in ,

Daftar Superfood yang Mudah Ditemui di Indonesia!

Makanan sederhana tapi manfaatnya selangit!

Bukan hanya manusia saja yang bisa dijuluki sebagai manusia super dengan beragam kekuatan, ternyata makanan juga ada yang super. Namanya superfood, yaitu makanan yang bernutrisi tinggi dan bagus buat tubuh.

Baca juga: Ingin Menerapkan Pola Makan Sehat? Baca Dulu Tipsnya!

Tak seperti julukannya yang terdengar eksklusif, superfood banyak terdapat dalam sumber makanan nabati yang mudah kita temui sehari-hari.

Kamu pasti sudah familiar dengan daftar superfood berikut ini!

1. Sukun

Siapa yang sangka kalau buah yang disebut breadfruit ini digadang-gadang mampu menjadi sumber energi di masa depan?

Dilansir dari USA Today, satu buah sukun ukuran besar bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat sampai 5 orang sekaligus.

Selain kandungan karbohidrat yang tinggi, sukun juga kaya protein, serat, antioksidan, vitamin, kalsium, zat besi, potasium, dan mineral. Pantas saja sukun masuk dalam daftar superfood.

Sukun biasanya disajikan dengan dikukus atau digoreng, dan paling enak dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat.

2. Tauge

Biar mungil, sayuran ini memiliki nutrisi berlipat ganda. Tauge memiliki kandungan mineral, sepert kalium, zat besi, kalsium, dan protein yang tinggi.

Tauge juga merupakan sumber dari vitamin B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin) dan vitamin C.

Bahan makanan yang satu ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk menyerap nutrisi.

Mengonsumsi tauge secara teratur dapat menyehatkan kulit, mencegah kerontokan rambut, sampai membantu menurunkan berat badan.

3. Telur

Bahan makanan yang universal dan serba guna satu ini memang kaya protein, mineral, dan vitamin.

Baca juga: 7 Resep Telur Ini Bikin Kamu Ga Bosan Sama Si Penguasa Kulkas

Telur mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh, vitamin K, vitamin B12, dan vitamin D yang mampu menjaga tulang agar tetap kuat.

Ia juga mengandung antioksidan lutein dan zeanxanthin yang mampu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

Semua manfaat baik dari telur ini bisa didapatkan dengan mengonsumsinya paling tidak dua-tiga porsi dalam seminggu.

4. Bawang putih

Saudara bawang merah ini memilki manfaat luar biasa bagi tubuh. Mengonsumsinya dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dan mengendalikan tekanan darah.

Bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan mempromosikan pertumbuhan sel darah putih yang berperan penting sebagai pelawan alami bagi kuman.

Kandungan antioksidan dalam bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif.

Bawang putih juga kaya alicin, yaitu senyawa aktif yang berfungsi sebagai antivirus paling ampuh  untuk membunuh berbagai organisme yang menyebabkan radang dan flu.

5. Ubi ungu

Dari kulit sampai dagingnya, ubi ungu punya manfaat yang baik untuk tubuh. Menyajikannya pun tidak susah, bisa direbus saja atau digoreng tepung.

Dalam kulit ubi ungu terdapat antosianin yang berperan dalam menurunkan kadar gula dari pasien diabetes.

Zat antosianin yang membuat ubi ini berwarna ungu dapat mendorong sel tubuh lebih aktif membaca sinyal untuk menyerap glukosa lebih banyak.

Selain itu, ubi ungu mengandung zat tepung yang mampu merangsang tubuh memproduksi kolagen.

Ia juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin B1, vitaim B6, potasium, fosfor, asam pantotenat, dan lain-lain.

Mengonsumsi ubi ungu secara optimal dapat melancarkan pencernaan, peredaran darah hingga menyehatkan jantung.

6. Manggis

Kalau durian dijuluki raja buah, maka manggis adalah ratunya. Kandungan vitamin dan mineral pada buah dan kulit manggis yang membuatnya masuk daftar superfood.

Khasiat komoditi ekspor andalan Indonesia ini berasal dari senyawa alami polifenol yang dikenal sebagai xanthones, yakni alpha dan gamma.

Keduanya merupakan kandungan paling efektif untuk memperbaiki sel-sel rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan, kerusakan fisik, dan mental.

Kandungan yang terdapat pada buah manggis dan kulit manggis kini bisa dikonsumsi lewat sirup ekstrak kulit manggis yang sudah banyak beredar di pasaran.

Manggis juga memilki antioksidan catechin yang ditemukan dalam teh hijau dan kaya vitamin C.

7. Ketan hitam

Ada yang suka makan bubur ketan hitam? Rasanya yang legit membuat ketan hitam mudah disukai oleh orang banyak, apalagi memakannya bersamaan dengan kuah santan yang gurih.

Di dunia ini ada dua jenis ketan hitam, yang satu berasal dari Indonesia dan satu lagi dari Thailand.

Keduanya sama-sama bernutrisi tinggi. Ketan hitam mengandung antioksidan antosianin 6 kali lipat lebih tinggi daripada beras cokelat atau putih.

Antosianin, seperti yang dikandung ubi ungu, dikenal baik dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung.

Dalam ketan hitam pun terdapat zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan bisa mengurangi risiko anemia.

Tak hanya bisa dirasakan manfaatnya dalam bentuk makanan, ketan hitam yang sudah ditumbuk bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk menyehatkan kulit wajah.

Nah. dari daftar superfood ini yang paling sering kamu konsumsi, sobat icip?

Editor: Ellen Kusuma

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enthusiast

Written by AnisaGiovanny

Content Author

Pasar Petani Kota Ajak yang Urban Bercocok Tanam

Soto Lamongan, Segar di Mulut Enak di Lidah