Minuman dingin memang menyegarkan, tapi tak selalu baik untuk buka puasa. (Foto: Sica Harum - Belanga.id)
in

Buka Puasa, Hindari Sajian Ini

Dari daftar makanan dan minuman yang dilarang untuk langsung disantap ini, ada yang jadi favorit kamu gak?

Bulan puasa mengajarkan kita melatih kesabaran. Termasuk sabar saat bedug Maghrib terdengar. Lambung yang beristirahat sekitar 14 jam saat puasa bisa kaget dengan asupan makanan dan minuman ini. Akibatnya, bisa mual, perut sakit, bahkan diare.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini yang sebaiknya dihindari saat buka puasa.

1. Minuman dingin

Minuman dingin memang menyegarkan, tapi tak selalu baik untuk buka puasa.
(Foto: Sica Harum – Belanga.id)

Siapa sih yang gak suka minum minuman dingin setelah seharian menahan haus berpuasa? Sayangnya, minuman dingin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Minuman dingin memiliki suhu yang terlalu rendah sehingga dapat membuat stres pada organ mulut dan tenggorokan. Akibatnya akan ada peningkatan risiko terjadinya infeksi.

Minuman dingin juga bisa membuat metabolisme dan sistem pencernaan lamban.

2. Camilan tinggi gula

Yang manis gak selalu bikin hidup terasa manis. Justru, makanan manis yang memiliki kandungan gula tinggi wajib untuk dihindari sebagai santapan berbuka puasa.

Cokelat, permen sebaiknya disampingkan dari meja saat buka puasa. Selain bisa bikin gigi rusak, makanan manis itu dapat menjadi sumber masalah kenaikan berat badan instan. Enggak mau kan berat badan justru naik sebelum lebaran.

3. Gorengan

Martabak mini dijajakan di Bendungan Hilir, Jakarta. Gorengan sudah menjadi bagian dari kultur makan orang Indonesia. (Foto: Farhan Nurrahman – Belanga.id)

Ngaku, siapa yang paling doyan nyemilin gorengan untuk buka puasa?

Gorengan memang sudah menjadi budaya makan orang Indonesia, apalagi jika buka puasa bersama. Tak heran jika mendekati jam buka puasa, pedagang gorengan pasti laris manis diserbu pembeli.

Padahal makanan berminyak yang digoreng seperti bakwan dan teman-temannya tidak bagus untuk buka puasa. Makanan tersebut penuh lemak dan bisa berakibat pada gangguan pencernaan karena bersifat asam untuk perut.

4. Kopi

Geng kopi gula aren yang rindu es kopi susu di siang hari mungkin tergoda untuk meneguk saat berbuka. Apalagi yang sudah biasa ngopi sehari-hari.

Namun, saat buka puasa, pastikan dulu perut telah terisi menu takjil yang cukup sehingga perut tak terlalu kosong. Pastikan takjil yang kamu konsumsi mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan juga serat.

5. Minuman kemasan

Bulir-bulir dingin di botol plastik minuman kemasan memang menggoda saat buka puasa. Apalagi jika kamu terjebak di kemacetan ibu kota saat azan Maghrib berkumandang.

Namun, kuatkan tekad untuk menghindari minuman kemasan yang berakibat buruk bagi perut kosong. Kandungan gula dalam bentuk fruktuosa dapat membuat hati lebih bekerja keras dalam mengolahnya.

6. Sirup

Es Sirup mengandung gula lumayan tinggi dan meningkatkan risiko kesehatan.
(Foto ilustrasi: Pixabay.com)

Banyak minuman es yang menggunakan sirup sebagai pemanis. Waspadai dengan kandungan gula yang cukup banyak.

Banyak referensi kesehatan menyebutkan sirup meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan seperti diabetes dan obesitas.

Jika tetap ingin minum sirup pastikan menambah buah-buahan yang mengandung serat dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

7. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau bersoda wajib untuk dihindari saat berbuka puasa. Hati-hati, asam lambung bisa mendadak naik dan perut melilit. Yang aman, pilih saja air putih atau air kelapa

Seperti biasa, yang terasa enak untuk buka biasa memang banyak larangannya karena kurang berfaedah. Tapi semua demi kesehatan semata!

Editor: Sica Harum

What do you think?

189 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advocate

Written by Rikko Ramadhana

Work hard, pray harder.

Content AuthorYears Of Membership

12 Olahan Pisang, Mana yang Belum Kamu Coba?

Teman Baru si Ketupat Lebaran