Keberagaman Rempah dalam Menu Makanan Atlet Asian Games 2018

Keberagaman Rempah dalam Menu Makanan Atlet Asian Games 2018
Rempah dan Menu Asian Games 2018 (Foto: Belanga.id/Anisa)

Kalau nggak makan, nggak akan ada tenaga. Sepenting itulah makanan sebagai faktor kesuksesan para atlet Asian Games 2018 meraih kemenangan di ajang mendatang.

Hari ini, Jumat (10/08) Belanga Indonesia berkesempatan hadir dalam acara Talkshow & Food Tasting “Rempah & Santapan Asia serta Menu Atlet Asian Games 2018” yang merupakan bentuk kolaborasi dari Omar Niode Foundation, Negeri Rempah Foundation, Akademi Kuliner Indonesia, dan Almond Zucchini Cooking Studio.

Dalam acara ini, diungkap beberapa menu makanan yang akan disajikan untuk para atlet Asian Games dan Asian Para Games 2018, yang telah disetujui oleh Olympic Council of Asia sebagai penyelenggaran Asian Games ke-18.

Sebanyak 127 jenis hidangan sarapan dan 142 jenis hidangan makan siang serta makan malam akan disiapkan oleh catering dari PT Gobel Dharma Sarana Karya untuk Asian Games. Sedangkan untuk Asian Para Games, hidangan disiapkan oleh Aerofood ACS – Garuda Indonesia Group.

Syarat utama dari pemilihan menu makanan Asian Games ini adalah makanan dengan protein tinggi, dan kriteria lain seperti kalori, protein, lemak, lemak jenuh, karbohidrat, serat, dan sodium, dengan takaran yang sudah ditentukan pihak penyelenggara. Tak luput juga peringatan alergi seperti gluten, wijen, kacang-kacangan, udang-udangan, ikan, telur, mustard, susu, dan seledri.

Beberapa hidangan yang sengaja disiapkan untuk didokumentasikan media. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan penyelenggara, terpilihlah menu makanan yang akan dihidangkan dalam 9 jenis prasmanan, yaitu hidangan salad, hidangan soup, carving station, hidangan pizzaMakanan Asia Tenggara (Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia), Asia Timur (Cina, Jepang, Korea), Asia Selatan (India dan Pakistan), Asia Barat (Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Uni Emirat Arab), Asia Tengah (Afganistan, Turkmenistan, Kazakhstan, Uzbekistan), dan hidangan internasional. Seluruh menu makanan ini berganti setiap harinya.

Ketua Negeri Rempah Foundation, Kumoratih Kushardjanto mengatakan, “Selain merekatkan persaudaraan melalui olahraga di Asian Games, para olahragawan juga dapat merayakan keberagaman melalui common heritage mereka, yaitu kuliner dengan beragam rempah.”

Sementara itu Heni Pridia dari Akademi Kuliner Indonesia juga menambahkan bahwa melalui makanan, kita dapat mengenal karakter dan budaya dari masing-masing negara peserta. Contohnya makanan Asia Selatan yang memiliki ciri khas rempah jintan dan kunyit, serta penggunaan santan yang pekat, kemudian Asia Timur dengan cita rasa makanan yang lebih ringan, dan kuliner Asia Tenggara yang terkenal memakai banyak rempah.

Selain aneka ragam kuliner tersebut, ada juga prasmanan khusus yang tersedia bagi para atlet selama 24 jam setiap harinya. Mulai dari buah-buahan (apel, pisang, pir, jeruk), es krim (vanila, coklat, stroberi), minuman panas (kopi, kopi tanpa kafein, beragam teh, cokelat panas), minuman lainnya (air mineral, minuman bersoda, dan minuman pengganti), dan jus buah (jeruk, apel, sirsak, mangga, jambu, dan nanas).

Sedikit bocoran, kuliner Indonesia yang akan disantap para atlet Asian Games 2018 mendatang adalah Hidangan Jawa (Nasi Rawon, Nasi Tongseng, Empal Gentong, Bakwan Malang), Sumatra (Pempek), Sulawesi (Kuah Bugis), dan DKI Jakarta (Soto Mi).

Hidangan-hidangan tersebut akan disajikan bersama beberapa sajian pelengkap lainnya. Seperti contoh untuk hidangan Kuah Bugis dari Sulawesi, akan dihidangkan bersama nasi dan dilengkapi dengan menu sayur, yaitu bakwan sayur. Bawang goreng, abon sapi, kerupuk, saus tomat, mayonais, saus sambal, kecap asin, dan kecap manis, juga akan hadir sebagai pelengkap hidangan. Untuk hidangan penutup disediakan buah lokal dan kudapan, yaitu panada dan bakpia.

Menu untuk Asian Para Games pun tidak jauh berbeda dengan atlet lain, dengan ketentuan yang sedikit berbeda yaitu pisang, cracker, dan keju, harus tersedia setiap hari, juga minuman (air mineral, jus buah, dan susu).

Dalam acara ini turut hadir pula dua atlet Asian Games dari Federasi Hockey Indonesia, Abdullah Jihad Al Akbar dan Indi Dwi Kastoro, yang berbagi cerita tentang porsi makan mereka sebagai atlet selama latihan untuk ajang ini.

“Kami biasanya makan tiga kali sehari, sarapan setelah latihan pagi, lalu makan siang dan makan malam. Di sela-sela latihan juga biasanya dikasih snack, seperti roti dan teh manis. Kami butuh banyak makan untuk memperoleh banyak tenaga.”

(kiri-kanan) Amanda Katili (Omar Niode Foundation) memandu bincang-bincang dengan atlet Asian Games Indi Dwi Kastoro dan Abdullah Jihad Al Akbar dari Federasi Hockey Indonesia. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Abdullah Jihad Al Akbar, atau akrab disapa Jihad, juga menambahkan cerita lucu soal makanan, “Dulu kami makannya nasi boks, tapi karena merasa porsinya kurang, akhirnya kami bersama ketua tim mengajukan permohonan kepada pelatih agar makannya diganti prasmanan, supaya bisa makan sepuasnya,” gurau Jihad yang diikuti gelak tawa peserta yang hadir di Almond Zucchini Cooking Studio sore itu.

Talkshow sore ini pun ditutup dengan acara icip-icip kuliner yang akan disajikan untuk para Atlet Asian Games 2018 mendatang.

Kue coklat. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Kue lumpur. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Lumpia sayur. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Kuah bugis. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Buras. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Sayur okra. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Ayam rempah. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Nasi biryani. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Nasi kebuli. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Bihun goreng. (Foto: Belanga.id/Anisa)

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up