in

Kue Rintak Khas Bangka

Kue rintak lebih enak disajikan bersama teh panas dan kopi panas karena teksturnya yang mudah larut.

Kue rintak merupakan kue kering tradisional daerah Bangka yang berbahan tepung sagu, terigu, santan, gula pasir, gula aren, garam dan telur. Kue rintak bentuknya seperti bunga yang memiliki lima kelopak.

Kue rintak memiliki tekstur yang keras dan kering, tapi kue rintak sangat mudah sekali larut ke dalam air, karena hal ini kue rintak enak dimakan bersamaan dengan teh panas atau kopi panas. Rasa kue ini dominan dengan rasa santan dan gula yang manis.

Kue rintak dahulu sering ditemui pada perayaan adat, perayaan hari raya, dan kegiatan Nganggung (kegiatan adat Bangka).\

Pada saat perayaan adat dan hari raya kue rintak di letakkan didalam toples yang disajikan untuk tamu yang datang, sedangkan di saat Nganggung kue rintak di letakkan di dalam talam (wadah tradisional Bangka) untuk disajikan sebagai salah satu hidangan acara.

Sejak kecil kue rintak sangat terkenal dengan pantunnya yaitu:

Kue rintak di kuali.

Ka dak retak ku lebih kali.

Pantun ini berarti “jika kamu tidak peduli aku lebih tidak peduli”. Pantun yang sering digunakan oleh anak-anak dalam bermain.

Hampir semua permainan ada pantun ini karena pantun ini sangat ampuh pada teman yang berhianat dalam permainan, saat ada yang tidak peduli dengan temannya, teman yang lain menggunakan pantun ini agar yang berkhianat menjadi khawatir.

Bukan hanya pantunnya yang disukai anak-anak, kue rintak pun disukai anak-anak dikarenakan mudah dimakan oleh anak-anak dengan cara di hisap-hisap dan kue rintak pun akan larut di dalam mulut.

Dahulu budaya membuat kue rintak pada saat perayaan hari raya merupakan saat yang menyenangkan.

Anak-anak diajak membantu dalam membuat kue, tapi seringnya hanya disuruh meniup kayu bakar yang digunakan saat memasaknya. Jadi, biasanya anak-anak yang membantu dalam membuat kue rintak jadi bau asap.

Dahulu dalam membuat kue rintak masih menggunakan alat tradisional dan kayu bakar. Namun, zaman sekarang sudah baik dan tidak memerlukan tenaga yang besar dalam membuat kue.

Zaman sekarang kue rintak jarang dibuat di rumah-rumah karena sedikit peminatnya dibandingkan makanan ringan zaman sekarang.

Namun jangan khawatir, kue rintak mudah ditemukan di toko oleh-oleh Bangka daerah Sungailia, Pangkal Pinang, Belinyu dan daerah lainnya di Bangka. Harga kue rintak pun terjangkau dan ekonomis.

Kue rintak ini sebagai saksi bisu perjalanan makanan kering di Bangka dan meramaikan sajian makanan di setiap perayaan di Pulau Bangka

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mendoan Ilang Mendo-ne

Suka Pedas? Yuk Intip Resep Lemea yang Lezat Ini!