Logo Balanga

Menikmati Tea Time a la Indonesia

 Menikmati Tea Time a la Indonesia

Foto: Instagram.com/silateahouse

Orang Cina memilih menikmati teh poci dengan sepiring kacang-kacangan, ataupun dianxin -semacam hidangan pencuci mulut khas budaya lokal.

Bergeser sedikit ke Inggris, masyarakatnya menikmati pesta teh dengan kue-kue cantik yang disusun dalam etalase mini.

Di India, teh Chai yang terkenal dengan rasa rempah-rempah yang kuat dinikmati dengan berbagai jenis camilan, tergantung kamu sedang berada di wilayah mana.

Dalam budaya suku Bengali yang mendiami India bagian timur laut, misalnya, teh dinikmati dengan penganan bernama tel bhajas -sejenis bakwan goreng.

Bagaimana dengan Indonesia? Kuliner Indonesia pun juga dapat dicomblangkan dengan beragam jenis teh yang ada. Tak melulu hanya teh panas atau es teh manis saja, lho.

Baca juga: Ternyata Menyeduh Teh Bukan Perkara Sembarangan

Dalam sesi Food Pairing di Jagapati Fun Class yang dihadiri Belanga, Sila Tea House di Bogor memberikan rekomendasi kuliner yang cocok dikawinkan dengan berbagai jenis teh-teh. Simak, yuk!

Lemongrass Black Tea x Lontong Sayur

Racikan teh hitam yang dipadukan dengan serai dan jahe dapat menciptakan rasa hangat.

Kehangatan dan kombinasi rempah ini cocok diminum saat pagi hari dengan kombinasi lontong sayur.

White Peony x Keripik Apel

Jenis teh yang mirip dengan teh putih ini menciptakan rasa yang unik, seperti gabungan teh putih dan teh hijau.

Keunikan rasa lembut teh hijau dan aroma bunga yang manis di ujung lidah ini membuatnya cocok diminum di pagi atau sore hari menjelang malam.

Direkomendasikan kamu menikmatinya bersama camilan sehat, seperti keripik apel atau bolu pandan isi pisang.

Silver Needle & Glorious White Tea x Roti Unyil

Teh putih dengan rasa dan aroma yang lembut dan ringan ini memberikan rasa segar, elegan dengan rasa manis dari bunga teh putih.

Jenis teh seperti ini cocok dinikmati dengan kudapan ringan dan tidak terlalu manis seperti muffin, roti unyil, lapis talas, atau biskuit.

Sebaiknya jangan mengonsumsi teh putih dengan makanan bercitarasa tajam atau gurih karena dapat mengalahkan rasa dari teh putih.

Biasanya teh putih menjadi teman untuk makanan pembuka atau penutup.

Prime Green Tea & Lemongrass Green Tea x Sate Kambing

Teh hijau yang memiliki rasa segar dikenal mampu meminimalisir rasa amis dan lengket di mulu akibat makanan berminyak atau seafood.

Bila ditambah sereh akan memberikan rasa citrusy segar yang memberikan efek bersih di mulut. Dapat juga ditambahkan lemon atau jeruk dan madu utuk memperkaya rasa.

Rekomendasi makanan yang cocok diminum bersama jenis teh ini adalah makanan berat dan berminyak, seperti sate kambing, tongseng, nasi goreng seafood, dan makanan berlemak lainnya.

Selain itu, teh ini juga dapat diminum sebagai teman bersantai dan relaksasi karena aromanya yang melegakan.

Golden Needle x Kue Spons

Jenis teh ini sebenarnya termasuk dalam varian teh hitam, hanya saja lebih langka dibanding jenis teh hitam pada umumnya.

Diproses setengah teroksidasi membuatnya memiliki aroma dan rasa unik seperti kayu manis, moka, dan harum hangat yang meninggalkan rasa manis di ujung.

Teh ini cocok dimakan bersama kudapan ringan dengan tekstur lembut atau memiliki rasa cokelat yang tidak terlalu manis, seperti kue spons atau kue kering.

Prime Black Tea, Sinensis Red Tea & Radian Yellow Tea x Nasi Padang

Teh hitam diproses untuk memiliki rasa yang kuah sehingga memiliki warna merah pekat dengan harum rempah dan rasa yang tebal. Teh merah memiliki aroma bunga dan buah.

Keduanya menjadi pembuka yang tepat sebelum menyantap makanan hidangan daging yang berat dan gurih, seperti nasi padang.

Sebagai pencuci mulut, teh kuning menjadi penutup sempurna dengan rasa yang lebih lembut dan aroma manis yang memberikan sensasi segar setelah meminumnya.

Authentic Jasmine Tea x Cemilan Favorit

Perpaduan teh hijau dan melati asli yang segar memberikan efek menenangkan dari aroma lembut bunga melati sehingga cocok menjadi teman pereda stres.

Teh ini juga dapat mengurangi gejala nyeri otot dan sakit kepala karena melati memiliki sifat membantu sirkulasi darah, antivirus dan antibakteri yang mengurangi risiko terkena flu.

Rasa yang unik dan sedikit karamel pada varian ini cocok sebagai teman berisitirahat, sambil menikmati cemilan favorit pilihan sendiri. Mungkin lapis singkong pelangi ini?

Editor: Ellen Kusuma

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *