Ketupat Kandangan: Bentuknya Unik, Rasanya Nikmat

Ketupat Kandangan: Bentuknya Unik, Rasanya Nikmat
kredit: detikFood

Ngomongin soal makanan, pasti kalian udah pada nggak asing lagi sama makanan khas dari Kalimantan Selatan. Tidak hanya soto banjar, ada satu lagi nih makanan khas unik dari Kalimantan Selatan yang patut dicoba, yaitu ketupat kandangan.

Nama ketupat mungkin sudah sering kita dengar. Bahkan nama kuliner ini hampir sama di setiap daerah, Namun, setiap daerah memiliki ciri rasa khas unik masing-masing. Ketupat kandangan ini sungguh sangat berbeda dengan ketupat-ketupat lainnya. Buat yang belum tahu apa itu ketupat kandangan. Yuk, kita sama-sama cari tahu di sini!

Ketupat kandangan adalah salah satu kuliner tradisional asal Kandangan, Kalimantan Selatan. Seperti ketupat pada umunya, bahan utama yang digunakan untuk membuat ketupat adalah beras.

Perbedaan ketupat kandangan dengan ketupat lainnya  terletak pada cara penyajiannya. Bila ketupat lainnya rata-rata disajikan dengan ayam sebagai menu pelengkap, maka ketupat kandangan disajikan dengan ikan haruan (gabus) sebagai menu pelengkap. Ikan haruan (gabus) adalah ikan yang banyak terdapat di daerah Kalimantan dan sekitarnya.

Cara memasak ketupat kandangan sama halnya dengan ketupat di tempat lain di Nusantara. Beras dibungkus menggunakan anyaman daun kelapa yang direbus menggunakan air santan kelapa.

Ketupat kandangan disajikan dengan guyuran kuah santan kental, dan sangat lezat jika dihidangkan bersama ikan haruan yang telah dibakar. Sensasi makanan akan lebih lengkap jika dihidangkan dengan telur serta sambal khas, yang pasti rasanya pedas dan gurih.

Ikan haruan berbumbukan garam, kunyit dan cabe merah yang telah dihaluskan kemudian dilumuri ke ikan haruan secara merata. Ikan haruan yang telah dibumbui dimasak dengan cara diasapi (bakar). Kemudian, ikan haruan yang telah dibakar akan dicampur dengan kuah santan yang dimasak dengan bumbu.

Adapun bumbu kuah santan adalah campuran dari lengkuas, jahe, kencur, kemiri, dan bawang putih yang telah dihaluskan. Kemudian bumbu tersebut direbus bersamaan dengan kuah santan hingga mendidih. Biarkan kuah santan mendidih sebentar kemudian masukkan ikan gabus yang sudah dibakar serta masukkan garam dan gula sesuai selera.

Sajikan ketupat kandangan dengan dibelah dua, beri kuah secukupnya, tambahkan ikan haruan di atasnya, tambahkan telur rebus, taburi dengan bawang goreng dan lebih gurih lagi jika ditambahkan dengan sambal. Ketupat kandangan siap dihidangkan.

Uniknya, kebiasaan orang menikmati ketupat kandangan ini harus disantap tanpa sendok, melainkan dengan tangan. Rasanya akan lebih nikmat dan lebih sedap. Sungguh, cara makan yang khas nusantara, bukan?

Kuliner ini dapat dihidangkan untuk makan pagi, siang dan malam. Kuliner satu ini bisa kita temukan di segala penjuru bumi Antasari. Bahkan, di kota-kota lain seperti Balikpapan, Tanjung, Samarinda hingga Yogyakarta, juga terdapat pedagang yang menjual ketupat kandangan.

Menikmati ketupat kandangan di tepian sungai sembari menikmati kehidupan warga di sekitar Sungai Nagara akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Selain kita dapat menikmati ketupat kandangan yang bentuknya unik dan rasanya nikmat kita juga dapat menikmati pemandangan yang indah di sekitar sungai.

Bagi anda yang akan berkunjung ke Kalimantan Selatan, kurang lengkap rasanya bila belum merasakan kuliner yang satu ini.

Cukup sekian pengenalan tentang ketupat kandangan kuliner unik dari Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat dan menambah referensi anda tentang kuliner tradisional di Indonesia. Bahkan bagi anda yang suka memasak silahkan dicoba.

Nah bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba?

Artikel ini disertakan dalam Lomba Menulis Kuliner Juara Kampung Halaman berhadiah belasan juta rupiah ditambah voucher Food Tour dari Good Indonesian Food. Ayo ikutan! Info lebih lanjut, klik banner di bawah ini.

 

 

Suka? Vote Artikel Ini!

2 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up