Jajanan Es Ini Terkenal Karena Bunyinya yang Unik

Pertama kali mendengar atau membaca nama es dung dung, pikiranmu pasti tertuju pada suara gong kecil yang dibunyikan oleh pedagang keliling.

Namun, sebutan es ini tak hanya dung dung saja, lho. Masyarakat Indonesia juga menyebutnya es mong mong, es tung tung, atau es puter. Untuk sebutan terakhir memang tak ada kaitannya dengan gong kecil, melainkan proses dari pembuatan jajanan es ini.

Es yang sudah dicampur dengan aneka bahan dan perasa dimasukkan pada sebuah tabung lalu diputar-putar. Proses ini berlangsung selama 7-8 jam. Teknik putar-putar inilah yang membuat tekstur es puter jadi lembut dan tetap beku.

Es dung dung berjaya sekitar tahun 1970-1980an. Kala itu, harga es Barat masih tergolong mahal untuk dinikmati masyarakat biasa.

Es krim Indonesia sebetulnya dibawa oleh bangsa Belanda di era kolonial. Es krim dijadikan hidangan penutup atau dessert oleh para tuan dan noni Belanda. Saat itu, es krim adalah sajian mewah dan mahal, sehingga hanya kalangan tertentu yang dapat menikmatinya.

Rasa penasaran akan kelezatan es Barat membuat rakyak Indonesia berinisiatif menciptakan es krim sendiri. Bahan baku yang digunakan cukup sederhana dan murah, yakni santan kelapa. Rasanya tentu beda dengan es krim Barat yang memakai susu, tapi santan punya tekstur yang mirip dan rasa gurih yang tak kalah nikmat.

Es tradisonal berbahan santan inilah yang dikenal sebagai cikal bakal es puter atau es dung dung. Popularitas es tradisional ini juga mengalahkan mahalnya es krim dari Barat.

Es dung dung dibuat dengan bahan dasar santan, sehingga teksturnya sangat khas. Berbeda dengan es krim berbahan dasar susu yang bertekstur lembut, es dung dung bertekstur agak kasar dan lebih mudah hancur.

Ada beragam varian rasa es dung dung seperti cokelat, vanila, durian, nangka, stroberi, dan lain-lain. Rasa manis dan gurihnya santan serasi dengan varian rasa tersebut. Tak heran, tiap varian rasa dari es dung dung pasti istimewa dan unik.

Biasanya, es dung dung disajikan dengan cone renyah berbentuk kerucut atau gelas plastik kecil. Es dung dung juga ditaburi dengan meses dan kacang giling. Terakhir, siraman susu kental manis dibalutkan di atas semua tingkatan bahan tadi. Yummy!

Selain disajikan dengan cone, es dung dung juga disajikan dengan selembar roti tawar. Es dung dung ini sering disebut roti es krim atau sandwich es krim. Tambahan isiannya pun makin beragam, yaitu ketan hitam, potongan nangka, dan sagu mutiara.

Sayangnya, merek-merek es krim baru mulai menggeser popularitas es dung dung. Suara dung dung yang ditabuhkan oleh pedagang es dung dung semakin jarang terdengar.

Meski begitu, kamu tak perlu sedih karena es nikmat ini sudah dijual di supermarket. Atau kamu juga icip-icip di acara khusus seperti arisan, pernikahan, atau khitanan. Serbu!

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *