in

Makanan Pedas, Favoritnya Lidah Orang Indonesia

Kamu termasuk tim hu-ha pecinta pedas atau nggak, nih?

Apakah kamu pernah mendengar komentar tentang orang Indonesia yang bunyinya, “bukan orang Indonesia kalau tidak suka makanan pedas”. Sejatinya, komentar tersebut betul adanya.

Masyarakat Indonesia memang sudah terbiasa dengan namanya makanan pedas, apapun bentuknya. Berbagai daerah di Indonesia memiliki makanan pedasnya sendiri.

Padang dengan rendang dagingnya yang sudah mendunia. Lombok dengan ayam taliwang. Bali dengan ayam betutu. Bandung dengan seblak. Sebut saja, pasti ada makanan pedas yang jadi favorit.

Penikmat rasa pedas sudah jadi identitas sebagian lidah orang Indonesia. Jadi, tidak aneh rasanya kalau sekarang banyak pihak yang berlomba-lomba menghadirkan rasa pedas untuk menggaet pasar, sobat icip.

Pun bukan sembarang pedas, tapi pedas yang anti mainstream biar diincar banyak orang.

Sebagai contoh, menghadirkan berbagai hidangan dengan level-level pedas yang menggunakan cabai di atas ambang normal. Hu, ha!

Bisa dibilang, awal mula makanan pedas dengan level-level pedas pilihan ini mulai dikenal luas pada 2011 lewat produk Maicih, kripik singkong dengan bumbu yang membuat lidah kepanasan.

Baca juga: Resep Ceker Mercon, Pedasnya Meledak di Mulut

Maicih viral! Laris manis dan sempat sulit didapatkan. Waktu itu distribusinya masih terbatas, sobat icip. Sekarang, sih, sudah tersedia di minimarket dekat rumah.

Di tahun 2018 dan awal 2019 ini fenomena makanan pedas berlevel masih jadi primadona. Seolah tak akan kehabisan penikmat, malah muncul banyak hidangan pedas level-levelan yang baru.

Sebut saja gerai ayam geprek yang hits banget tahun lalu. Kini menu ayam geprek pedas berlevel tersebar hampir di seluruh Indonesia. Mie instan sederhana jadi incaran banyak orang ketika ditempeli dengan embel-embel level pedas luar biasa atau menggunakan cabai ratusan.

Martabak pun tidak ketinggalan tren pedas ini. Sekarang bermunculan gerai martabak yang menyajikan topping sambal yang dilumuri di segala sisi kulit martabak. Duh, bikin kepingin!

Di Instagram, kalau mencari tagar #makananpedas terlihat ada lebih dari 289 ribu postingan, sedangkan untuk tagar #pedasgila mencapai 63,2 ribu kali.

Isinya adalah makanan dengan warna merah membara yang bisa membangkitkan selera, atau orang-orang yang berlomba makan pedas sambil kesulitan berbicara. Pokoknya berbagi kisah makanan pedas yang bikin berhu-ha ria!

Bagaimana dengan kamu, tim hu-ha juga atau bukan, nih?

Editor: Ellen Kusuma

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contributor

Written by AnisaGiovanny

Content AuthorYears Of Membership

Mesin Kopi Ini Seharga Mobil!

Lebih dari 100 Pembicara Ramaikan Ubud Food Festival 2019