in , , ,

Diet yang Baik Dimulai dari Mengenali Diri Sendiri

Tubuh proporsional dan sehat tentu jadi dambaan semua orang dan cara yang dianggap paling efektif dalam meraihnya adalah dengan melakukan diet.

Apalagi sekarang dengan banyaknya jenis diet yang berkembang dan tersebar luas di jagat maya, masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk konsultasi terlebih dulu.

Beberapa diet yang cukup populer adalah diet keto, diet mayo, diet paleo, diet OCD, diet Atkins, diet mediterania hingga diet 5:2. Semua diet tersebut bisa diakses secara lengkap di internet, dari mulai pengertian, menu makanan, cara diet, manfaat hingga keburukannya.

Namun, pernahkan kita mencoba diet diatas dan tidak mendapatkan hasil sesuai keinginan, malah memperburuk kesehatan ? 

Diet Mengubah Pola Hidup

Jika iya, bisa jadi diet yang dicoba bukanlah diet yang cocok bagi tubuh kita. Karena diet adalah sesuatu yang sifatnya personal, sukses pada orang lain belum tentu akan sukses di kita.

“Diet tiap orang itu berbeda. Yang paling penting sebelum melakukan diet itu kenali diri sendiri dulu. Karena diet itu bukan cuma ngurusin badan, “ jelas Ahli Gizi Emilia Achmadi saat mengisi sesi talkshow Jakarta Eat Festival 2019, di Jakarta, akhir Agustus lalu.

Gwen Winarno dan Emilia Achmadi
Gwen Winarno dan Emilia Achmadi saat mengisi sesi talkshow tentang diet di Jakarta Eat Festival 2019. (Foto: belanga.id/Anisa Giovanny)

Diet pada hakikatnya adalah soal mengubah pola hidup jadi lebih baik dan lebih sehat. Bisa untuk menaikkan berat badan, untuk kesehatan atau sebuah pantangan jika memiliki penyakit tertentu.

Tip yang harus dilakukan pertama saat memutuskan untuk berdiet menurut Emilia adalah harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu, lihat masalah dan tujuan yang ingin dicapai.

“Ketika ada diet yang ekstrem atau harus mengeliminasi salah satu jenis kebutuhan tubuh, lebih baik tinggalkan. Karena kita itu butuh semuanya, karbo, protein, lemak kita harus konsumsi itu. Hanya saja cara dan jenisnya berbeda,“ jelas Emilia.

Makanan Alami Yang Terbaik

Certified Health Coach Gwen Winarno saat mengisi acara yang sama  turut menambahkan tip-tip diet yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mengurangi konsumsi makanan dari luar, makanan yang sudah berproses dan konsumsilah makanan utuh yang belum ada campuran pewarna, pengawet, dan perasa. “Kalau bisa makan yang alami, karena itu akan lebih baik,“ katanya.

Selain itu, saat memulai diet usahakan juga memiliki catatan yang isinya adalah data makanan yang kita konsumsi setiap hari. Ini berguna untuk mengontrol makanan yang masuk ke tubuh, ketika ada masalah di pencernaan atau keluhan lain saat diet. Kita pun bisa mengecek makanan apa saja yang mungkin jadi penyebabnya.

Kesehatan itu tergantung dari apa yang kita makan. Jadi kalau punya catatan, kita bisa lihat reaksinya baik fisik dan emosional. Ini juga cara yang bagus buat mengenal diri sendiri, “ ujar Gwen.

Diet memang butuh kesabaran dan kedisiplinan. Informasi yang memadai pun dibutuhkan agar tidak salah langkah. Jika informasi di internet terlalu banyak dan membingungkan, tidak ada salahnya pergi ke ahli gizi yang akan membantu Anda menganalisa menu diet yang baik dan bisa dijalani. Dengan demikian bukan hanya dapat tubuh yang diidamkan tapi juga kesehatan yang bermanfaat hingga masa mendatang.

Editor: Mariska Y. Sebayang

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contributor

Written by AnisaGiovanny

Content AuthorYears Of Membership
Chef Antoine Audran

Curhat Chef Michelin Star: Masakan Indonesia Kompleks dan Sulit

Potensi kuliner Indonesia

Intip Potensi Kuliner dalam Negeri, Menjanjikan Tapi …