10 Kreasi Mie Instan yang Enak dan Unik

Tak selamanya mie instan direbus.

Burger Mie
Burger Mie (Foto: diningcity.cn)

Penggemar mie instan ‘garis keras’ makin kreatif mengolah makanan favorit mereka. Bukan cuma direbus, mie instan tampil dalam bentuk donat dan bakcang.  Ini 10 diantaranya. Mana yang sudah kamu coba?

1. Mie Geprek

Bukan cuma ayam goreng yang bisa digeprek. Mie instan pun bisa digeprek seiring melesatnya tren kuliner pedas berbagai level.  Bermodal cobek raksasa, ratusan cabai, dan mie goreng, sajian mie geprek siap membakar lidah dan perut hingga membuatmu tak bisa kalem!

Pada dasarnya, mie geprek adalah sambal bawang dengan banyak cabai yang dicampur dengan mie goreng. Jika ayam goreng perlu “digeprek” alias ditumbuk hingga hancur, mie geprek tidak perlu menumbuk mie gorengnya. Sajian ini bisa dinikmati dengan beragam lauk seperti ayam goreng, bakso, sosis, dan telur dadar.

Baca juga: Resep Ayam Geprek, Pilih Jumlah Cabai Sendiri dan Nikmati Pedasnya!

2. Mie Carbonara

Mie Carbonara (Foto: Youtube.com/buzzfeedtasty)

Carbonara memang identik dengan pasta, tapi apa salahnya dengan mie? Toh, sama-sama panjang dan nikmat. Sajian ini mempertemukan dua kuliner raksasa, yakni Italia dan Tionghoa.

Carbonara merupakan saus creamy dan gurih yang terbuat dari susu, keju, dan bumbu. Ada cita rasa bawang bombay, bawang putih, dan merica dalam sekali suap. Tak perlu jauh-jauh ke resto nge-hits, mie carbonara bisa dibuat dari dapur rumah. Kunci supaya tekstur mienya tidak lembek, jangan rebus mie instan terlalu lama sebelum dimasak dengan saus carbonara.

3. Pizza Mie

A post shared by クマヨ (@kumanemode) on

Kuliner Italia memang nggak ada matinya. Kali ini, mie instan bisa diolah jadi pizza.

Prinsip pizza mie sama dengan martabak mie. Campur mie instan yang sudah direbus dengan telur dan bumbu. Kocok merata lalu goreng dengan wajan datar. Supaya dasar pizzanya tidak hancur, buatlah dengan perbandingan 1:2 antara mie instan dan telur. Setelah matang, oleskan dengan saus tomat bumbu Italia dan taburan keju, daging iris, dan sebagainya.

4. Sosis Gulung Mie 

A post shared by Natanael (@koh_aming) on

Ini dia salah satu bekal sekolah legendaris. Sosis gulung mie sudah tenar sejak awal 2000-an. Cara menyantapnya yang mudah dengan rasa lezat dan tekstur renyah, sosis gulung mie sukses merebut hati masyarakat Indonesia, terutama anak sekolah.

Untuk sajian ini hanya perlu sosis dan mie instan. Mie direbus seperti biasa dan ditiriskan. Kemudian, sosis yang sudah dipotong ukuran sedang digulung dengan mie. Panaskan minyak dan goreng sosis gulung mie hingga matang. Sajikan dengan saus tomat atau cabai!

5. Lumpia Mie

A post shared by @princess_porky on

Lumpia Semarang biasa diisi dengan ayam suwir dan rebung. Namun, apa jadinya kalau lumpia Semarang diisi mie instan goreng?

Lumpia mie bisa jadi solusi cemilan yang praktis dan cepat. Tinggal buat mie instan seperti biasa, lalu digulung dengan kulit lumpia atau pangsit. Goreng hingga kulit lumpia cokelat keemasan dan sajikan dengan saus. Kamu bisa menambahkan suwiran ayam, telur, sosis, dan bahan-bahan lain agar makin bercita rasa.

Baca juga: Lumpia Semarang, Berawal Dari Kisah Romantis Penuh Cinta

6. Burger Mie

Burger Mie

Burger Mie (Foto: diningcity.cn)

Bayangkan burger favoritmu tidak pakai dua tangkupan roti, tapi mie goreng yang dibentuk bulat.

Burger mie jadi fenomena kreasi mie instan yang tak kalah pasarnya. Dari tua hingga muda, burger mie siap menggoyang lidah dengan sensasi baru. Mie instan bisa menggantikan dua tangkup roti atau isian daging sapi (patty).

Untuk membentuk mie instan jadi bulat, kamu perlu cetakan khusus atau aluminium foil. Rebus mie seperti biasa, lalu tiriskan. Selagi hangat, bentuk mie instan jadi bulat. Panaskan sedikit minyak atau mentega di atas wajan. Goreng mie instan bulat hingga matang.

7. Donat Mie

Zaman sekarang, donat memang tidak identik dengan kudapan manis. Ada donat rasa gurih dengan topping keju atau daging.

Mei 2018, tersebar berita mengenai donat mie yang merupakan kolaborasi antara toko donat lokal dan produsen mie asal Indonesia. Meski begitu, tak usah jauh-jauh menikmati donat mie di Australia. Sebab  tiga bulan sebelum berita itu viral,  Tot.aw, toko online yang fokus pada kreasi mie instan, sudah mempromosikan kreasi baru tersebut.  Pada dasarnya, donat mie adalah mie goreng berbentuk donat yang digoreng dengan tepung panir.

8. Kue Mie 

 

 

 

Sebelum donat, kue mie instan lebih dulu populer. Bayangkan kue ulang tahun yang selama ini berupa black forrest, red velvet, atau tiramisu berubah jadi kue mie instan goreng nan gurih.

Kue kokoh berdiri dua tingkat, dan padat. Mie instan dicetak dengan loyang kue sesuai pesanan. Supaya makin menarik, kue mie diberi aneka topping seperti keju, smoked beef, suwiran cakalang, hingga kornet.

Baca juga: Nggak Cuma Satu, Ada 3 Jenis Nasi Kuning Khas Sumatera!

9. Tahu Rambutan

Tahu Rambutan

Tahu Rambutan (Foto: totalresep.blogspot.com)

Bagaimana menyajikan tahu dan rambutan dalam satu piring? Jawabannya, digoreng!

Ini bukan tahu dan rambutan sungguhan. Tahu rambutan adalah cemilan yang sempat hits 2017 lalu. Bahan dasarnya adalah tahu putih yang diisi telur puyuh, lalu dilapisi mie instan kering. Bentuknya memang seperti rambutan dengan warna keemasan. Nikmat untuk cemilan atau lauk nasi putih.

Kunci agar tahu rambutan tidak rontok adalah goreng dengan minyak banyak. Pastikan minyak sudah panas saat tahu rambutan hendak dimasukkan.

10. Bakcang Mie

Saat perayaan Bakcang Day pada 18 Juni 2018 lalu, muncul variasi bakcang dari mie instan. Bakcang yang biasa diisi nasi diganti jadi mie.  Hasil iseng-iseng @yunitaanwar itu ternyata direspons positif. Jika tertarik, gunakan mie setengah matang saat membuat bakcang, silakan diberi isian sesuai selera. Mulai dari kornet, sosis, atau bahkan daging asap.

Nah, mau coba yang mana?

Suka? Vote Artikel Ini!

3 0
Kaningga Janu Manggarayu
Written by
Penyuka kuliner, sejarah, dan bumbu segar. Berkelana tanpa mengenal arah, pulang ketika merasa lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up