Ingin Menerapkan Pola Makan Sehat? Baca Dulu Tipsnya!

Kamu ingin menghindari makanan-makanan tertentu karena alasan kesehatan? Atau ingin kualitas hidup lebih baik dengan menerapkan pola makan yang sehat?

Ini tipsnya.

1. Rancang menu makanan sehat

Buatlah meal plan agar kamu punya perencanaan yang baik dan jelas mengenai pola makan sehatmu.

Dengan adanya meal plan, kamu dapat mengontrol jenis makanan apa saja yang akan kamu makan.

Meal plan juga membantumu merealisasikan goals untuk menghindari makanan-makanan yang tidak sehat.

Rancang meal plan dengan memperhatikan jenis makanan dan kandungan gizi pada makanan tersebut. Penuhi meal plan-mu dengan aneka makanan penuh gizi, seperti buah-buahan, sayuran, ikan salmon, ayam, yoghurt, keju, dan susu.

Kamu dapat membuat meal plan dengan jangka waktu sesuai kebutuhanmu. Meal plan bisa dibuat untuk tiga hari, seminggu, hingga sebulan.

2. Singkirkan Stok Makanan Tak Sehat

Setelah merancang meal plan, pastikan diri kamu benar-benar berkomitmen untuk menjalani pola makan sehat dengan menyingkirkan stok makanan tak sehat yang kamu punya.

Head of Cornell’s University Food and Brand Lab, sekaligus penulis buku “Mindless Eating”, Brian Wansink, menyatakan bahwa kita cenderung akan memakan apa saja yang berada di dekat kita.

Jika di kulkas kita tersedia cake dengan frosting vanila, pasti itu yang akan kita makan. Begitu juga bila kita memenuhi kulkas dengan sayur-sayuran dan buah-buahan.

“When it comes down to it, we’re efficient people. We want something that’s convenient. And if it’s fruit or vegetables that’s a whole lot more convenient than that cake that’s wrapped up in the freezer, guess what’s for snack today? Fruits and vegetables,” kata Wansink, dikutip dari CNN.

Hal yang sama terjadi jika kita punya snack atau permen dalam toples. Meskipun berulang kali kita menahan diri untuk tidak memakan snack dan permen tersebut banyak-banyak, ujung-ujungnya pasti kita akan memakannya juga.

“Something that’s very visible, every time we see it we have to make a decision. Do I want to eat that? Do I not want to eat that? Do I want that candy on my desk, or do I not want it? We can say no 27 times, but if it’s visible, the 28th or 29th time, we start saying, ‘Maybe.’ By time 30, 31, we start saying, ‘What the heck? I’m hungry,’ “ tambahnya.

3. Ganti Cemilan Tinggi Nutrisi

Makan sehat bukan berarti tak boleh ngemil.

Ganti cemilan tak sehat dengan cemilan tinggi nutrisi, seperti buah-buahan segar dan kacang-kacangan.

Buah-buahan dan kacang-kacangan sangat baik bagi tubuh karena kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, protein, dan kandungan lainnya.

Ngemil kacang-kacangan atau buah antara sarapan dan makan siang, yakni jam 10 pagi, lalu pada sore hari.

4. Selalu Stok Makanan Sehat

Selalu stok makanan sehat sesuai dengan yang telah kamu rancang dalam meal plan. Pilih-pilih makanan sehat yang kamu butuhkan dan buat grocery list yang stick to the meal plan ketika berbelanja ke supermarket maupun pasar tradisional.

Itu dia tips menerapkan pola makan sehat dari Belanga. Hal yang terpenting jika kamu ingin menerapkan pola makan sehat dan menghindari makanan-makanan yang kurang sehat adalah niat dan komitmen untuk terus menjalaninya.

Meskipun pada awalnya kemungkinan besar akan terasa berat, tetapi jika sudah terbiasa lama-lama kamu pasti dapat menjadikan makanan sehat sebagai bagian dari keseharianmu.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *