in

Meneruskan Kuliner Legendaris Pada Generasi Sekarang

Jangan sampai kuliner Indonesia kalah beken di negeri sendiri!

Kecap Bango dari PT Unilever Indonesia Tbk. kembali menghadirkan perhelatan kuliner tahunan Festival Jajanan Bango 2019 pada 16-17 Maret 2019 bertempat di Area Parkir Squash, Gelora Bung Karno, Jakarta. Tahun ini tema yang diangkat adalah “Kelezatan Asli, Lintas Generasi”.

Pembukaan FJB 2019 oleh Hernie Raharja, Suparno, dan Vita Datau. (Foto: Belanga.id)

Festival kuliner ini dibuka Suparno (Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UMKM RI), Vita Datau (Ketua Tim Percepatan Wisata dan Belanja, Kementerian Pariwisata RI), dan Hernie Raharja (Foods Director PT Unilever Indonesia Tbk.).

Dalam sambutannya, Suparno menyebutkan bahwa Kementerian Koperasi dan UMKM (Kemenkop) ingin membantu membuka lapangan pekerjaan dan kesempatan berwirausaha, karena sekarang ini banyak food court yang diisi oleh kuliner mancanegara.

Menurutnya, penting Indonesia menyiapkan industri yang tidak hanya punya wisata, tapi punya rasa juga.

Vita Datau mengamini pernyataan ini. Menurutnya, Festival Jajanan Bango 2019 memiliki satu misi dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), yaitu mendukung 5 makanan nasional Indonesia.

Selain itu, FJB punya tiga peran penting. “Yang pertama adalah melestarikan kuliner yang langka, terutama karena sekarang ini masakan khas Indonesia sulit untuk diturunkan pada generasi milenial.”

Ia melanjutkan bahwa bahwa kegiatan FJB ini dapat mengangkat perekonomian dan menciptakan peluang berupa atraksi wisata kuliner.

“Kuliner tidak bisa cuma digital saja. Jika lidah belum mencobanya berarti hoaks,” pungkas Vita.

Baca juga: 23 Kuliner Juara GO-FOOD 2019 Jabodetabek

Di sisi lain, Hernie menuturkan bahwa Bango memang punya misi sosial untuk melestarikan dan memajukan kuliner Indonesia.

“Caranya dengan membantu mempopulerkan dan menyejahterakan penjaja makanan tradisional dan otentik seperti FJB,” tuturnya.

Tahun ini Bango melihat pentingnya eksistensi dan peranan para penjaja kuliner lintas generasi agar #KelezatanAsli kuliner Indonesia dapat terus diapresiasi dan dinikmati hingga nanti.

“Kami mendedikasikan sebuah area khusus bagi 10 penjaja kuliner lintas generasi yang telah membuktikan tekadnya untuk melanjutkan regeerasi pelestarian kuliner asli Indonesia,” tambah Hernie.

FJB 2019 secara keseluruhan dihadirkan dalam tampilan dan suasana yang lebih segar, seperti Galeri Kelezatan Asli Lintas Generasi dengan berbagai instalasi dan aktivitas yang interaktif.

“Agar dapat lebih dinikmati oleh seluruh pengunjung, terutama generasi muda,” ujar Hernie yang bangga bahwa pecinta kuliner juga turut beregenerasi.

“Ternyata animo dari generasi muda untuk mencari kelezatan asli khas Indonesia kini semakin tinggi.”

Dengan semangat untuk mendorong regenerasi baik pelestari maupun pecinta kuliner, tahun ini FJB menghadirkan tiga penjaja kuliner langka, yaitu Bubur Ase Bu Neh, Sate Kuah Pak H. Diding, dan Cungkring Pak Jumat.

Hernie Raharja, Vita Datu, dan Suparno mencicipi kuliner langka di FJB 2019.(Foto: Belanga.id)

Dalam acara tahun ini sebagai penyelenggara, Bango juga menggelar program “Bango Penerus Warisan Kuliner 2019” untuk kali ketiga.

Program ini berupa kompetisi yang bertujuan membantu para wirausaha kuliner di Indonesia dalam mengembangkan dan mempopulerkan usaha mereka, sekaligus melanjutkan pelestarian warisan kuliner Indonesia.

Baca juga: Kuliner Indonesia Makin Beken Lewat 4 Film Legendaris Ini

Sepanjang bulan April hingga Mei 2019, Bango membuka kesempatan kepada para pengusaha kuliner di seluruh wilayah Indonesia untuk mendaftarkan usaha dan hidangan terbaik mereka melalui website www.peneruskuliner.com.

Setelah proses voting dan penjurian, di akhir kompetisi akan terpilih lima pemenang.

“Kami harap dengan seluruh kejutan istimewa dan fasilitas yang kami hadirkan selama dua hari ini, FJB 2019 dapat menjadi katalisator yang kuat untuk memulai komitmen bersama dalam mendorong regenerasi pelestarian Kelezatan Asli kuliner Indonesia,” tutup Hernie.

Penulis: Ellen Kusuma

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Veteran

Written by Redaksi Belanga

Media kuliner berbasis komunitas, merawat ragam rasa kuliner Indonesia. #BedaRasaSatuIndonesia.

Serbu 7 Makanan Pedas Indonesia ini di Festival Jajanan Bango 2019!

7 Stan Kuliner di FJB 2019 ini Ramainya Kebangetan!