Logo Balanga

Bermodalkan Tiga Bahan Saja, Anda Sudah Bisa Membuat Jajanan Enak Dari Sumatera Ini!

 Bermodalkan Tiga Bahan Saja, Anda Sudah Bisa Membuat Jajanan Enak Dari Sumatera Ini!

“Sana pigi kau beli goreng godok godok lima ribu,”adalah sebaris kalimat indah yang masih berbekas dalam ingatan masa kecilku. Berbeda dengan di Jakarta dimana kata “goreng” diletakkan sesudah bahan baku gorengan, di Sumatera Utara penyebutan goreng justru diletakkan setelahnya. “Beli goreng apa dek?” “Goreng pisang, goreng ubi, goreng bakwan sama godok godok sepuluh ribu dicampur ya, Kak” adalah percakapan yang lazim terdengar.

Godok godok adalah salah satu jajanan yang digemari di Sumatera Utara. Penganan ini banyak dijual di warung pinggir jalan atau di pasar. Anda tentu bisa membuatnya sendiri hanya bermodalkan tiga bahan saja. Pisang, tepung dan baking powder.

Pisang yang biasanya digunakan adalah pisang yang sudah sangat matang dan lembek, untuk jenisnya biasa digunakan pisang raja atau pisang mas. Pertama-tama pisang dilumatkan, kemudian dicampur dengan tepung terigu hingga adonan lembut, tercampur sempurna dan tidak lengket di tangan. Setelah itu bubuhkan baking powder. Itu saja, sederhana sekali bukan?

Beberapa orang menambahkan kelapa agar rasanya lebih gurih (di rumah kami jarang menggunakannya agar lebih tahan lama dan tidak cepat basi), atau gula jika dirasa pisang kurang manis. Sejumput garam juga boleh ditambahkan untuk memberi rasa gurih. Setelah itu, adonan dibentuk bulat-bulat menggunakan sendok, kemudian digoreng dalam minyak panas.

Godok godok yang enak adalah yang kulitnya garing di luar, namun lembut di dalam. Paling enak lagi jika dinikmati saat masih panas, bersama secangkir teh sambil bercakap-cakap bersama orang tersayang. Terkadang, aku dan saudara-saudaraku juga suka memecah-mecahnya dan mencampurnya ke dalam kuah mi. Rasa asih gurih dari kuah mi yang panas bercampur dengan manis lembutnya goreng godok-godok. Ah alangkah nikmatnya!

Oh ya, kalau kamu sedang merantau di Jakarta dan ingin merasakan nikmatnya goreng godok-godok ini, kamu bisa mendapatkannya di Terminal Pasar Senen, selain godok-godok, mereka juga menjual berbagai jenis gorengan lain dan juga misop ala Sumatera Utara.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *