Logo Balanga

Inspirasi Wisata Kuliner Akhir Pekan: Baywalk Noodle Festival

 Inspirasi Wisata Kuliner Akhir Pekan: Baywalk Noodle Festival

Belum punya agenda untuk menghabiskan akhir pekan? Yuk, datang ke Baywalk Noodle Festival by Tirta Lie di Baywalk Mal Pluit, Jakarta Utara, yang digelar 4-8 Desember 2019.

Festival bakmi ini digagas oleh pegiat kuliner yang juga pakar bakmi, Tirta Lie. Nah, dalam festival mi yang sudah digelar untuk kedelapan kalinya ini, Tirta membawa suasana yang agak berbeda dengan memilih Baywalk Mal sebagai lokasi.

Lokasi pinggir pantai diharapkan dapat membuat para pecinta bakmi menikmati suasana santai di pinggir pantai hingga betah berlama-lama dan menyicipi bakmi-bakmi terenak di festival ini.

Lomba Makan Bakmi Berhadiah Jutaan

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan oleh pengunjung dalam festival ini?

Selain tentunya pilihan makanan lezat, lanjut Tirta, yang paling menarik dalam festival ini adalah perlombaan makan bakmi dengan hadiah jutaan Rupiah. Lomba ini terbuka bagi seluruh peserta cukup dengan membeli satu porsi bakmi jumbo di gerai Ationg seharga Rp50 ribu.

Setelah itu, lakukan pendaftaran ke panitia dan habiskan bakmi jumbo itu dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Total hadiah Rp7,5 juta untuk para pengunjung yang mampu menghabiskan bakmi dengan waktu tercepat.

“Dari hari Rabu sampai Sabtu babak penyisihan nanti 10 peserta tercepat akan dipilih untuk kembali berlomba di babak final yang digelar Minggu. Juara satu akan dapet Rp3,5 juta juara kedua Rp2,5 juta juara ketiga Rp1,5 juta, ” ujar Tirta Lie.

Tirta melanjutkan, festival ini juga akan diisi dengan talkshow yang menampilkan pembicara kompeten di bidangnya. Talkshow ini akan berlangsung pada Sabtu mulai dari siang hingga sore hari. Untuk talkshow ini, Tirta Lie bekerja sama dengan grup motivasi Billionaire Mindset.

Bakmi Terpilih

Tirta merasa optimis event ini mendapat sambutan positif masyarakat, karena bakmi merupakan makanan yang punya banyak penggemar di Jakarta. Untuk itulah, ia membawa 30 gerai bakmi pilihan yang sudah teruji kelezatannya.

“Gerai yang bisa hadir sudah melewati seleksi, yakni harus mengantongi Tirta Lie Approved sebagai bakmi lezat di Jakarta. Kalau tanpa itu tidak bisa ikut,” ujar Tirta Lie di Baywalk Mal Pluit, Jakarta, Rabu (4/12).

Tirta menjelaskan, 30 gerai yang hadir terbagi atas dua zona, yakni halal dan non-halal.

Pada zona halal ada MyAyam Siantar, Laksa Kari by Umaramu, Mipolo by Yenpao dan Mie Pedas yang jadi andalan. Sementara di zona non-halal ada Bakmi Ationg, Bakmi Singkawang A’Ang 51, Mie Babi Jepang Warung Jinbe, dan masih banyak lagi.

Masing-masing gerai tentunya memiliki menu andalannya masing-masing. Kami sempat menyicipi Bakso Goreng dari MyAyam yang rasanya menggugah selera. Mi ayamnya yang khas dari Siantar juga tak kalah lezat dan dijamin halal. Kalau bosan dengan mi, coba cicipi makanan khas Manado di gerai Meimo yang juga hadir dalam festival ini.

Belum puas? Bagi yang bisa menyicipi makanan non-halal, puaskan perut kamu dengan sajian Babi Asap, Nasi Campur khas Pontianak, dan lain-lain.

Harga satu porsi bakmi cukup beragam, mulai dari Rp25 ribu. Selain dengan uang tunai, pembayaran juga bisa dilakukan dengan debit atau e-wallet.

Tirta berharap festival ini dapat membuat semakin banyak pedagang bakmi berkumpul untuk memperoleh pasar. Lebih luas lagi, dengan semakin sering diselenggarakan, semakin banyak pedagang bakmi yang siap berkompetisi dengan jenis kuliner-kuliner lain dari luar Indonesia.

Jadi, sudah siap ajak gebetan makan mi di pinggir pantai?

Editor: Mariska Y. Sebayang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *