in

Es Selendang Mayang

Kemarin siang, lewat depan rumah abang gerobak pikulan penjual es selendang mayang. Langsung saya panggil dan membelinya.

Saya ambil mangkok dan meminta si abang penjual untuk memisahkan semua bahan, sebelum dimakan saya foto dulu.. ????

Seketika memori jaman kecil terlintas #JadiKangenIbu.

Ibu yang mengenalkan kuliner khas Betawi ini. jaman saya kecil saya suka diajak kondangan (undangan ke tempat resepsi) oleh ibu.

Di daerah tempat kami tinggal masih banyak penduduk asli Betawi, setiap ada acara atau resepsi es selendang mayang ini hampir selalu ada. Istilahnya menu wajib…

Setelah bersalaman dengan kedua mempelai, bukan nasi yang ibu cari, tapi es selendang mayang ini lah yang pertama kali di ambil.

(baca juga : Es Dawet Ayu dan Tempe Mendoan yang Selalu Membuatku Jadi Kangen Ibu)

Sebenarnya membuat es selendang mayang juga tidak terlalu sulit, bahan utamanya terbuat dari tepung beras yang sudah dimasak lalu dicampur dengan pewarna berwarna merah dan juga hijau secara terpisah, dimasukkan ke dalam loyang lalu didinginkan.

Setelah dingin, dipotong-potong dengan ukuran yang kecil-kecil untuk disajikan di dalam mangkuk kecil, lalu dicampur dengan air santan dan air gula merah.

Penyajiannya ditambah es batu agar segar dinikmati ????

Meskipun sudah banyak orang yang bisa membuatnya, tetap saja saat ini sudah sangat sulit ditemukan penjual es selendang mayang.

Ahh.. #JadiKangenIbu (Vitrea)

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Veteran

Written by Redaksi Belanga

Media kuliner berbasis komunitas, merawat ragam rasa kuliner Indonesia. #BedaRasaSatuIndonesia.

Kue Cucur Khas Bengkulu Buatan Ibu

Rindu Ikan Kembung Kuah Kuning Buatan Ibu