in ,

Indonesia Meraih 1st Runner Up Dalam ASEAN Barista Championship 2019

Meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia tampaknya sejalan dengan meningkatnya keahlian barista di tanah air. Tak heran, tim barista Indonesia berhasil meraih 1st Runner Up dalam ASEAN Barista Championship 2019 di Jakarta, Sabtu (27/7). Kejuaraan tim barista ini adalah yang perdana di Asia Tenggara.

Tim Hungry Bird dari Indonesia berhasil meraih 1st Runner Up dalam ASEAN Barista Championship 2019. (Foto: dok. Javaroma)

Tim Hungry Bird dari Indonesia berhasil meraih 1st Runner Up setelah dikalahkan oleh tim SG Expendables dari Singapura dalam sesi grand final yang berlangsung sengit. Sang juara memenangkan hadiah utama senilai 10,000 Dollar AS.

Sesi grand final awalnya berakhir dalam keadaan berimbang, sehingga harus dilakukan sesi pengulangan. Dalam pengulangan tersebut, kedua tim harus menyajikan tujuh gelas kopi dalam waktu lima menit. Tim Singapura berhasil memenangkan pertandingan ini sekaligus merebut gelar Juara Tim Barista ASEAN. Peringkat 2nd Runner Up diraih oleh tim First Officer dari Thailand. Sedangkan posisi 3rd Runner Up diraih oleh tim Coffeeholic 4 dari Malaysia.

Kejuaraan tim barista perdana di Asia Tenggara diikuti oleh 64 barista dari tujuh negara. (Foto: dok. Javaroma)

Kejuaraan bertajuk JAVAROMA ASEAN Barista Team Championship 2019 ini berlangsung bersama dengan digelarnya ekspo makanan dan minuman Food & Hotel Indonesia 2019. Sebanyak 64 barista andal dari 15 tim, yang berasal dari tujuh negara, bersaing seru memperebutkan gelar juara utama.

Berlangsung selama dua hari, kejuaraan barista ini dihadiri oleh Deputy Secretary General ASEAN Secretariat Dr. AKP Mochtan. Walau baru pertama kali diadakan, kejuaraan barista ini sudah berhasil menarik perhatian lebih dari 1.000 pengunjung.

Kemampuan para barista menggambarkan kualitas layanan istimewa di lingkungan kafe mereka. (Foto: dok. Javaroma)

Presiden ASEAN Coffee Federation (ACF) Victor Mah memberi selamat dan memuji tim pemenang atas usaha terbaik mereka. Menurut Mah, kejuaraan ini membuktikan betapa pentingnya peningkatan keahlian dan keterampilan para barista di Asia Tenggara. Kemampuan mereka juga menggambarkan kualitas layanan yang istimewa di lingkungan kafe tempat mereka bekerja.

Kompetisi barista ini merupakan awal dari seri kejuaraan Tim Barista ASEAN yang diharapkan menjadi acara tahunan yang akan diselenggarakan oleh AFC. Executive Director ACF Steven Tan menyebutkan, sebagai kejuaraan perdana acara ini berakhir dengan spektakuler bagi kalangan barista dan perkopian di Asia Tenggara. Semoga dengan diadakannya ajang ini setiap tahun, kualitas barista di Asia Tenggara pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya akan terus meningkat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Expert

Written by Redaksi Belanga

Media kuliner berbasis komunitas, merawat ragam rasa kuliner Indonesia. #BedaRasaSatuIndonesia.

Salah Kaprah, Tumpeng Itu Harusnya Tidak Dipotong!

Kampoeng Legenda 2019

80 Kuliner Legendaris Indonesia Hadir di Kampoeng Legenda Jakarta