Meal Prep, Solusi Hidup Sehat nan Praktis untuk Kamu yang Sibuk

meal prep
Meal prep (Foto: cleaneatingmag.com)

Hidup sehat nan hemat pasti jadi dambaan setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang, terutama yang sudah bekerja, punya waktu luang untuk memasak sendiri karena rutinitas yang padat.

Kalau kamu termasuk orang yang cukup sibuk untuk menyiapkan masakan sendiri, cobain deh metode meal preparation yang biasa disingkat dengan meal prep atau meal prepping.

Meal prep adalah perancangan menu makanan sehat yang dilakukan dalam satu hari. Menu ini dirancang untuk jangka waktu tertentu, biasanya selama 7 hari.

Setelah menu makanan untuk jangka waktu tertentu tersebut selesai dimasak, selanjutnya ditempatkan ke dalam container atau wadah kedap udara, lalu dibekukan dalam freezer agar tetap segar.

Lho, bukannya membekukan makanan dan menghangatkannya kembali malah bikin tidak sehat, ya?

Justru hal yang sebaliknya, membekukan makanan ketika makanan tersebut dalam keadaan segar akan menjaga makanan itu tetap segar dalam waktu lama. Teknik ini bernama flash freeze.

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa ada beberapa jenis makanan tidak cocok untuk dibekukan. Misalnya kentang mentah, telur rebus, tahu, cream cheese, dan whipped cream.

Ketika ingin disantap, makanan yang sudah disiapkan tinggal dihangatkan menggunakan microwave. Kalau kamu tidak punya microwave, kamu bisa menghangatkannya menggunakan kukusan. Praktis kan?

Kamu pun bisa menghemat waktu dan tenaga karena hanya perlu mempersiapkan bahan makanan dan memasak selama satu kali dalam seminggu.

Meal prep bertujuan untuk membuat menu makanan sehat yang praktis, mudah, dan efisien, namun tetap lezat dan bergizi. Jadi, kamu bisa menghemat waktu, tenaga, dan uang, sekaligus hidup sehat.

Seorang blogger dan author bernama Twelvi Febrina menceritakan pengalamannya yang bisa berhemat dan menabung sebanyak lebih dari 150 juta untuk traveling karena rutin melakukan meal prep. Twelvi telah melakukan meal prep sejak bulan Mei tahun 2015.

Di akun Twitternya, pemilik akun @LadyZwolf ini mengisahkan motivasi awal dia untuk melakukan meal prep, “Pengin makan lebih sehat. Karena kadang makan nggak sehat itu karena lapar. Meal prep make sure banyak makanan sehat pas kelaparan.”

Lebih lanjut Twelvi mengatakan, “Buatku, meal prep bukan diet sih. Soalnya tetep makanan enak berasa. Intinya meal prep ngebantu banget buat jaga asupan nutrisi. Sayur, protein, karbo sehat. Nggak nyiksa sih menurutku. Jangan dianggap diet.”

Pada awal tahun 2015, Twelvi merasa ia terlalu banyak menghabiskan uang untuk makan dan minum di luar. Dalam sebulan, Twelvi bisa menghabiskan sebanyak 4-8 juta hanya untuk makan dan minum.

Twelvi sampai tidak bisa traveling lagi. Padahal, pada tahun 2013, ia masih bisa menabung untuk solo traveling ke Thailand. Sedangkan, pada tahun 2015 saat kariernya semakin menanjak naik, mengapa ia malah tidak punya tabungan?

Twelvi akhirnya menyadari bahwa dulu ia tidak banyak jajan di luar dan lebih banyak menyiapkan masakan sendiri di rumah. Twelvi sadar bahwa makanan memegang peranan penting, tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga ketenangan batin dan keuangan.

Akhirnya Twelvi memutuskan untuk melakukan meal prep. Dengan budget hanya 1 juta rupiah per bulan, ia sudah bisa makan makanan enak dan tentunya sehat. Yang pasti, Twelvi dapat berhemat hingga 4-8 juta per bulan!

Menu yang dirancang Twelvi terdiri dari menu dengan gizi seimbang yang lengkap, yaitu protein (daging sapi, ayam, ikan salmon, telur, udang), sayuran (salad mix, wortel, paprika, brokoli), buah (manga, stroberi, kiwi, alpukat, anggur, blueberry), snack (almond, keju, kacang macadamia), dan bahan memasak lain (butter dan olive oil).

Meal prep sehat

Meal prep sehat (Foto: avantgardevegan.com)

Selain Twelvi, scriptwriter dan author Jenny Jusuf juga mengaku dapat menghemat sebanyak 2 juta karena mempraktikan meal prep.

Meal prep ini gokil juga, ya. Belum ada 2 minggu udah berhasil hemat sejuta lebih. Ternyata duit selama ini larinya makan ke luar tok,” cuit Jenny dalam akun Twitternya, @JennyJusuf.

“Keluar dari supermarket sambil bengong. Belanja tuna, ayam, sirloin, keju, heavy cream, sayur-sayuran, buah, untuk makan 3 hari Cuma abis 217 ribu. Kalo dari dulu meal prep kayaknya sekarang gue udah keliling dunia,” kata Jenny.

Lebih lanjut, ini dia cuitan netizen di Twitter seputar meal prep.

Tertarik untuk mempraktikan meal prep? Ini dia sejumlah tip buat kamu.

1. Rencanakan sesuai kebutuhan

Apakah kamu akan merancang menu untuk satu, dua, atau empat orang? Tentukan juga untuk jangka waktu berapa lama menu meal prep yang akan kamu rancang.

Apakah untuk 3 hari, 7 hari, dan 10 hari; apakah untuk menu makan 3 kali sehari atau hanya menu sarapan dan makan siang? Tentukan sesuai kebutuhanmu.

Untuk pemula, Belanga sarankan kamu lakukan secara bertahap biar tidak “kaget”. Misalnya, rancang menu meal prep sarapan untuk 3 hari, baru setelahnya perlahan-lahan coba rancang menu untuk 3 kali sehari dan menambah jangka waktunya menjadi 7 hari.

2. Menyusun daftar menu

Susun daftar menu dan sesuaikan dengan budget kamu. Misalnya untuk budget 200 ribu seminggu.

Daftar menu ini disusun agar kamu disiplin ketika belanja, tidak tergoda untuk membeli barang-barang lain dan melenceng dari menu yang telah dirancang.

menu mealprep

Menu mealprep (Foto: twelvifebrina.com)

3. Gunakan bahan-bahan sehat

Bagi kamu yang ingin hidup sehat, coba terapkan menu dengan gizi seimbang, seperti cukup karbohrat, protein, dan vitamin, yang bsai diperoleh dari ikan, ayam, daging sapi, sayuran, dan telur.

Coba olah masakan dengan meminimalkan olahan digoreng, atau ganti minyak goreng biasa dengan olive oil. Kurangi penggunaan bumbu penyedap rasa, gula, dan garam.

4. Maksimalkan bahan yang digunakan

Misalnya kamu punya bahan daging ayam, maksimalkan menjadi beragam masakan, misalnya ayam kukus, nasi ayam Hainan, sup, ditumis dengan sayur, dan lain-lain.

Kreasikan bahan-bahan yang kamu punya untuk menjadi lebih dari satu menu masakan.

bahan meal prep

Bahan meal prep (Foto: greatist.com)

5. Tentukan waktu untuk belanja, mempersiapkan bahan, dan memasak

Tentukan waktu kapan kamu belanja bahan-bahan untuk meal prep, misalnya hari Jumat malam kamu merancang menu, lalu hari Sabtu kamu belanja bahan-bahannya.

Setelah itu, tentukan kapan kamu mempersiapkan bahan, yaitu mencuci, mengupas, dan memotong bahan. Misalnya, kamu akan mempersiapkan bahan di hari yang sama kamu belanja, yaitu di hari Sabtu, atau lakukan di hari Minggu sekalian memasak.

Bisa juga kamu belanja, mempersiapkan bahan, dan memasak dalam hari yang sama. Sesuaikan saja dengan kesanggupan kamu dan waktu yang kamu punya, ya.

6. Siapkan wadah dan tempat penyimpanan

Untuk mempermudah, taruh meal prep dengan menu untuk hari berbeda di wadah dengan warna yang berbeda, atau berikan label keterangan pada masing-masing wadah. Kemudian, taruh wadah dalam freezer lemari pendingin.

Perlu diingat, konsep meal prep adalah memasak dengan menu yang sederhana dan efisien. Jadi, jangan sampai kamu menyusahkan diri kamu dengan merancang menu masakan yang ribet dan membutuhkan waktu lama untuk memasaknya.

Happy meal prepping!

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up