Logo Balanga

Garang Asem

 Garang Asem

Banyak sekali kuliner legenda asal kota Ponorogo yang kelezatannya sudah sangat dikenal khalayak luas, salah satunya adalah garang asem ngasinan.

Pada umumnya, semua orang Jawa sudah familier dengan kuliner garang asem. Hal yang membedakan garang asem ngasinan dengan lainnya adalah rasanya yang super pedas.

Pada hidangan khas kota Ponorogo ini ada sekitar 10-20 cabai rawit utuh tanpa diiris. Ngasinan sendiri adalah sebuah desa tepatnya kurang lebih 10 km ke arah selatan dari kota Ponorogo.

Di desa ini ada sebuah warung makan Bu Parti yang setiap harinya menyajikan olahan garang asem yang sangat digemari oleh masyarakat.

Tidak hanya masyarakat sekitar yang ketagihan menikmati kuliner pedas ini, tapi makanan ini juga digemari oleh para pejabat daerah setempat, artis daerah, bahkan para pejabat tinggi negeri ini pernah menyempatkan diri untuk mencicipinya.

Diantaranya adalah Presiden Jokowi, beliau beserta para rombongan, seperti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Pramono Anung pernah menyempatkan diri untuk mencicipi garang asem ngasinan dalam kunjungannya ke Ponorogo.

Satu porsi garang asem ngasinan terdiri dari daging ayam yang diolah sangat lembut sekali sehingga akan mudah mudah dimakan dan dinikmati.

Daging ayamnya mempunyai cita rasa gurih yang dibaluri dengan kuah garang asem memiliki rasa asam ditambah pedasnya puluhan cabai rawit akan menimbulkan berbagai sensasi kenikmatan di mulut.

Lebih istimewanya lagi karena garang asem ngasinan dibungkus dengan daun pisang sehingga menambah aromanya lebih khas. Satu porsi garang asem bisa kita nikmati dengan seporsi nasi putih dan berbagai lauk-pauk seperti tusukan telur, usus ayam, hati ayam, kerupuk, dan lain sebagainya.

Sebagai minuman pendamping, di warung Bu Parti disediakan minuman yang juga khas dari kota Reog, yaitu es parem.

Perlu diketahui untuk biaya hidup di Ponorogo lebih murah dibandingkan dengan kota Jawa Timur lainnya. Maka dari itu dengan kisaran uang Rp15.000, Anda sudah bisa menikmati kuliner garang asem ngasinan super pedas ini.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *