in , ,

Jakarta Coffee Week 2019, Surga Para Pecinta Kopi

Jakarta COffee Week 2019 dipadati pengunjung
Jakarta Coffee Week 2019 dipadati pecinta dan pengusaha kopi. (Foto: belanga.id/Mariska)

Kopi tampaknya masih menjadi primadona, bahkan semakin bersinar, terutama bagi kaum muda. Terbukti dari ramainya pengunjung Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2019, yang berlangsung 30 Agustus-1 September 2019 di Ballroom Swissotel PIK Avenue, Jakarta Utara.

Pada tahun keempat penyelenggaraan Jacoweek ini, pengunjung bisa mengunjungi sekitar 120 gerai yang berpartisipasi. Gerai-gerai ini menyediakan segala kebutuhan penikmat maupun penjaja kopi, dari mulai green bean hingga kopi dalam kemasan botol siap minum.

Green bean dari berbagai daerah Nusantara
Green bean coffee dari berbagai daerah di Indonesia diburu pengusaha coffee roastery. (Foto: belanga.id/Mariska)

Bagi yang memiliki usaha coffee roastery (pemanggangan kopi), bisa memilih green bean dari berbagai daerah di Indonesia. Ada kopi dari daerah Aceh, Jambi, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Bali, hingga Papua. Baik kopi jenis arabika maupun robusta, tinggal pilih.

Pengunjung yang baru berniat membuka usaha coffee roastery juga bisa memilih aneka model mesin roasting berkapasitas besar maupun kecil. Bahkan ada yang menjual mesin roasting mini berkapasitas 200 gram saja, lho. Cocok buat kamu yang pengen memanggang kopi sendiri untuk kebutuhan pribadi atau usaha kecil-kecilan. Mesin roasting buatan Indonesia juga mulai banyak peminatnya.

Mesin roasting kecil untuk rumahan
Mesin roasting mini untuk memanggang kopi dalam jumlah sedikit, cocok untuk kebutuhan sehari-hari penikmat maupun pengusaha kopi skala kecil. (Foto: belanga.id/Mariska)

Kopi Berbagai Daerah dan Alat Seduh Lengkap

Punya usaha kopi kecil-kecilan atau sekadar pecinta kopi yang suka mencoba kopi dari berbagai daerah di seluruh dunia, acara ini seperti surga. Mau cari biji kopi yang sudah di-roasting atau sudah digiling dari daerah mana saja ada. 

Tidak hanya kopi dari seluruh nusantara, kamu juga bisa menemukan kopi dari Afrika-tempat ditemukannya tumbuhan kopi pertama kali-seperti Congo, Ethiopia, Rwanda, dan Uganda. Kopi dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, seperti Guatemala, Costa Rica, dan Colombia, juga lengkap di Jacoweek.

Biji kopi dari seluruh dunia ada di Jacoweek
Kopi siap pakai dalam bentuk biji maupun yang sudah digiling dari berbagai daerah di seluruh dunia dijajakan. (Foto: belanga.id/Mariska)

Penikmat kopi yang suka bereksperimen menyeduh kopi dengan berbagai teknik manual juga seperti menemukan surga di Jacoweek. Alat seduh seperti aeropress, chemex, french press, mokapot, syphon, pour over, vietnam drip, dan sebagainya, dari berbagai merk ternama, ada di sini. Begitu juga dengan alat giling, manual maupun elektrik, skala kecil maupun besar.

Baca juga: 8 Metode Seduh Kopi Yang Perlu Kamu Ketahui!

Setiap gerai menawarkan berbagai atraksi untuk menarik minat pengunjung. Ada yang membagi-bagikan kopi yang baru diseduh secara manual dan sample kopi susu aneka rasa, juga memperagakan cara menyeduh kopi dengan berbagai alat seduh manual, seperti aeropress atau pour over.

Kompetisi aeropress di Jacoweek
Kompetisi seduh kopi dengan menggunakan aeropress menarik minat pengunjung. (Foto: belanga.id/Mariska)

Kopi Kekinian Tetap Idola

Berbagai kompetisi, talkshow, coffee cupping, dan atraksi lainnya memanjakan pecinta kopi selama tiga hari Jacoweek digelar. Kopi susu dan kopi hitam dengan teknik cold brew dalam kemasan botol siap minum, yang dijual di beberapa gerai, tampaknya tetap menjadi idola. Terlihat dari banyaknya pengunjung yang antre.

Kopi susu kekinian dalam botol kemasan siap minum.
Salah satu pemain baru yang menjual kopi susu dalam kemasan botol siap minum. Perpaduan kopi susu dan kayu manis memberi rasa berbeda. (Foto: belanga.id/Mariska)

Jakarta Coffee Week tidak melulu berisi kopi dan perlengkapannya. Beberapa gerai teh artisan dan coklat juga ramai dikunjungi. Varian teh dari berbagai daerah di Indonesia dikemas dengan informasi yang hampir sama dengan kopi, seperti daerah asal, ketinggian, sampai rasa. Coklat Nusantara, baik dalam bentuk bubuk untuk berbagai keperluan hingga dalam bentuk batangan yang siap dikunyah, bisa dibawa pulang untuk dinikmati saat hati sedang galau-galaunya.

Baca juga: Wajib Icip, 12 Merk Cokelat Lokal Asli Indonesia

Coklat dari berbagai daerah juga ada di Jacoweek.
Coklat dari berbagai daerah Nusantara tak kalah menggoda. (Foto: belanga.id/Mariska)

Belum sempat mengunjungi Jakarta Coffee Week tahun ini? Mudah-mudahan tahun depan kembali digelar, ya. Jangan sampai ketinggalan lagi, lho!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jakarta Eat Festival 2019

Jakarta Eat Festival 2019, Dukung Kebangkitan Kuliner Indonesia

Memarut wortel

Ajak Anak Ikut Kelas Masak, Dorong Sosialisasi dan Tingkatkan Kemampuan Motorik