5. Burger Balado

Burger Balado McDonalds Indonesia

Burger Balado (Foto: travellingmcds.com)

Balado identik dengan sambal merah dan pedas. Masakan khas Minang ini biasa diolah dengan ayam, telur, jengkol, dan bahan lainnya.

Burger Balado ala McDonald’s terhitung menu lama. Sajian ini muncul dalam rangka Hari Kemerdekaan RI yang ke-70. Poster promosinya yang bernuansa merah putih menghadirkan sebuah burger berisi daging, keju, tomat, timun, selada, dan sambal balado. Tak lupa kentang goreng dan Teh Soda Sirsak.

Saat membelinya, isi Burger Balado memang lengkap sesuai gambar. Seladanya dicacah kasar, namun sambal baladonya lebih mirip saus.

Menurut food blogger James McGowan a.ka Travelling McDs, rasa balado dalam burger ini cukup otentik; seakan menikmati olahan cabai yang sesungguhnya. Walau demikian, bagi pecinta pedas, Burger Balado mungkin tidak terlalu membakar lidah karena pedasnya mirip saus botolan.

6. Ayam Kremes 

Renyah ayamnya, renyah kremesnya. Menu spesial Ramadhan 2017 silam ini menyuguhkan ayam goreng McDonald’s dengan kremesan, sambal uleg, dan nasi putih. Kalau pilih Paket Spesial, ada tambahan telur dadar yang lembut.

Sekilas, tampilan dalam posternya memang tak jauh beda dengan paket nasi ayam biasa. Sambalnya merah merona dan mirip pelengkap untuk ayam bakar. Kremesannya ditabur di atas ayam dan cukup melimpah. Dalam paketnya, sajian ini dinikmati bersama Sparkling Berry Tea.

Namun, pada kenyataannya, kremesan dan sambal uleg ditempatkan dalam kemasan sachet. Porsi sambalnya pun tak sebanyak di poster.

7. Bubur Ayam

Bubur Ayam McDonalds Indonesia

Bubur Ayam. (Foto: commons.wikimedia.org)

Menu yang satu ini selalu hadir saat sarapan, kapan pun dan di mana pun. McDonald’s pun tak mau ketinggalan menyajikan menu sarapan ini bagi khalayak Indonesia. Seperti dalam gambar promosinya, bubur gurih ini diberi banyak topping seperti potongan pangsit goreng, bawang goreng, dan seledri. Kadang juga bisa request tambahan telur di atasnya. Ayamnya sendiri sudah dicampur dengan bubur. Gurih dan rasa ayamnya baru terasa saat menyentuh lidah.

Bubur ayam McDonald seakan mengingatkan Belanga pada bubur ayam Jakarta. Bubur ayam ibu kota juga punya banyak topping, yakni cheese stick, suwiran cakwe, suwiran ayam, bawang goreng, kacang goreng, dan seledri. Kadang juga dituang telur ayam untuk dicampur dengan bubur panas. Slurp!

Baca juga: Resep Bubur Ayam Jakarta, Sarapan Asik Sebelum Bertarung di Ibukota

8. McFlurry Rujak Pedas

McFlurry Rujak Pedas McDonalds Indonesia

McFlurry Rujak Pedas. (Foto: Twitter.com/@FendyTHD)

Tak hanya menu utama, McDonalds Indonesia juga berinovasi dengan rasa es krimnya. Bersamaan dengan Burger Sate, restoran fast food ini meluncurkan McFlurry Rujak Pedas.

Rujak adalah salah satu dessert populer khas Indonesia. Terdiri dari beragam buah yang juicy, rasanya pas menikmati rujak saat cuaca panas. Sambalnya yang khas dan pedas menambah cita rasa tersendiri. Ketika melihat iklan McFlurry Rujak Pedas, bayangan tentang aneka ragam buah dan saus pedasnya langsung sirna. Tampilan es krim McDonalds ini justru cerah dengan semburat kekuningan.

Rasa McFlurry Rujak Pedas juga didominasi mangga dengan sensasi pedas. Ada tambahan tekstur renyah yang Belanga duga dari rice crispy.

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Kaningga Janu Manggarayu
Written by
Penyuka kuliner, sejarah, dan bumbu segar. Berkelana tanpa mengenal arah, pulang ketika merasa lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up