in

Kuliner Liburan 2019

Jeli melihat hari terjepit, optimalkan cuti, ayo berangkat wisata kuliner!

Kesempatan libur nasional tahun depan bakal seru jika diisi dengan aktivitas wisata kuliner. Ini rekomendasi Belanga.

Januari

Ikan, udang, atau cumi bakar bakal sedap dinikmati saat merayakan pergantian tahun. Sekadar bakar sate di halaman rumah pun oke. Menu bakaran memang pas dinikmati sambil begadang.

Pilih ikan berdaging tebal seperti ikan gurame, ikan bawal, ikan baronang, ikan kuwe atau ikan kakap. Hindari ikan berdaging tipis seperti ikan kembung agar tak hancur di panggangan.

Pastikan membeli bahan segar. Bersihkan ikan dan keluarkan isi perutnya. Lumuri dengan jeruk nipis dan diamkan sekitar 30 menit sebelum membakarnya dengan bumbu.

Februari

Hari Raya Imlek jatuh pada hari Selasa, 5 Februari 2019. Kuliner khas hari raya ini ialah kue keranjang.

Buat yang niat menikmati suasana imlek di luar kota, jangan lupa minta cuti di hari Senin agar periode liburan kamu bisa dimulai sejak Sabtu.

Beberapa destinasi wisata kuliner imlek di Indonesia antara lain Singkawang, Medan, Surabaya, Semarang, dan Tangerang.

Maret

Hari Raya Nyepi jatuh pada hari Kamis, 7 Maret 2018. Lumayan dapat long weekend jika bisa cuti Jumat.

Kalau sempat, nikmati jajanan pulung nyepi yang umum disajikan di hari raya ini. Terbuat dari tepung beras dan kanji, jajanan ini mirip kolak biji salak.

April

Peringatan Isra Mi’raj umumnya diwarnai tradisi perayaan lokal yang juga menampilkan kuliner khas. Di Cirebon misalnya, Nasi Bogana menjadi kuliner khas yang ada dalam perayaan Rajaban.

Sajian ini memang menu istimewa khas 4 Keraton yang ada di Cirebon yaitu Keraton Kesepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kaprabonan dan Keraton Kacirebonan.

Pada hari peringatan Wafatnya Isa Almasih (Jumat Agung), Jumat 19 April, sempatkan juga menikmati Jagung Catemak, kuliner khas di Larantuka.

Mei

Peringatan Hari Buruh 1 Mei jatuh di Rabu. Agak nanggung ya kalau mau piknik ke luar kota. Namun, seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak pengusaha kuliner menawarkan diskon spesial di hari libur ini. Mulai dari kafe di mal, waralaba, sampai kedai kopi artisan.

Juni

Yay, libur panjang lebaran! Saatnya menikmati kuliner kampung halaman yang bikin kangen di perantauan.

Konektivitas yang makin mulus dari Jakarta ke kota-kota lain di Jawa juga bisa dimanfaatkan untuk jelajah kuliner. Asal perkirakan waktu dengan tepat ya.

Panduan wisata kuliner trans jawa yang diterbitkan Kementerian Perhubungan bisa jadi referensi. Klik di sini: Wisata Kuliner Kemenhub

Juli

Usai libur panjang Lebaran, bulan Juli enggak kebagian tanggal merah selain hari Minggu. Ya sudah, waktunya bereksplorasi di dapur sendiri. Mungkin mau mencoba beragam resep sate khas Indonesia?

Baca:
– Resep Sate Lilit Bali

Agustus

Semerbak olahan daging kambing dan sapi umumnya mewarnai perayaan Idul Adha. Jangan lupa tips penting saat mengolah daging kambing agar tak berbau. Ada yang merebusnya bersama lobak, atau cuka. Ada juga yang menggunakan tetesan jeruk nipis. Bahkan ada yang merebusnya bersama arang.

September

Nikmati bubur suro saat perayaan Tahun Baru Islam 1441H sebagai simbol rasa syukur. Bubur yang terbuat dari beras dan santan ini terasa asin dan sedikit pedas karena ditambahi garam, jahe, dan sereh.

Di atas bubur suro, ditaburi tujuh jenis kacang antara lain kacang tanah, kacang kedelai dan kacang merah, serpihan jeruk balik, bulir buah delima, ketimun, serta daun kemangi.

Oktober

Tak ada libur di hari kerja pada bulan ini. Nikmati akhir pekan dengan mengunjungi kedai kopi lokal artisan. Apalagi, negara kita punya banyak ragam kopi. Beda-beda kopinya, satu Indonesia.

Beberapa favorit Belanga yang bisa dicoba antara lain Titik Temu di bilangan Senopati, Kopi Tuli di kawasan Duren Tiga, atau Third Wave Coffee di Bogor.

Tapi, itu buat yang di Jakarta dan Bogor ya. Kalau di kotamu, adakah kedai kopi lokal artisan yang kamu suka? Tulis di kolom komentar.

November

Hari Maulid Nabi Muhammad SAW pada Sabtu bisa kamu manfaatkan untuk ikut serta dalam keriaan tradisi lokal. Misalnya, ikutan grebek maulid di Yogyakarta.

Upacara Grebeg berawal dengan parade prajurit keraton dengan Gunungan berisi tumpukan makanan, yang pada akhir acara dibagikan ke masyarakat, biasanya disebut ngalap berkah. Ada kepercayaan akan mendapatkan berkah dari makanan tersebut.

Desember

Hari Natal yang jatuh pada Rabu, bisa jadi awal liburan panjang akhir tahun. Ragam kuliner khas Natal di berbagai daerah juga layak dicoba.

Manado punya paniki, babi putar, ayam rica-rica, dan kalpertaart. Di Papua, tradisi bakar batu masih dilakukan di banyak desa. Sementara di Medan, ada tradisi Marbinda, alias menyembelih hewan ternak bersama-sama. Di Toraja, Natal dirayakan dengan menyembelih kerbau belang.

Macam-macam tradisinya, satu Indonesia.

Editor: Sica Harum

What do you think?

2 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Veteran

Written by Redaksi Belanga

Media kuliner berbasis komunitas, merawat ragam rasa kuliner Indonesia. #BedaRasaSatuIndonesia.

Third Wave Coffee, Kopi Manis di Tengah Gerimis

Tren Kuliner 2018, Antara Level Pedas dan Salted Egg