5 Kue Artis Paling Terkenal yang Terbukti Ciamik

Bandung makuta green tea cheese
Bandung makuta green tea cheese (Foto: Bandung Makuta)

Bisnis kuliner memang tak ada matinya. Beberapa tahun belakangan, tren yang mewarnai bisnis Indonesia adalah kue artis. Seperti janjian, banyak artis Tanah Air yang kompakan membuka usaha kue di berbagai kota.

Kue-kue ini tersebar di beberapa kota, seperti Medan, Yogyakarta, Bandung, Cirebon, dan Malang. Bisnis tersebut juga melabeli diri sebagai oleh-oleh khas daerah yang alhasil banyak diburu pelancong.

Belanga juga sudah cobain, nih. Berikut kue-kue artis yang ciamik dan dijamin tidak merugi!

 

1. Malang Strudel


Waktu liburan ke Eropa, pasangan selebriti Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar mengaku jatuh cinta dengan strudel. Kue pastry yang berlapis-lapis ini diisi buah.

Konon, strudel ditemukan oleh bangsa Yunani dan Turki. Kue yang awalnya disebut backlava ini populer pada zaman Kekaisaran Hasburg di Austria. Saking populernya, makanan ini jadi sampai ke tangan orang Jerman.

Strudel yang paling terkenal di Eropa adalah yang berisi buah apel. Orang Jerman biasa menyebutnya apfel strudel.

Wisnu pun melihat potensi ini sebagai bisnis kudapan Indonesia. Malang dipilih sebagai pusatnya karena produksi apel berkualitas di kota ini sangat berlimpah.

Toko pertama Strudel Malang buka di Jalan Ardimulyo No. 14 Singosari. Kini sudah ada 7 outlet yang tersebar di kota Malang. Sejak 24 Desember 2014, kue ini menjadi pelopor bisnis kue artis lainnya.

Malang Strudel punya banyak varian rasa. Mulai dari apel, cokelat keju, almond, mangga, keju peach. Ada juga versi premium yakni durian, green tea, karamel, jeruk, dan nanas.

 

2. Jogja Scrummy

A post shared by Jogja Scrummy (@jogjascrummy) on


Yogyakarta merupakan kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan kuliner. Kota Pelajar punya banyak kuliner khas dengan atmosfer yang membuat siapapun ingin pulang.

Dude Herlino jatuh cinta dengan kenangan indah yang tercipta di Yogyakarta. Suami Alyssa Soebandono ini selalu ingin pulang ke Yogyakarta dan mengembangkan bisnis di sana.

Dari situlah aktor sinetron ini membuat Jogja Scrummy dengan tagline ‘Ingat Jogja, ingat Jogja Scrummy’.

Produk unggulannya berupa perpaduan antara puff pastry dan bolu kukus dengan isian manis. Varian rasa scrummy adalah keju, coklat, srikaya, mangga, karamel, dan taro. Tidak ketinggalan Premium Carrot Cake dengan 5 varian rasa, yaitu frozting cheese, keju, cokelat, kacang, dan karamel.

Jogja Scrummy berpusat di kawasan Kaliurang sejak 23 Juni 2016. Kemudian disusul tiga outlet lainnya di Jalan Brigjen Katamso, Jalan Jogonegaran, dan Jalan Laksada Adisucipto.

 

3. Bandung Makuta


Sebelumnya, Bandung sudah terkenal dengan beberapa merek kue. Sebutlah Kartika Sari dan Brownies Amanda.

Kini kue Bandung diramaikan oleh Bandung Makuta yang diasuh Laudya Cinthya Bella, aktris dan model kenamaan Indonesia.

Produk Bandung Makuta lebih beragam. Ada puff pastry, sponge cake, selai, dan krim keju dengan varian rasa.

Menurut Laudya Cinthya Bella, Paris Van Java ini ngangenin dan selalu membuatnya ingin pulang. Kata “ngangenin” ini yang menjadi tagar Bandung Makuta #initehngangenin.

Kue yang jadi incaran pelancong kekinian ini punya beragam rasa. Ada blueberry, keju, karamel, lemon, cokelat, dan ekstra keju. Ada juga Makuta Gold Series dengan rasa cokelat keju, peuyeum keju, dan green tea keju.

Sejak launching pertama, Bandung Makuta selalu laris manis dan ludes. Antriannya sangat panjang saking ramainya. Bisnis kue ini sudah memiliki empat cabang, yaitu di Jalan Van Deventer, Jalan Aruna, Paskal, dan Pasteur.

4. Medan Napoleon


Pecinta durian wajib datang ke ibu kota Sumatera Utara ini. Sebab, durian asal Medan sangat legendaris dengan beragam hasil olahan.

Irwansyah, artis yang melejit lewat film Heart (2006), adalah pecinta durian. Pada soft launching Medan Napoleon tanggal 18 September 2016, Irwansyah mengatakan bahwa motivasi bisnis kuenya adalah durian Medan.

Medan Napoleon merupakan kombinasi dari napoleon cake asal Prancis dengan bolu gulung Medan. Kue Prancis tersebut terdiri dari tiga lapis pastry bertekstur renyah.

Medan Napoleon memiliki tiga lapis pastry yang dioles dengan selai berbagai rasa. Lapisan ini kemudian dibalut dengan bolu yang lembut serta diberi aneka topping. Varian rasa yang biasa dipilih adalah durian, keju, tiramisu, cokelat, red velvet, green tea, dan karamel.

Sejak buka toko di Jalan Wahid Hasyim, Medan Napoleon langsung ramai oleh wisatawan Medan. Renyahnya pastry berpadu dengan kelembutan bolu, siapa yang bisa tahan?

5. Cirebon Kelana


Siapa yang tak kenal Cirebon. Kota ini membidani nasi jamblang, nasi lengko hingga tahu gejrot.

Cirebon Kelana milik Ussy Sulistiowaty ini ikut meramaikan deretan kue artis sebagai oleh-oleh khas Cirebon. Nama Cirebon Kelana sendiri diambil dari kesenian Tari Kelana yang berasal dari Kota Udang tersebut.

Ussy terjun dalam usaha ini setelah melihat potensi Cirebon sebagai kota wisata kuliner. Terutama sejak peresmian Tol Cipali, Cirebon semakin ramai oleh wisatawan yang berkunjung untuk refreshing dan mencicipi kuliner.

Cirebon Kelana memproduksi sponge cake dua lapis yang bagian tengahnya diberi puff pastry. Kue ini juga diberi topping yang disesuaikan dengan varian rasanya. Yakni gedong kaya, cokelat, keju, cokelat vanila, red velvet, durian, dan green tea kacang merah.

Kue ini dapat diperoleh di outlet yang terletak di Jalan Siliwangi dan Stasiun Kereta api di Cirebon.

Nah, kamu sudah coba lima kue artis di atas? Atau mungkin kamu ada rekomenadasi kue artis yang worth-it dan wajib dicoba? Share sama Belanga yuk!

Suka? Vote Artikel Ini!

1 2
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up