Landar Pedas Gurih, Kuliner Laut Desa Permis dan Rajik

Desa Rajik merupakan salah satu desa yang ada di wilayah kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Terletak di wilayah pesisir pantai menjadikan desa ini memiliki berbagai kuliner laut yang khas, salah satunya adalah Landar. Landar merupakan hewan laut yang sering disebut Teripang atau timun laut.

Keunikan dari kuliner ini adalah dari cara mendapatkan dan mengelolanya menjadi makanan nikmat yang menjadi favorit warga masyarakat Permis dan Rajik. Landar (nama khas untuk Teripang di daerah Permis, Rajik) hanya dapat ditemukan pada bulan-bulan tertentu pada saat air laut sedang mengalami surut, biasanya hanya bisa ditemukan setahun sekali pada bulan April atau Juni.

Biasanya jika sudah tiba musim ngelandar (menangkap Landar) maka masyarakat Permis dan Rajik akan berbondong-bondong datang ke pantai untuk menangkap Landar, mulai dari anak-anak hingga dewasa semuanya akan ikut melakukan aktivitas ini.

Cara menangkapnya pun unik, saat turun ke laut dengan kondisi air laut surut, kita bisa berjalan sambil merasakan dengan kaki kita benda-benda yang sekiranya lembut dan ukurannya panjang, jika sudah menemukan maka kita bisa menginjak sekaligus menahannya, kemudian menyelam untuk mengambilnya.

Jika sudah berhasil menangkapnya kita bisa mengumpulkannya di wadah yang sudah kita sediakan sebelumnya. Pada saat baru ditemukan ukuran Landar bisa sangat besar dan panjang karena menyerap air laut, tetapi setelah dibelah dan dibersihkan ukurannya akan menyusut menjadi sedang bahkan kecil.

Cara menyajikannya pun cukup unik, berbeda dengan makanan laut lainnya yang bisa dimasak dengan cara digoreng, dibakar, atau direbus, landar tidak bisa disajikan dengan cara tersebut karena tubuh Landar sangat unik dan kebanyakan komposisinya adalah air, sehingga jika digoreng, dibakar, atau direbus Landar akan menyusut dan menjadi air. Jadi cara satu-satunya mengkonsumsi Landar adalah dengan dimakan secara mentah.

Tapi tidak perlu khawatir, untuk menambah kenikmatan saat menyantap Landar kita bisa menambahkan beberapa bumbu tambahan agar rasa Landar menjadi bertambah nikmat dan bercita rasa tinggi. Adapun bumbu tambahan yang bisa disiapkan yaitu bawang merah, cabe rawit, jeruk limau, dan garam secukupnya.

Cara menyajikannya yaitu, potong kecil Landar yang sudah dibersihkan sebelumnya, kemudian masukan semua Landar ke dalam wadah yang sudah disiapkan, iris tipis bawang merah dan cabe rawit, kemudian masukan ke dalam wadah yang sudah berisi Landar, kemudian tambahkan garam secukupnya dan tambahkan perasan air jeruk limau, aduk hingga rata. Landar siap disajikan. Makanan khas daerahku sekaligus makanan kesukaan masyarakat daerahku wilayah Permis dan Rajik.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *